Cara Instal Printer Epson L120 Tanpa CD

Belajar menjadi teknisi komputer otodidak harus berani mencoba. Jika selama ini mengetahui hanya satu sisi maka tidak ada salahnya mencari pengetahuan sisi lain. 

Seperti masalah yang sederhana ini namun kadang tidak diketahui oleh pemula yang baru belajar.

Misalnya:"Bagaimana jika printer pelanggan yang ingin diperbaiki tidak membawakan cd driver?" Simak artikel kali ini tentang cara install printer Epson L120 tanpa CD pada Windows 10. 

Cara Instal Printer Epson L120 Tanpa CD

 Gambar printer Epson L120 (Sumber: epson.co.id)


Apa Itu Driver Printer?

Bagi pemula yang belajar komputer secara otodidak mungkin bertanya:"Apa itu driver printer?" 

Secara istilah mungkin sering baca di literatur lain. Dan secara pengalaman mungkin pernah melihat CD yang disertakan pada saat pembelian printer. Tapi bisa saja ada yang kurang paham jika penjelasannya langsung dari istilah.

Untuk lebih memahamkan pemula mudahnya begini saja. Driver itu pahami seperti asal bahasanya. Jika diartikan ke dalam bahasa kita bermakna pengemudi. 

Sopir printer inilah yang memastikan huruf yang Anda ketik pada aplikasi bisa sampai ke tujuannya sebagai tulisan yang tertera pada lembaran kertas. Tanpa kehadiran driver printer maka aplikasi apapun yang terpasang pada sistem operasi tidak akan bisa mengubah tampilan digital menjadi nyata dalam lembaran meskipun mempunyai tombol fungsi untuk mencetak.

Faktanya, driver printer merk apapun disertakan dalam sebuah disc pada saat pembelian. Tapi ada saja orang yang mengalami masalah pada printernya setelah melewati sekian waktu. Lalu, saat pergi ke tempat service ia baru menyadari jika cd bawaan itu ternyata dibutuhkan.

Jika orang seperti ini nanti bertemu dengan Anda sebetulnya tidak masalah. 

Bahkan, mengunduh driver printer versi terbaru dari situs resmi mempunyai banyak keuntungan. Karena driver printer yang terinstall bisa saja rusak oleh virus, update OS atau pemadaman listrik secara tiba-tiba. Apalagi driver printer yang digunakan diambil dari hardisk komputer bajakan tanpa zip, anti virus berbayar dan terpapar virus tanpa diketahui pemiliknya.

Dan mengunduh dan menginstal driver printer terbaru sering kali mengatasi masalah-masalah tersebut. Ini sebagaimana dilansir oleh Microsoft,

 

Cara Instal Printer Epson L120 Tanpa CD

Oleh karena itu siapkan saja kuota internetnya. Karena kita akan sedikit berkorban untuk pelanggan dengan men-download-kan driver printernya. Berikut ini cara install printer Epson L120 tanpa CD selengkapnya.

1. Download driver Epson L120 dari situs Espon

2. Double klik file hasil download

 

3. Pilih bahasa yang digunakan


4. Klik "Agree" dan klik "OK"


7.  Nyalakan power printer dan sambungkan ke komputer


8. Printer akan terdeteksi otomatis

 

9. Klik "OK"

 

10. Klik "OK"

 

11. Printer Epson L120 sudah bisa digunakan

 

Demikian tutorial cara instal printer Epson L120 tanpa cd. Tutorial ini tidak bisa dipraktekan sepenuhnya jika kondisi printernya baru dan dengan keadaan tabung yang masih kosong dari tinta. 

Semoga bermanfaat.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam