Cara Instal Telegram di Ubuntu 16.04

Masih ingat pembatasan akses internet oleh pemerintah terutama sosmed dan aplikasi chat? Pada saat itu saya ikut merasakan dampaknya sehingga pekerjaan pun sedikit terganggu. 

Untuk berbalas pesan dengan sesama rekan juga terdampak. Namun akhirnya enggak ngaruh ketika menggunakan aplikasi yang satu ini.

Iya, aplikasi tersebut sudah terpasang di telepon seluler saya. Saya mengenalnya sedari dulu karena digunakan oleh teman-teman komunitas. 

Dan nama aplikasi tersebut adalah Telegram. Kali ini kita akan install di Linux Ubuntu 16.04.

 

Apa itu Telegram

Telegram adalah aplikasi layanan chat instan yang berasal dari Rusia. Sekilas pandang bisa dibilang ini sama dengan WhatsApp. Aplikasi ini bisa untuk mengirim pesan tulisan, gambar, video dan file yang bisa dilampirkan.

Akan tetapi, jika menelisik lebih jauh akan ditemukan hal yang berbeda. Misalnya begini:"Anda bekerja dengan menggunakan laptop dan telepon seluler. Untuk berkomunikasi secara langsung dan cepat menggunakan WhatsApp. Pada suatu hari battery telepon Anda low bat sedangkan charger ketinggalan di rumah. Pada saat telepon seluler tidak bisa digunakan maka Anda pun tidak bisa berbalas pesan. Meskipun sebelumnya sudah terhubung dengan WhatsApp melalui browser di laptop". 

Ini berbeda dengan Telegram yang bisa digunakan via web meskipun handphone Anda lowbat dan akhirnya mati.

 

Manfaat Telegram Messenger

Diantara manfaat aplikasi Telegram adalah mendukung program belajar dari rumah. 

Anda bisa mengikuti channel pembelajaran sesuai passion masing-masing.

Aplikasi ini bisa juga dijadikan teman belajar di masa pandemi dan bisa diseting menjadi pengingat (reminder) yang bermanfaat.

 

Cara Instal Telegram di Ubuntu

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini di sistem operasi Ubuntu silahkan:

1. Kunjungi telegram

2. Pilih Telegram for PC/Mac/Linux

3. Klik kanan pada tulisan Get Telegram for Linux 32 bit dan pilih link location untuk mendapatkan alamat url download. Pada contoh ini saya menggunakan Ubuntu 16.04. Silahkan pengguna Linux lain menyesuaikan distro dan versinya masing-masing.

4. Buka terminal lalu ketikan perintah

sudo wget https://telegram.org/dl/desktop/linux32

5. Kemudian ekstrak Telegram dengan perintah

sudo tar -xvf linux32

6. Pindahkan hasil ekstrak dengan perintah

sudo mv Telegram /opt

7. Jalankan aplikasi dengan mendouble klik Telegram di Computer > Opt > Telegram > Telegram. Sedangkan untuk menempatkan shortcut di layar desktop silahkan klik kanan > Copy to > Desktop


8. Klik start messaging


9. Silahkan masukan nomor kemudian klik Next

 

10. Masukan kode aktivasi kemudian klik Next


Sekarang Anda sudah bisa menggunakan Telegram di Linux.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar