Cara Install Multimedia Codecs di Linux Mint

Setelah install sistem operasi Linux mungkin ada yang mengalami kendala. Seperti misalnya beberapa file audio dan video tidak bisa dimainkan dengan benar. Hal ini terkait dengan codecs multimedia yang beberapa diantaranya tidak benar-benar open source sehingga tidak bisa install langsung secara default. 

Oleh sebab itulah sistem operasi Linux tidak secara otomatis mengaktifkan fungsi tersebut secara bawaan. Kecuali pada saat instalasinya memilih opsi untuk meng-install codecs tersebut. Hal itu pun terhubung melalui pihak ketiga yang khusus menangani masalah tersebut.

Lalu bagaimana jika proses instalasi sistem operasi Linux tidak memasukan pilihan untuk memasang codecs multimedia? Sebenarnya hal ini pun tidak menjadi masalah. Salah satu alasannya karena codecs tersebut bisa diinstall kemudian melalui notifikasi atau pengaturan sistem.

Cara Install Multimedia Codecs di Linux Mint

Bahkan sistem operasi Linux akan memberikan notifikasi untuk mengingatkan hal tersebut. Sebagaimana terlihat pada screenshoot di atas yang awalnya adalah sebuah notifikasi. Yakni tulisan kecil yang tampak pada bagian kanan bawah panel. Dan isinya adalah sebagai berikut:"some system reports require your attention."

Hal tersebut menunjukan pentingnya informasi yang diberikan oleh sistem. Kemudian, ketika kita klik notifikai tersebut akan tampak screenshot seperti gambar di atas. Dari sana terlihat pilihan untuk meng-install codecs multimedia. Silahkankan saja klik tombol tersebut dan ikuti perintah selanjutnya.

Lalu bagaimana kasusnya jika sistem operasi Linux tidak memberikan notifikasi? Sedangkan faktanya, komputer yang sudah terpasang Linux ternyata tidak bisa memainkan file audio dan video tertentu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita lihat ulasan kali ini. Tentu, ini terkait cara install multimedia codecs melalui pengaturan di Linux Mint.


Cara Install Multimedia Codecs di Linux Mint

Untuk meng-install multimedia codecs di sistem operasi Linux bisa dilakukan dengan beragam cara. Adapun cara yang paling mudah yaitu instalasi secara langsung melalui internet. Dan salah satu cara tersebut yaitu sebagaimana langkah-langkah di bawah ini:

1. Hubungkan komputer dengan internet.

2. Klik Menu > "Sound & Video > Install Mulimedia Codecs.

3. Klik Install.

4. Jika ada versi sebelumya yang sudah kadaluarsa silahka klik Continue.

5. Masukan password kemudian klik Authenticate.

6. Proses install sedang berlangsung.

7. Codecs multimedia sudah terpasang, jika kita lihat lagi perintah pada nomor 2 sudah hilang ya.

8. Selesai.


Kesimpulan

Penggunaan sistem operasi Linux untuk kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi. Apalagi jika fungsi laptop hanya untuk hiburan semata. Benar! Dengan codecs multimedia yang terpasang kita bisa memainkan file audio dan video seluruhnya. Tinggal kita download mp3 player atau video player saja jika aplikasi bawaan tidak berfungsi atau kurang cocok dengan selera.

Dan sebagai contoh untuk pemutar video saya lebih suka dengan VLC Player yang harus diinstall. Padahal video player bawaan sudah ada dan terpasang bersamaan dengan sistem operai Linux Mint. Mungkin teman-teman punya selera yang berbeda? 

Apapun video playernya OS-nya yang penting GNU/Linux ya.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar