Hp Android Menjadi Modem di Linux Ubuntu 16.04

Linux generasi awal yang saya kenal sangat susah pada saat instal device baru. Sehingga pemanfaatan internet bagi pengguna Linux seolah-olah wajib karena tuntutan mencari driver yang cocok. Padahal zaman SMS seharga 350 perak gitu kan internet masih lumayan mahal.

Oleh karenanya, penggunaan modem saat itu serasa diharuskan juga. Selain sebagai jalan untuk mengakses sumber informasi terkait perkembangan terbaru. Juga digunakan untuk browsing serta download program dan driver untuk sebuah device yang bermasalah tadi.

Dan itu lagi-lagi terkendala pada saat baru saja mau instal modem pada komputer Linux sebagai gerbang awal menuju dunia maya.

Namun seiring waktu saya merasakan ada perubahan yang sangat cepat terhadap teknologi open source ini. Saya masih ingat bagaimana memasang modem dengan merk Etisalat akan tetapi terbaca oleh sistem sebagai Huawei. Dan ini tanpa instal driver sama sekali. Hal tersebut bukan menjadi masalah bagi saya pribadi. Karena yang penting berhasil menggunakan modem di Linux dan mengakses internet dari sana.

Apalagi sekarang dengan hadirnya handphone Android yang masih keluarga Linux. Android versi mobile ini sudah umum digunakan oleh kebanyakan orang. Berbeda halnya dengan Android versi komputer atau distro-distro Linux lain yang pasarnya masih dikuasai oleh Windows.

Saya kira perkembangan ini semakin memudahkan pengguna komputer terutama yang menggunakan sistem operasi Linux versi komputer. Salah satunya adalah bagaimana menjadikan telepon selular Android menjadi modem di komputer Linux.


Cara Menggunakan Hp Android Agar Menjadi Modem di Linux Ubuntu

Bagi teman-teman yang belajar komputer dari nol secara otodidak yang belum tahu. Berikut ini cara menggunakan hp Android menjadi modem pada komputer saya yang masih setia dengan Ubuntu 16.04 dengan kode nama Xenial Xerus dan hp Android versi 6.0.1 dengan kode nama Marshmallow.

1. Colokan hp Android dengan kabel data via USB ke komputer teman-teman. Jika ada notifikasi ingin menggunakan transfer file antara PC dan hp pilih "Ya" jika ingin atau "Batal" jika tujuannya hanya ingin internetan dari komputer dengan menjadikan hp sebagai modem

Cara Menggunakan Hp Android Sebagai Modem di Linux Ubuntu-1
 

2. Masuk ke pengaturan atau setting. Pada setiap merk handphone mungkin tampilannya berbeda dengan contoh di bawah ini. Pada contoh di bawah ini pilih icon yang berbentuk gerigi pada pojok kanan atas

Cara Menggunakan Hp Android Sebagai Modem di Linux Ubuntu-2
 

3. Kemudian pilih "Menambatkan & hotspot portabel"

Cara Menggunakan Hp Android Sebagai Modem di Linux Ubuntu-3

 

4.Pada bagian "Penambatan USB" geser tulisan "MATI" ke kanan untuk menghidupkan

Cara Menggunakan Hp Android Sebagai Modem di Linux Ubuntu-4
 

5. Jika tulisan berubah menjadi "AKTIF" ini tandanya sudah terhubung

Cara Menggunakan Hp Android Sebagai Modem di Linux Ubuntu-5
 

6. Silahkan cek status koneksi dengan mengetikan ping namasitus

Cara Menggunakan Hp Android Sebagai Modem di Linux Ubuntu-6
 

7. Atau bisa juga dengan membuka situs web dengan browser

Cara Menggunakan Hp Android Sebagai Modem di Linux Ubuntu-7
 

Sekarang, komputer Linux sudah terhubung dengan internet. Mudah kan ya?

 


 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar