Cara Menyisipkan Artikel Terkait di Tengah Postingan Blogger

Sebelumnya saya sudah menempatkan script related post di tengah postingan. Script ini saya dapatkan dari bloggerspice sesuai kata kunci yang diketik. Waktu itu menjelajah dengan keyword "inline related post blogger script". 

Adapun penerapan kode tersebut saya coba terlebih dahulu di Terisi Info. Sebuah blog baru dengan theme sendiri yang dibuat dari nol dengan bantuan Halfmoon. Namun sayangnya penampilan kurang elok karena saya tidak bisa edit lebih jauh.

Ujung-ujungnya, hasil dari script tersebut menampilkan artikel terkait yang terletak di bawah atau atas artikel. Sedangkan keinginan untuk menempatkannya di tengah artikel tidak terwujud. Penyebabnya tidak lain karena ketidak tahuan saya sendiri membaca script yang digunakan.

Untungnya, saya mendapatkan script artikel terkait di tengah postingan yang langsung jadi. Bagi yang tertarik menggunakannya tanpa perlu repot edit simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Menyisipkan Artikel Terkait di Tengah Postingan Blogger


Cara Menyisipkan Artikel Terkait di Tengah Postingan Blogger

Script ini sebetulnya bukan barang baru dan lumrah digunakan oleh para blogger. Namun demikian, saya tetap mencoba untuk menulis ulang bahasan terkait script related post in article ini. 

Salah satu motivasinya karena ingin mempermudah khalayak yang ingin belajar blog terutama pemula. Karena dengan menambahkan literatur yang sama akan meyakinkan pemula bahwa script ini benar-benar berhasil. 

Selain itu, sengaja link yang mengarah ke pemilik blog asal tidak saya hapus. Dan ini salah satu bentuk ucapan terima kasih terhadap blog yang sudah membagikan script related post tersebut.

Tidak ingin berlama-lama dengan obrolan kesana kemari, yuk kita simak saja tutorialnya. Kali ini tentang cara menyisipkan artikel terkait di tengah postingan blogger. Adapun sumber baris kode di bawah ini semuanya diambil dari igniel.com.

1. Login ke dashboard Blogger.

2. Klik "Tema", klik icon "▼" di sebelah tulisan SESUAIKAN kemudian klik "Edit HTML".

3. Paste kode di bawah ini dan tempatkan diantara tag<b:skin><![CDATA[/* dan sebelum tag ]]></b:skin>.

4. Gunakan kombinasi tombol Ctrl + F ketik <data:post.body/> dan tekan enter untuk mencari letak kode tersebut yang terdiri atas 2 atau 3 tempat. Dan pada template yang saya gunakan tepatnya posisi <data:post.body/> yang kedua.

5. Letakan kode di bawah ini tepat berada di bawahnya. Namun ingat, jika sebelumnya pernah memasang script auto read more. Maka penempatan script in-article related post ini persis di bawah script auto read more.

5. Ganti angka 4 pada tulisan "var jumlah =4;" diatas untuk mengubah jumlah artikel terkait yang ingin dimunculkan di tengah halaman artikel.

6. Simpan theme.

7. Tautan demo bisa klik di bawah ya.

Demo


Kesimpulan

Menyisipkan artikel terkait di tengah postingan akan membantu pembaca menelusuri artikel lainnya. Fitur ini biasa ditemui pada theme wordpress melalui plugin. Sedangkan untuk blogger bisa juga ditemui meskipun cara menyisipkannya melalui script. Adapun hasilnya tentu saja sama-sama memunculkan postingan terkait di tengah halaman secara otomatis.

Sekian tutorial kali ini tentang cara menyisipkan artikel terkait di tengah postingan Blogger. Jangan lupa, kunjungi juga blog baru saya tadi untuk melihat tema baru yang sedang dalam pengembangan. Siapa tahu ada masukan berharga agar theme tersebut berkembang menjadi lebih baik.

Semoga membantu.


Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar