Cara Menghapus Kode Error Bawaan Template Blogger dari Schema.org

Schema.org didirikan oleh Google, Microsoft, Yahoo dan Yandex untuk memudahkan webmaster dan pengembang dalam memutuskan skema dan mendapatkan manfaat maksimal atas upaya mereka. Hal ini berguna untuk membangun sebuah halaman web dengan data terstruktur.

Masalah baru kemudian muncul bagi saya pribadi yang menggunakan template Blogger. Sebagaimana dimaklumi, ini mungkin masalah klasik dan sering dibahas oleh blogger lain. Namun demikian, bagi saya pribadi yang belajar membuat template sendiri sendiri dari nol belum tercukupi.

Karena solusi yang ditawarkan sejauh ini hanya dengan menghapus kode tersebut tanpa memberi alternatif yang membuat website lolos pengujian hasil kaya disamping tidak ditemukannya kode error ketika validasi website kita melalui tool yang disediakan oleh schema.org.

Lantas apa yang saya lakukan sembari menunggu jawaban yang paling tepat? Kita ikuti saja alurnya langkah demi langkah agar semakin memahami dunia blogger yang sangat kompleks. Dan berikut ini pengalaman saya ketika mencoba menggunakan tool dari schema.org.


Cara Cek Template Blogger dengan Tool Validasi dari Schema.org

Framework CSS digunakan untuk membantu mempercepat ketika membuat theme blogger dari nol. Namun khusus untuk widget blog post yang berfungsi untuk memunculkan postingan dari dashboard tetap saja harus menggunakan kode dari Blogger.

Dan kode-kode tersebut di dalamnya terdapat juga bagian dari shema.org. Yang ketika kita coba validasi dengan tool yang disediakan akan terdeteksi beberapa kesalahan yang tidak disarankan. Hal ini sebagaimana contoh praktek yang akan saya tunjukan berikut ini.

1. Kunjungi laman schema.org.

Cara Menghapus Kode Error Bawaan Template Blogger dari Schema.org

2. Klik menu validate.

3. Masukan nama situs web Anda, misalnya "sebardi.id" kemudian klik "Run Test".

3. Hasilnya terlihat banyaknya error yang ditunjukan. Semuanya berasal dari kode bawaan Blogger dari widget blog post yang terhubung dengan dashboard. Kecuali bagi Anda yang sudah memperbaikinya.

4. Dan rata-rata, error kodenya seputar 3 type ini yang dianggap tidak direkomendasikan oleh Schema.


Cara Hapus Kode Error Bawaan Template Blogger dari Schema.org

Lantas bagaimana solusinya agar error tersebut hilang? Sekedar untuk menghilangkan notifikasi error yang ditampilkan tool di atas sangatlah mudah. Singkatnya, hapus kode tersebut pasti tidak ada notifikasi error. Namun solusi terbaiknya untuk pribadi saat ini belum ditemukan yah.

Misalnya, untuk template sebardi blog yang saya gunakan ini sengaja error di atas saya abaikan hingga waktu yang tidak ditentukan. Sedangkan untuk template terisi-info saya coba untuk menghapus kode-kode yang dianggap bermasalah oleh tool dari Schema.org tersebut.

Hanya saja, ketika kita menghapus baris kode tersebut seluruhnya akan berakibat menjadi tidak terdeteksi fitur "konten kaya"nya di Pengujian Hasil Kaya (Google Rich Result). Bukankah fitur ini kita menginginkannya saat hendak membuat theme blogger sendiri dari nol?

Sekarang, anggap saja Anda memutuskan untuk menghapus kode-kode tersebut agar tidak terdeteksi pada tool validasi schema.org. Kira-kira, bagaimana cara menghapus kode tersebut agar tidak lagi terdeteksi error dari schema.org? Berikut ini jawabannya.

1. Login ke dashboard Blogger.

2. Pilih Blog yang ingin diperbaiki jika memiliki blog lebih dari satu.

3. Klik "Tema" atau "Theme".

4. Klik icon "▼" di sebelah tulisan SESUAIKAN.

5. Klik "Edit HTML".

6. Cari dan hapus kode berikut:

7. Cari dan hapus kode berikut:

8. Cari dan hapus kode berikut ini yang terdapat pada dua tempat.

9. Cari dan hapus kode berikut yang terdapat pada dua tempat.

10. Simpan template.

11. Silahkan cek validasi ulang, tidak terlihat error bukan? Benar, di sini tidak ada error.

12. Namun ketika kita cek di Google Rich Result, resikonya tidak terdeteksi konten rich-nya.


Kesimpulan

Menghapus kode error bawaan template blogger dari schema.org dapat menghilangkan notifikasi error yang terlihat jika kita menggunakan tool validasi dari schema.org. Namun hanya dengan serta merta menghapus kode tersebut tanpa menghadirkan kode alternatif yang benar tetap memiliki resiko.

Sebagaimana telah dijelaskan secara singkat melalui tangkapan layar di atas, hasil akhirnya adalah:"Blog kita tidak lolos dalam pengujian hasil kaya" berdasarkan tool dari Google. Oleh karena itu, keputusan untuk menghapus kode tersebut atau membiarkannya dikembalikan kepada masing-masing.

Sekian artikel kali ini tentang cara menghapus kode error bawaan template blogger berdasarkan tool validasi dari schema.org. Barangkali ada teman-teman yang mempunyai solusi terbaik silahkan berbagi melalui kolom komentar.

Semoga menginspirasi.


Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar