Orang IT Enggak Tahu Synology? Yuk Cari Tahu

Pada suatu hari pernah terjadi percakapan sebagai berikut: B:"Nanti kita pasang Synology di Pt. Bunga (nama samaran), 'Udah tahu Synology?" A:"Enggak Pak". B:"(Sambil senyum) Wah, masa' orang IT gak tahu Synology. Ini salah satu teknologi NAS yang populer, yang terkenal itu ada 2, QNAP dan Synology" B:"(senyum)" A:"Nanti dipelajari yah" B:"Oke Pak.".

Percakapan diatas bukan dialog imajiner yang direka-reka. Ini terjadi pada seseorang yang dulunya pernah bekerja menjadi penjual minuman susu kedelai. Adapun sekarang sedang berjuang melawan kebodohan dunia jaringan. Melalui blog ini saya berusaha memperbanyak khasanah tulisan tentang teknologi NAS dan Synology.

Selain manfaat untuk sendiri agar bisa mengingat apa yang pernah tertulis. Mudah-mudahan rangkuman pengenalan ini bisa mendekatkan pemahaman bagi orang-orang awam kayak saya yang ingin belajar komputer dan jaringan.

Apa Itu NAS dan Synology?

NAS adalah singkatan dari bahasa Inggris, yaitu Network Attached Storage. Kalau diraba-raba artinya, Network itu jaringan komputer, Attached artinya terlampir dan Storage adalah media penyimpanan (dalam dunia komputer misalnya hardisk). Jadi, kurang lebih NAS merupakan media penyimpanan terlampir lewat jaringan. Ini pengertian berdasarkan teknik raba-raba arti kata lho ya dan bukan secara istilah dunia kekomputeran. Inget! Yang diraba-raba disini arti katanya, bukan yang lain, apalagi kabel listrik telanjang dan ada aliran listriknya :)

Sedangkan Synology adalah merk dagang produk perangkat NAS yang dikeluarkan oleh Synology Inc. Melansir dari wikipedia, Synology Inc didirikan pada Januari 2000 ketika Cheen Liao dan Philip Wong meninggalkan Microsoft untuk mengejar proyek independen. Liao adalah manajer pengembangan di Microsoft Exchange Server Group, sementara Wong adalah Direktur Penjualan untuk Microsoft di Taiwan. Keduanya mulai menulis sistem operasi baru yang disebut Filer OS berdasarkan Berkeley Software Distribution (BSD), yang akan digunakan dengan perangkat keras Fastora NAS untuk membuat solusi NAS.

Synology merilis solusi lengkap pertamanya pada tahun 2004, DiskStation DS-101. Sejak rilis DiskStation pertama, Synology Inc telah berkembang menjadi sekitar 650 karyawan di seluruh dunia.

Berikut ini tampilan fisik hardwarenya:

orang-IT-koq-enggak-tahu-synology-cari-tahu-yuk-1

Model DS418play, gambar diambil dari screenshoot video (sumber: synology.com)
orang-IT-koq-enggak-tahu-synology-cari-tahu-yuk-2

Model DS418j (sumber: synology.com)
orang-IT-koq-enggak-tahu-synology-cari-tahu-yuk-3

Type DS218play (sumber: synology.com)

Dan ini sistem operasi Disk Station Manage (DSM)) bawaan dari Synology yang bisa diakses lewat browser.

orang-IT-koq-enggak-tahu-synology-cari-tahu-yuk-4

Sumber gambar: screenshoot dari live demo di laman page synology.com

orang-IT-koq-enggak-tahu-synology-cari-tahu-yuk-5

Sumber gambar: screenshoot dari live demo di laman page synology.com

Sepintas mirip-mirip tampilan distro Linux ya? Mungkin karena ngloningnya dari Berkeley Software Distribution (BSD) jadi rasa Unix-like.

Oke, sekian dulu kenalannya.
Baca Juga