Cara Aman Mengubah Permalink di Blogger

Cara Aman Mengubah Permalink di Blogger
Permalink secara otomatis dihasilkan pada saat membuat artikel di Blogspot. Melansir Googleblog, Blogger secara otomatis membuat tautan permanen berdasarkan judul posting.

Hanya saja hasilnya mungkin tidak sesuai dengan keinginan. Karena Blogger membatasi karakter dan langsung memotongnya. Sehingga, judul yang panjang terkadang berhenti pada jeda yang tidak tepat.

Seperti yang saya alami pada saat merubah permalink yang tidak menarik. Saya berhasil membuat permalink yang baru tapi terlambat untuk mengetahui ada yang salah. Sekian lama berlalu diketahui ada link yang rusak seperti contoh berikut:

Lalu bagaimana caranya agar permalink yang terlanjur dipublish tersebut bisa diubah dengan cara yang benar? Artikel kali ini akan membahas cara aman mengubah permalink di Blogger.


Apa itu Permalink?

Permalink adalah alamat tetap sebuah artikel (post), kategori (label) maupun halaman (page) pada sebuah website. Istilah lengkapnya; URL Permalink yang merupakan akronim dari Uniform Resource Locator dan Permanent Link.

Seperti terlihat pada layar yang sedang Anda akses ini. Anda membaca sebuah konten tulisan blog dengan alamat lengkap yang tertera di atasnya. Alamat inilah yang dimaksud dengan permalink.

Sesuai namanya, yaitu -permanent link- maka alamat tersebut tidak akan berubah meskipun konten dari alamat tersebut diperbaharui. Lalu bagaimana cara mengubahnya jika Anda ternyata kurang suka?


Cara Mengubah Permalink di Blogger

Blogger sudah menyediakan cara penyesuaikan permalink secara manual. Cara custom URL ini untuk mengubah permalink sesuai dengan yang kita inginkan.

Untuk artikel yang terlanjur diposting harus dikembalikan jadi draft terlebih dahulu. Berikut ini tahapan memperbaiki permalink selengkapnya.

1. Masuk ke Blogger > Pilih artikel yang ingin diedit > Edit > Klik Revert to draft


2. Klik Links > Custom Permalink

 

3. Ketikan alamat permalink yang baru lalu klik Publish


 

Permalink terbaru berhasil dibuat sedangkan permalink lama dianggap rusak. Hal ini akan menjadi masalah jika permalink lama sudah terindex oleh mesin pencari.

Kasus ini saya alami sendiri saat mencoba sebuah kata kunci. Saat itu saya mendapatkan link hasil dari mesin pencari. 

Sayangnya, tautan tersebut tidak menghantarkan pengunjung menuju konten sebuah blog. Dengan kata lain, konten artikel saya error dan tidak ditemukan.


Cara Menautkan Permalink di Blogger

Sehingga, harus ada cara agar pengunjung yang mengklik permalink lama bisa menuju alamat permalink baru. Ini disebut "custom redirect" dan Blogger sudah menyediakan cara tersebut. Berikut ini cara menautkan permalink lama dengan permalink baru di Blogspot.

1. Salin URL Permalink yang lama yang dianggap sebagai "broken link" oleh mesin pencari


2. Klik Settings > Errors and redirects > Custom redirects

 

3. Klik Add


4. Masukan URL Permalink yang lama dengan cara paste. Kemudian hapus struktur alamat; Dari protokol yang digunakan hingga nama domain dan simbol "/". Pada kasus saya yang dihapus itu "https://sebardi.id/". Jadi, yang ter-paste hanya kata-kata setelah tahun dan bulan posting diikuti garis miring dan kata-kata setelahnya. Untuk lebih jelasnya lihat pada contoh gambar di bawah


5. Kemudian, paste-kan URL Permalink yang baru. Cara paste-nya sama dengan metode di atas. 


6. Selanjutnya klik "radio button" pada tulisan Permanent menjadi aktif lalu klik "OK".


7. Langkah terakhir klik Save untuk menyimpan konfigurasi.


Sekarang, URL permanent sudah berubah dan aman di mesin pencari. Meskipun pengunjung mengklik tautan lama dijamin tidak akan menampilkan pesan error.

Sekian tutorial ini, semoga bermanfaat.



Baca Juga

2 komentar:

  1. Artikelnya mantap. Sebelumnya saya bingung bagaimana cara mengubahnya. Setelah baca artikel ini, saya sudah bisa mengubah permalink artikel di blog saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas sudah berkunjung di blog saya

      Hapus