Cara Convert MP4 ke WEBM Tanpa Perlu Install Aplikasi

Dalam era digital saat ini, video telah menjadi bagian penting dari komunikasi dan berbagi informasi. Namun format video yang berbeda seringkali memerlukan konversi agar dapat diputar dan digunakan di berbagai perangkat dan platform maupun untuk diolah kembali dengan software video editor.

Dan salah satu konversi format video yang umum dilakukan adalah dari MP4 ke WEBM. Adapun format MP4 (MPEG-4) ini sering dimainkan software video player secara umum. Sedangkan format WEBM (WebM) populer untuk pemutaran web namun tidak sepopuler MP4.

Dan penggunaan format WEBM ini termasuk menjadi perhatian pengguna Microsoft ClipChamp karena digunakan sebagai bahan mentah untuk membuat konten video baru. Pasalnya, software versi gratis ClipChamp ini terkadang tidak mendukung format MP4 untuk diolah dalam timeline (tidak selalu).

Oleh karenanya, perlu bagi seorang kreator konten untuk mengubah format video mentahan tersebut. Hal ini dilakukan agar seorang Creator Contents bisa terus berkarya menghasilkan video baru. Dan artikel ini akan membahas cara mengonversi video dari MP4 ke WEBM agar bisa digunakan kembali. 


Mengapa Konversi MP4 ke WEBM Tanpa Instal Aplikasi Tambahan Diperlukan?

Format MP4 umumnya kompatibel dengan sebagian besar perangkat dan pemutar media. Namun, terkadang kita harus mengonversi video ke format lain jika diperlukan, contohnya seperti WEBM. Dimana, format ini memiliki keunggulan dalam ukuran file yang lebih ringan. 

Padahal jika dibandingkan dengan format lainnya dan dengan kualitas visual yang sama-sama baik tidaklah demikian. Sehingga, format ini membuatnya ideal jika dijadikan untuk konten web, baik digunakan untuk streaming maupun sebagai bahan editing.

Selain itu, beberapa platform dan browser lebih suka format WEBM untuk editing maupun streaming video. Begitu juga software video berbasis online seperti Microsoft ClipChamp yang sedang kita bicarakan ini. 

Oleh karenanya, kita harus bisa memanfaatkan browser yang memang sudah terpasang pada sistem operasi agar bisa mengonversi ke dalam WEBM. Dengan demikian pekerjaan kita lebih efektif karena tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. 

Jadi cukup sediakan kuota dan hanya dengan menggunakan Edge, Chrome, FireFox atau browser apa pun yang sudah terpasang pada ponsel atau komputer Anda. Misalnya Edge jika menggunakan OS Windows, Chrome atau FireFox untuk sistem operasi Linux dan lain sebagainya.


Langkah demi Langkah Konversi MP4 ke WEBM

Anda dapat mengonversi video dari format MP4 ke format WEBM dengan mudah tanpa menginstal perangkat lunak tambahan menggunakan layanan online gratis. Jadi, kita hanya perlu membuka tab baru dengan sebuah browser yang biasa Anda gunakan untuk menjelajah internet.

Berikut ini penjelasannya agar kita bisa mengonversi format video dari MP4 ke WEBM tanpa harus memasang aplikasi tambahan, selain browser yang sudah tertanam bersamaan dengan sistem operasi.


Langkah 1: Pilih Layanan Konversi Online

Buka browser web Anda dan cari layanan konversi video online gratis. Dalam hal ini ada banyak opsi yang tersedia, seperti CloudConvert, FreeConvert, Convertio, Veed.io, Online-Convert, MP4.to, OnlineConverterConverterApp, AsposeApp dan lain sebagainya. Adapun untuk artikel ini, kami akan menggunakan CloudConvert sebagai contoh.


Langkah 2: Upload Video MP4 Anda

Setelah Anda memilih website layanan konversi, biasanya Anda akan menemukan tombol "Upload" atau "Choose File". Klik tombol tersebut untuk mengunggah file video MP4 yang ingin Anda konversi. Tunggu hingga proses pengunggahan selesai.

Jika menggunakan contoh tampilan antarmuka dari CloudConvert silahkan klik "Select File" atau tombol panah ke bawah jika ingin memilih opsi lainnya. Setelah itu pilih file video dengan format MP4 yang ingin dirubah formatnya kemudian klik "Open".

Cara Convert MP4 ke WEBM Tanpa Perlu Install Aplikasi


Langkah 3: Pilih Format Output (WEBM)

Setelah video Anda berhasil diunggah sebagaimana terlihat pada tangkapan layar di bawah. Pada bagian "Convert to" silahkan pilih "WEBM" dari opsi format yang tersedia. Dalam hal ini, beberapa layanan konversi lainnya juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan detail konversi.


Langkah 4: Mulai Konversi

Silahkan klik "Add More File" jika ingin mengonversi lebih dari satu video dalam sekali klik. Namun jika hanya terdiri dari 1 video silahkan klik tombol "Convert" atau "Convert Now" atau "Start Convertion" atau semacamnya. 

Setelah itu layanan akan mulai mengonversi video Anda dari MP4 ke WEBM. Dan proses ini memerlukan waktu tergantung pada ukuran video dan kecepatan koneksi internet Anda. Oleh karena itu silahkan tunggu beberapa saat.


Langkah 5: Unduh Hasil Konversi

Setelah proses konversi selesai, layanan akan memberi tahu Anda pilihan untuk melihat preview atau langsung mengunduh. Silahkan klik icon "play" untuk melihat hasilnya atau klik "Download" untuk mengunduh, setelah itu klik "Close".


Langkah 6: Selesai

Jika ada yang terlupa agar dikonversi menjadi WEBM lagi bisa klik "Add more files". Atau jika ingin mengunduh file sebelumnya yang sudah dikonversi juga bisa dilakukan kembali dari halaman ini. Khusus untuk "preview" bisa klik opsi yang tersembunyi di dalam icon tanda panah ke bawah.


Kesimpulan

Mengonversi video dari format MP4 ke WEBM adalah langkah penting dalam memastikan video Anda kompatibel dengan berbagai platform, software maupun perangkat pengguna. Terutama ketika video akan diunggah ke web apps seperti ClipChamp yang merupakan video editor dari Microsoft ini.

Sedangkan penggunaan software converter berbasis online tanpa perlu memasang aplikasi tambahan semakin tersedia dengan sumber daya yang melimpah. Dalam hal ini kita disodorkan dengan banyak pilihan yang bisa kita coba satu persatu meskipun tidak semuanya gratis.

Kesimpulannya, dengan ketersediaan layanan konversi online ini, Anda dapat dengan mudah melakukan konversi format video sekaligus menghemat ruang penyimpanan. Jadi, mulailah mengonversi video Anda ke format WEBM secara online dan nikmati manfaatnya.

Selamat mencoba, silahkan bookmark web apps yang menjadi favorit atau install addons-nya.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar