Cara Mengetahui Merk Hardisk dan SSD di Windows 10

Setelah mengetahui jenis media penyimpanan yang digunakan pada komputer. Apakah menggunakan HDD atau SSD tanpa bongkar casing. Kemarin sudah kita bahas yang intinya hanya dengan mengetik 'defrag'. Tentu setelah tahu SSD atau hardisk tidak usah lanjut defragment.

Selanjutnya ini juga tidak kalah penting. Anda mau membeli komputer baru atau bekas. Atau mencoba belajar menjadi teknisi komputer. Atau bahkan bercita-cita menjadi staff IT di sebuah perusahaan. Pengetahuan dasar ini mutlak diperlukan bagi pemula yang belajar otodidak.

Yaitu bagaimana caranya mengetahui merk hardisk atau SSD?

Untuk itu, artikel kali ini akan berbagi pengalaman mengetahui merk hardisk. Caranya tidak dengan membongkar laptop atau PC. Tapi ini dengan catatan sistem operasinya menggunakan Windows dan masih bisa digunakan. 

Jadi, tidak harus bongkar kaya gini yah. Kecuali memang hardisk komputernya udah rusak.

Cara Mengetahui Merk Hardisk dan SSD di Windows 10


Cara Mengetahui Merk Hardisk dan SSD pada Komputer

Untuk mengetahui merk hardisk dan ssd pada laptop dan PC sebetulnya sangat mudah. Apalagi jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 10. OS ini menyediakan beragam cara agar media penyimpanan bisa diketahui oleh penggunanya. Namun cara yang sering digunakan melalui device manager. Info yang tertera di sini tidak hanya menyediakan tentang hardisk.


Cara Mengetahui Hardisk Merk WDC

Cara mengetahui merk hardisk WDC cukup dengan mengetikan device manager pada kolom pencarian. Setelah itu tekan enter kemudian klik pada bagian Disk drive sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini. Dari keterangan tersebut didapat bahwa merk storagenya yaitu WDC dengan kapasitas 512 GB.


Cara Mengetahui SSD Merk V-Gen

Berikut ini dengan cara yang sama seperti cara pertama; yaitu device manager. Hanya saja untuk membuka device manager bisa dengan cara lain. Misalnya Anda tekan tombol Winkey + R  secara bersamaan. Kemudian ketik devmgmt.msc lalu klik OK. Setelah itu akan terlihat merk hardisk yang digunakan. Pada contoh di bawah ini merk V-Gen dengan kapasitas 128 GB. Tapi ini jenisnya bukan HDD; melainkan SSD. Lihat cara untuk mengetahui tipe HDD atau SSD di sini.


Cara Mengetahui SSD Merk Liteon

Masih melalui device manager pada OS Windows. Misalnya Anda sedang bekerja menggunakan cmd. Akses menuju device manager juga bisa dari sana. Cukup dengan mengetikan perintah devmgmt.msc dan tekan enter. Setelah itu akan tampil jendela device manager. Seperti biasa silahkan klik "Disk drives" untuk melihat storage yang terpasang. Pada contoh terlihat merk Liteon dengan kapasitas 128 GB. Ini juga tipenya SSD dan bukan HDD. 


Cara Mengetahui SSD Merk SanDisk

Membuka device manager juga bisa dilakukan tanpa ketak ketik. Salah satu cara singkatnya klik kanan tombol Start atau icon dengan logo Windows kemudian klik device manager. Setelah itu klik pada bagian "Disk drives" sebagaimana terlihat pada gambar. Terlihat di sana merk yang digunakan yaitu SanDisk. Besaran kapasitas juga terlihat jelas; yaitu 256 GB.


Cara Mengetahui Hardisk Merk Toshiba

Salah satu keuntungan cek storage dari device manager adalah ini. Kita tidak perlu klik kanan satu per satu semua partisi disk yang terbaca di File Manager (Windows Explorer). Seperti terlihat pada contoh di bawah ini yang membaca hardisk lebih dari satu. Untuk mengetahui merk hardisk Toshiba bisa kelihatan kan? Iya, salah satu hardisk menggunakan Toshiba dengan kapasitas 1 TB.


Cara Mengetahui Hardisk Merk Seagate

Contoh selanjutnya mengetahui merk hardisk yang terakhir tapi bukan berarti juara terakhir. Adalah Seagate, merk hardisk yang paling mendominasi pasaran. Untuk mengetahui merk hardisk yang satu ini agak unik. Betapa tidak, tulisan "Seagate" belum pernah saya temui selama ini. 

Sebagaimana terlihat melalui device manager pada bagian disk drives. Di sana yang terbaca justru "ST" dan diikuti oleh karakter lain selanjutnya. Apakah ini inisial dari SeagaTe? Saya yakin bukan. Bahkan menurut dugaan kuat saya; ST itu kepanjangan dari Seagate Technology atau Shugart Technology. Dimana keduanya adalah nama perusahaan hardisk Seagate; sekarang vs dulu. Sedangkan (Alan) Shugart sendiri merupakan salah satu pendirinya.

Sekian tutorial cara mengetahui merk hardisk dan ssd di Windows 10 tanpa perlu bongkar komputer. Cara di atas bukan satu-satunya metode untuk mengetahui merk hardisk. Bukan juga pembatasan merk media penyimpanan yang digunakan. Adapun pengurutan dari atas ke bawah pun tidak menunjukan peringkat terbaik dalam performa dan yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar