Cara Install PlayOnLinux di Linux Mint

Penerapan dari Windows API (Application Programming Interface) di sistem operasi GNU/Linux sudah dilakukan oleh Wine. Hanya saja kendala yang muncul bagi kita yang awam sangat banyak. Mungkin tidak menjadi masalah untuk jiwa-jiwa dengan semangat ngoprek tinggi. Namun tetap akan terasa seperti berjalan di tempat jika tidak dibarengi dengan pengetahuan yang lebih.

Sebagai contoh kasus adalah bagaimana mengetahui versi Wine yang benar-benar cocok dengan aplikasi yang akan dipasang. Karena efek dari itu semua akan menyebabkan aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya. 

Sehingga, kesan pertama dari penggunaan Wine bagi sebagian orang adalah sulit. Untuk itulah hadir emulator PlayOnLinux yang menggunakan engine dari Wine. Dengan aplikasi ini semoga semakin memudahkan cara install aplikasi Windows di sistem operasi GNU/Linux.

Cara Install PlayOnLinux di Linux Mint


Cara Install PlayOnLinux di Linux Mint

Untuk memasang PlayOnLinux di sistem operasi Linux Mint 20.2 Uma sangat mudah. Cara yang saya gunakan seperti memasang aplikasi di Android melalui Play Store. Adapun di Linux Mint cuma beda istilahnya, yaitu: Software Manager. Meskipun demikian, versi PlayOnLinux yang dihasilkan sama-sama versi terbaru seperti halnya download langsung di laman PlayOnLinux

Berikut ini tahapan selengkapnya cara install PlayOnLinux mode grafis di Linux Mint.

1. Klik Menu > Administration > Software Manager. Lalu ketik pada kolom pencarian: PlayOnLinux.

2. Klik PlayOnLinux.

3. Klik Install.

4. Masukan password seperti saat install Linux Mint pertama kali.

5. PlayOnLinux kini sudah terpasang.

6. PlayOnLinux bisa dibuka dari Menu > Accessories > PlayOnLinux.

Sekian belajar Linux hari ini tentang emulator PlayOnLinux. Artikel kali ini baru seputar cara install. Mudah-mudahan edisi mendatang saya contohkan penerapannya. Kira-kira aplikasi apa ya buat percobaan praktikum nanti? Saya masih berusaha trial and error office 2016. Menggunakan aplikasi Wine kemarin gagal. Padahal dulu pernah berhasil install office 2007. Entah dengan Wine atau PlayOnLinux. Sepertinya sekarang lebih susah. Oke saya coba lagi dengan alternatif kedua; yaitu PlayOnLinux. 

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar