Cara Blokir Facebook dengan FortiGate

Penggunaan sosial media Facebook pada jam-jam belajar di sebuah kampus, sekolah, ma'had atau pondok pesantren ada baiknya perlu dibatasi. Hal ini dimaksudkan agar para pembelajar lebih fokus dengan materi. Sehingga mereka tidak ada kesempatan mencuri waktu bersosmed ria menggunakan jaringan internet yang disediakan sekolah, kampus, ma'had atau pondok pesantrennya.

Apa yang saya sarankan ini dibangun berdasarkan realita dan pengalaman. Karena dulu waktu masih jadi honorer di sebuah sekolah negeri. Waktu itu ada keperluan masuk laboratorium komputer sekolah. Di sana saya dapati guru sedang menerangkan pelajaran sedangkan saat yang sama beberapa murid asyik masyhuk komen-komenan di jejaring sosial media facebook dan yang semisalnya.

Hal tersebut berbeda dengan kondisi beberapa perusahaan yang saya dapati justru menerapkan kebijakan melarang karyawannya menggunakan facebook dalam jaringan internet perusahaan mereka. Dan aturan tersebut dituangkan dalam bentuk pemblokiran akses masuk kedalam jejaring besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Bagi yang belum tahu salah satu kegunaan Firewall dalam sebuah jaringan komputer. Begini cara blokir akses ke situs facebook yang kali ini saya contohkan dengan menggunakan FortiGate.

1. Ketikan IP Address FortiGate pada browser lalu tekan Enter

2. Masukan username, password dan klik Login. Jika dua tahapan ini masih ada yang bingung, silahkan baca cara install FortiGate pertama kali 

3. Aktifkan fitur web filter dengan cara masuk ke System>Feature Select>Web Filter lalu klik Apply

4. Pada bagian Security Profiles>Web Filter, buat profil baru dan ketikan nama profil keamanan yang fungsinya memblokir akses jejaring fesbuk pada kolom "name" yang letaknya ada di sebelah kanan. Atau biarkan sesuai bawaan instalasi. Lalu klik "Create New" yang terletak dibawah tulisan "Category Usage Quota"  

5. Pada kolom URL ketik *facebook.com, Type pilih Wildcard, Action pilih Block, Status: on (ditandai dengan nyala warna hijau). Lalu klik OK  

6. Pilih Policy & Object untuk membuat sebuah kebijakan keamanan baru dan klik Create New  

7. Pada bagian IPv4 Policy ketikan nama policynya. Penamaan tidak harus sama dengan contoh dibawah ini  

8. Pada bagian Incoming Interface, pilih lan atau internal, dan outgoing interface wan1 (jika menggunakan 1 ISP dan secara fisik diseting ke port wan1)  

9. Source: all, Destination: all, Schedule: always, Service: all, Action: Accept, Firewall: NAT, IP Pool Configuration: Use Outgoing Interface Address, Web Filter pilih nama profil yang sudah dibuat pada langkah ke-7 diatas, lalu klik OK  

10. Kebijakan baru terlihat pada nomor 3  

11. Langkah terakhir seret kebijakan baru tersebut berada pada urutan pertama sebagaimana terlihat pada gambar  

12. Untuk mengetes apakah pemblokiran sudah aktif atau belum silahkan akses laman fesbuk pada komputer client. Jika hasilnya seperti dibawah ini maka kebijakan baru berhasil diterapkan pada jaringan. (Update: Mohon maaf gambar tuturial tidak tersedia karena lupa masih tersimpan di hosting dan tidak diperpanjang)

Dengan cara diatas saya sudah membuktiannya walaupun sumber gambar saya dapatkan dari video cookbook dari fortinet.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar