Cara Install Keyboard Arab QWERTY di Linux Mint

Untuk mengisi artikel di template Terisi Info saya belajar menempatkan bahasa lain. Template ini baru saya buat beberapa waktu yang lalu menggunakan Halfmoon. Adapun artikelnya didapat melalui kutipan dari majalah yang sudah menjadi koleksi pribadi.

Dari sana kemudian muncul tuntutan untuk memahami bagaimana cara mengetik bahasa yang dimulai dari kanan ke kiri ini. Iya, teks bahasa Arab menjadi kebutuhan bagi siapapun yang membangun blog seperti Terisi Info

Meskipun sebenarnya bisa saja kita copas dari format lain. Entah dari file.CHM, File.DOC/DOCX atau file.HTM/HTML. Namun kemudian terfikir:"Mengapa tidak sekalian belajar saja?" Toh bahasa itu termasuk bahasa internasional yang digunakan di banyak negara.

Akhirnya, hari ini saya mulai mencoba mewujudkan hal itu. Dan melalui perangkat laptop ini dicobalah install keyboard arabic. Adapun sistem operasi yang digunakan yaitu Linux Mint 21. Teman-teman tertarik untuk mencobanya? Bagi yang berminat silahkan ikuti bahasan kali ini tentang keyboard arabic di Linux Mint.

 

Cara Install Keyboard Arabic QWERTY di Linux Mint

Sistem operasi Linux tidak menjadi halangan untuk menulis selain bahasa kiri ke kanan. Metode penulisan bahasa lainnya seperti Arabic pun sebetulnya bisa kita gunakan. Karena tentu saja sasaran pengguna sistem operasi GNU/Linux pada dasarnya menyeluruh. Termasuk didalamnya yaitu negara-negara yang menggunakan Arab sebagai bahasa penuturnya.

Dan melalui artikel kali ini mari kita coba cara menambahkan keyboard Arabic tersebut. Cara ini memang masih menambahkan input keyboard dalam bentuk software. 

Sehingga, sofware keyboard arabic pun juga tersedia melalui onboard. Adapun keyboard secara hardware yang diraba oleh tangan hanya berubah secara fungsi. Adapun tampilan yang terlihat secara fisik tetap terlihat sebagaimana biasanya.

Langsung saja, berikut ini tahapan untuk menambahkan keyboard arabic pada sistem operasi Linux Mint 21 Cinnamon. (Jangan khawatir, perbedaan tata cara tiap distro Linux aslinya tidak terlalu signifikan ya).

1. Klik Menu > Preferences > Keyboard

2. Klik Layouts

3. Klik tanda (+)

4. Pilih "Arabic (QWERTY) dan tekan "Add".

5. Keyboard Arab berhasil terpasang.

6. Klik icon bendera yang terdapat pada panel bawah.

7. Pilih Arabic (QWERTY) untuk memulai menggunakan keyboard arab.

7. Keyboard onboard terlihat sudah berubah mengikuti pengaturan bahasa.

8. Keyboard arabic sudah siap digunakan


Kesimpulan

Demikian tutorial kali ini tentang cara install keyboard arab di Linux Mint. Adapun bahasa Arab yang digunakan yaitu arab (qwerty). Hal ini sesuai dengan jenis keyboard yang beredar di negeri kita; yaitu QWERTY.

Dan setelah berhasil menambahkan input keyboard dalam bahasa Arab. Langkah selanjutnya kita bisa langsung menggunakannya. Hanya saja, bagi pemula seperti saya tentu masih terasa canggung. Meskipun mengetik 10 jari dalam bahasa Indonesia/Inggris mutlak sudah dikuasai.

Untuk itu, sepertinya saya mesti membeli hardware keyboard arabic. Agar apa yang terlihat di depan mata maka itulah yang akan tercetak di layar. Minimalnya, tiap huruf hijaiyah tersebut harus tertulis di samping huruf latin tiap-tiap tombol yang ada di keyboard. Hal ini untuk memudahkan langkah agar penguasaan mengetik 10 jari meliputi bahasa selain latin; termasuk didalamnya Arabic.

Ya, ini baru semangat di awal, entah besok lusa, mudah-mudahan sih tetap semangat ya.

Btw, sampai di sini dulu ya artikel kali ini.

Dan semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar