Mengatasi Laptop Lenovo Ideapad 3 "Langsung Nyala"

Teman saya pernah membeli laptop baru merk Lenovo Ideapad 3. Spesifikasinya sebagai berikut: Model 14ADAD5, processor AMD 3020e 1,2 GHz, RAM 4 GB, SSD 256 GB, layar monitor 14" dengan OS Windows 10 Home Single Language. Kalau tidak salah harganya kisaran 4 juta lebih. Tapi saya lupa, itu sudah ada Office-Suite dari Microsoftnya atau belum.

Denger pembicaraan teman-teman katanya sih harga segitu termasuk murah. Tapi saya tidak tahu bagaimana komentar para ahli masalah harga. Kebetulan saya sendiri juga benar-benar tidak paham tentang hal tersebut.

Yang ingin saya ceritakan dalam artikel ini adalah masalah teknis. Karena besoknya dia menghubungi saya:"Laptop barunya tidak bisa shutdown. Padahal semalam sudah yakin sudah dimatikan dengan benar".

Mengatasi Laptop Lenovo Ideapad 3 "Langsung Nyala"

Sumber gambar: lenovo.com

 

Apakah Laptop Tidak Bisa Shutdown?

Mendengar keluhan user dengan komputernya seperti ini jangan langsung percaya 100%. Karena harus dianalisa terlebih dahulu dengan benar baru bisa disimpulkan secara tepat. 

Oleh karenanya saya melakukan video call untuk melihat secara langsung.

Benar saja, apa yang disimpulkan "tidak bisa shutdown" adalah tidak benar. Karena fakta yang terjadi adalah:"Komputer ini bisa di-shutdown sehingga laptop benar-benar sudah dalam keadaan mati total. Hanya saja laptop langsung menyala secara otomatis pada saat layar kembali dibuka".

Jadi, membuka layar laptop ini agak tegak ke atas menjadikan komputer langsung on meskipun tanpa menekan tombol power. Ini yang kemudian dianggap error padahal bukan.

 

Cara Mengatasi Laptop Lenovo "Langsung Nyala"

Kemampuan on secara otomatis ini tidak terdapat pada semua jenis laptop. Tapi teman saya ternyata tidak menginginkannya. Mungkin tidak ingin anaknya yang masih kecil bisa menyalakan komputer dengan mudah. Jika diberi akses kemudahan dikhawatirkan tidak bisa menggunakan komputer dengan benar.

Kemampuan ini istilahnya disebut dengan "flip to boot". Dari sudut pandang lain justru ada yang menyukainya. Karena secara tidak langsung membuat tombol power jarang tersentuh. Tahu kan kalau laptop tidak bisa menyala? Salah satu penyebabnya adalah tombol power yang rusak karena sering digunakan. Di samping kerusakan lainnya yang berhubungan dengan arus listrik yang masuk.

Jika anda termasuk tipe pertama seperti teman saya dan ingin menghilangkan "flip to boot". Berikut ini langkah-langkah agar laptop tidak langsung nyala seperti komputer biasa lainnya.

1. Pada saat booting, tekan tombol F2 untuk masuk ke BIOS

2. Gunakan tab dan tanda panah untuk mengarahkan ke menu "Configuration"

3. Pilih menu "Flip to boot" dan tekan enter

4. Gunakan tanda panah dan pilih "Disable" dan tekan enter 

5. Tekan F10 untuk menyimpan. Opsi lainnya bisa dari menu "Exit", "Save Change", "Save Configuration and reset", "Yes" atau kata-kata yang semisalnya. Laptop Anda sudah sama seperti komputer pada umumnya.


Demikian cara menghilangkan kemampuan "Flip to boot" pada komputer laptop Lenovo Ideapad 3. Cara ini bisa juga diterapkan pada merk laptop lainnya yang mempunyai kemampuan "Flip to boot" yang sama. 

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

4 komentar:

  1. sangat membantu...trima ksih min

    BalasHapus
  2. Halo kak, mau nanya. Kalo kondisi charger lebih baik di tutup atau dibuka ya layarnya? Soalnya saat saya charger keadaan layar ditegakkan kadang ada gambar baterai dan brp persen layarnya. Apakah itu kondisi leptopnya hidup? Tapi saat saya pencet keyboardnya tidak hidup layarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, ketika isi baterai laptop sepengetahuan saya boleh dalam kondisi layar terbuka atau tertutup. Dan ketika "power off" maka kondisi laptop seperti itu dikatakan "mati" karena processor, RAM, power supply dan lainnya tidak memunculkan BIOS dan OS (sistem operasi) sehingga terlihat GUI (Graphic User Interface) di layar. Adapun tampilan di layar ketika charge baterai kemungkinan sumber dayanya diambil dari baterai CMOS yang ada di motherboard atau mungkin dari baterai sendiri namun secara langsung/direct (saya sendiri kurang paham). Hal ini disebabkan karena baterai termasuk barang habis pakai karena memiliki siklus hidup/masa pakai yang terbatas. Oleh karenanya, tampilan pengisian baterai dibuat oleh pabrik karena diperlukan untuk melihat sehat tidaknya baterai berdasarkan durasi pengisian yang berlaku.

      Hapus