Cara Mengetahui HDD atau SSD di Windows 10

Storage disk, apakah SSD atau HDD bisa dibedakan secara fisik. Namun bagaimana cara mengetahuinya jika sudah terpasang pada laptop? 

Kasus ini ditemui pada saat memeriksa kondisi komputer. Apalagi jika Anda membeli laptop seken. Untuk pendataan pada sebuah perusahaan ini juga diperlukan. Karena perbedaan tempat penyimpanan tersebut mempengaruhi performa sebuah komputer.

Adapun membongkar PC atau laptop untuk melihat secara kasat mata storage disk bukanlah cara yang tepat. Karena sistem operasi sudah menyediakan akses untuk mengetahui hal tersebut.

Bagaimana caranya? Artikel kali ini akan membahas tentang cara mengetahui tipe hardisk di komputer Windows 10.


Apa itu Hardisk?

Sebelum masuk inti bahasan, ini yang harus diketahui oleh Anda yang belajar komputer secara otodidak dari nol. Yakni seputar ilmu dasar pengenalan perangkat komputer; salah satunya yaitu hardisk.

Melansir dari Seagate, hardisk adalah komponen perangkat keras yang menyimpan semua konten digital; dokumen, foto, mp3, video, program, aplikasi, dan sistem operasi.

Berikut ini penampakan hardisk HDD internal yang digunakan pada laptop (sebelah kiri) dan komputer desktop (sebelah kanan). Saya sebut sebagai HDD internal karena ada juga HDD eksternal atau Portable.

Cara Mengetahui HDD di Windows 10

Sedangkan teknologi yang lebih baru jika dibandingkan dengan HDD; yaitu SSD. Berikut ini contoh media penyimpanan SSD dengan beragam merk dan kapasitas penyimpanan.

Cara Mengetahui SSD di Windows 10

 

Baik HDD maupun SSD pada foto di atas diperuntukan untuk non server. Dua-duanya menggunakan SATA (Serial ATA) sebagai konektor. Sedangkan pendahulu SATA (yaitu ATA atau IDE) saat artikel ini ditulis sudah tidak ditemukan lagi pada komputer baru. Saya sendiri sudah me-museumkan hardisk IDE (ATA) di rumah. Di sana ada merk Maxtor, Seagate bahkan Quantum yang paling jadul.


Apa itu HDD atau SSD?

HDD singkatan dari Hard Disk Drive, dari kata inilah istilah hardisk dikenal. HDD menawarkan kapasitas yang lebih besar dengan harga yang terjangkau.

HDD adalah media penyimpanan yang sudah lama kita gunakan. Termasuk komputer admin pada saat artikel ini ditulis. 

Pada setiap fisiknya tertulis besaran kapasitas dan kecepatan rotasi per menit (dengan satuan RPM). Ini salah satu faktor yang membedakan HDD dengan SSD. 

Sehingga, HDD membutuhkan daya yang lebih banyak ketimbang SSD. Daya itu digunakan untuk menggerakan komponen didalamnya agar berfungsi sebagai media penyimpanan. 

Sedangkan SSD adalah singkatan dari Solid State Drive, sesuai namanya yang berarti cakram padat yang tidak bergerak. 

Efek dari semua itu berpengaruh terhadap kecepatan pengolahan data. Begitu juga ketahanan perangkat dalam kurun waktu tertentu. Sayangnya, kelebihan SSD terhadap HDD masih dibarengi dengan harga yang mahal.

Konon, ada juga yang istilahnya SSHD; akronim dari Solid State Hybrid Disk yang memadukan semua fitur baik dari HDD dan SSD. Hanya saja saya pribadi belum pernah menggunakannya.


Cara Cek via Defragment and Optimize Drive

Selanjutnya, mari kita masuk kedalam pokok bahasan kita tentang hardisk. Berikut ini cara mengetahui HDD atau SSD di komputer Windows 10.

1. Nyalakan komputer 

2. Ketik di kolom pencarian: Defragment lalu tekan enter

3. Pada contoh di bawah ini menunjukan SSD = Solid State Drive


4. Jika komputer menggunakan HDD = Hard Disk Drive akan terlihat seperti ini


 

Setelah mengetahui storage disk yang digunakan apakah HDD atau SSD tidak usah dilanjutkan proses defragment. Silahkan tutup kotak dialog "Defragment and Optimize Drive" kecuali Anda memang menginginkannya.

Demikian cara mengetahui media penyimpanan yang digunakan komputer tanpa perlu melihat fisiknya secara langsung.

Semoga bermanfaat.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam