Cara Membuat Tulisan di Tengah Halaman Word

Terkadang kita diminta untuk membuat tulisan yang nanti dicetak seperti pengumuman. Contohnya acara yang membedakan ruang laki-laki dan perempuan. Begitu juga tulisan penunjuk arah masuk,  ruang parkir. tempat makan dan lain-lain.

Tulisan pemberitahuan seperti ini tidak melulu menggunakan aplikasi grafis. Hanya dengan aplikasi perkantoran pun bisa dilakukan. Salah satunya dengan aplikasi pengolah kata dari Microsoft.

Untuk itu, belajar Microsoft Word secara otodidak kali ini akan mengulas tentang cara membuat tulisan di tengah-tengah halaman. Meskipun contoh yang saya jelaskan di bawah ini menggunakan Office 365. Namun prakteknya bisa Anda terapkan pada Microsoft Office 2019 dan yang lainnya.


Cara Membuat Tulisan di Tengah Halaman Word

Sebelum masuk pokok bahasan pastikan dulu ukuran kertas yang digunakan. Jika ukuran kertas tidak terdapat pada aplikasi silahkan gunakan custom size. Adapun khusus ukuran kertas F4 yang beredar banyak di pasaran  Indonesia. Namun pengaturan secara default tidak disertakan pada Microsoft Word. Silahkan lihat tutorial cara seting ukuran kertas F4 di Microsoft Word.

Jika pengaturan kertas sudah dipahami silahkan lanjut pada inti pembahasan. Berikut ini tutorial agar tulisan yang dihasilkan pada hasil cetak berada di tengah-tengah halaman.

1. Buka aplikasi Microsoft Word

2. Klik blank document

3. Klik Layout > Page Setup > Paper untuk memilih jenis kertas. Sedangkan pada bagian tab Margins silahkan klik Portrait atau Landscape sesuai keinginan. Yang belum memahami apa itu portrait dan landscape silahkan perhatikan gambar. Adapun pada contoh kali ini saya memilih "landscape".

4. Pada tab layout silahkan rubah pengaturan default yang tadinya top kemudian menjadi center dan klik ok.

5. Setelah itu ketik pesan yang ingin disampaikan. Contohnya:"Pengumuman".

6. Blok tulisan tersebut atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + A pada keyboard secara bersamaan. 

7. Agar tulisan rata tengah silahkan tekan tombol Ctrl + e. Inget, tulisan tersebut masih dalam keadaan terseleksi.

8. Kemudian sesuaikan besaran huruf sesuai keinginan. Untuk hal ini saya biasa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + ] untuk memperbesar huruf. Sebaliknya, gunakan kombinasi tombol Ctrl + [ secara bersamaan untuk mengecilkan huruf. 

Tulisan yang Anda buat sekarang sudah benar-benar berada di tengah halaman kertas. Jika Anda mencetaknya nanti seperti itulah hasilnya. Ya, karena program ini termasuk WYSIWYG (What You See Is What You Get). Jika hasilnya tidak sama silahkan periksa pengaturan kertas agar sesuai dengan jenis kertasnya. Sekian belajar Microsoft Word kali ini tentang cara membuat tulisan di tengah halaman.

Selamat mencoba.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam