Cara Menambahkan Font Arabic di Linux Mint

Setelah berhasil menambahkan keyboard Arabic kita lanjutkan prakteknya. Kali ini masih tetap menggunakan sistem operasi Linux Mint. Selain penggunaannya yang tidak dituntut dengan lisensi berbayar. Sistem operasi ini termasuk mudah untuk penggunaan sehari-hari. 

Sebagai contoh yang bisa membuktikan hal itu adalah penggunaan huruf Arab. 

Bahkan hari ini semakin lebih mudah lagi seiring dengan perkembangan teknologi. Hal ini didukung dengan hadirnya jenis font UthmanicHafs_v20_-font. Dan jenis huruf ini didedikasikan untuk menampilkan Al Qur'an berdasarkan mushaf Utsmani.

Sebgaimana dilansir dari laman resminya, jenis hufuf ini dikembangkan sepenuhnya oleh Departemen Teknologi Informasi dibawah naungan King Fahd Glorious Qur'an Printing Complex (Kompleks Percetakan Al-Qur'an Raja Fahd).

Sebuah pabrik percetakan Al-Qur'an yang terbesar di dunia yang terletak di Madinah, Arab Saudi yang mencetak Al-Qur'an dan terjemahannya ke berbagai bahasa.

Dalam bahasa Arab: مجمع الملك فهد لطباعة المصحف الشريف Mujamma' al-Mālik Fahd lithibā'ati al-Mushaf asy-Syarīf adalah salah satu upaya pemerintah Arab Saudi untuk membantu agama islam dan kaum muslim di seluruh dunia.

Dan di atas adalah contoh penulisan menggunakan keyboard virtual dengan word processor LibreOffice yang gratisan. Contoh lainnya bisa dilihat pada bagian bawah akhir tulisan di bawah ini khusus untuk Qur'an versi Word.

Tertarik untuk mencoba jenis huruf yang satu ini? Mari kita coba praktek sesuai distro Linux masing-masing. Jangan khawatir, jenis huruf komputer ini didesain sesuai pengkodean unicode internasional. Sehingga penggunaan perangkat serta sistem operasi yang berbeda tidak akan memunculkan tampilan yang terdistorsi. Linux Mint di atas sudah membuktikannya, karena pada laman sumber disebutkan pengujian huruf tersebut yakni menggunakan Windows 10.


Cara Menambahkan Font Arabic di Linux Mint

Untuk menambahkan font arabic di sistem operasi Linux sangat beragam. Ada banyak cara yang mudah yang bisa dilakukan dan ada pula cara lain yang menggunakan perintah. Dan di sini saya akan mencontohkannya denga salah satu cara yang mudah yang biasa digunakan di Linux. 

Berikut ini tahapan selengkapnya untuk menambahkan font arabic, terutama untuk mendukung penulisan Al Qur'an di komputer laptop maupun desktop. 

1. Buka folder "usr/share/fonts/truetype/".

2. Klik kanan pilih "open as root".

3. Masukan password root.

4. Setelah masuk jendela baru dengan akses root silahkan buat sebuah folder kemudian letakan huruf arabicnya di sana.

5. Bagi yang belum mempunyai huruf arabic, bisa download UthmanicHafs_v20_-font terlebih dulu.

6. Setelah itu jangan lupa ekstrak hasil download tersebut.

7. File zip tersebut mempunyai dua file; yaitu UthmanicHafs_V20.doc dan UthmanicHafs_V20.ttf.

8. File pertama merupakan Al-Qur'an digital sesuai mushaf Utsmani dengan ekstensi doc. Artinya adalah sebuah file berisi kumpulan surat dalam Al Qur'an yang bisa dibuka menggunakan software seperti Microsoft Office, Open Office, Libre Office dan lain-lain.

9. Sedangkan file kedua meruapakan jenis huruf yang pada praktek kali ini saya jadikan tutorialnya di atas.

10. Setelah install huruf arabic berhasil maka file pertama pun bisa dibuka dan terlihat baik penulisan hurufnya, syakalnya, dan tata letaknya yang beraturan (berbeda sebelum install huruf di atas). 


Kesimpulan

Jenis huruf arabic yang sedang kita bicarakan ini dikenal dengan sebutan "KFGQPC Uthmanic Script HAFS" jika menggunakan sistem operasi Windows. Dan selain disebutkan sudah diujikan pada komputer Windows 10,  font ini juga telah diujikan dengan komputer Mac. 

Adapun untuk GNU/Linux, barangkali teman-teman semua bisa menguji sendiri ya. 

Dan terkait hak pakai atau lisensi; font ini tersedia untuk disalin, didistribusikan dan digunakan secara gratis untuk penggunaan apapun. Baik secara pribadi maupun komersial untuk entitas, organisasi, badan pemerintah dan lain-lain.

Tentu saja, asalkan font tersebut tidak dikaitkan dengan pihak selain yang berhak selain pengembang resminya. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar