Menambahkan Widget Google Custom Search

Menambahkan Widget Google Custom Search
Kotak penelusuran menjadi menu yang wajib hadir pada sebuah website. Tidak ketinggalan dengan blog pribadi yang menggunakan platform blogspot. Salah satu contohnya blog ini yang sebelumnya dihiasi kotak pencarian bawaan template.

Seiring waktu saya ingin menggunakan kotak pencarian versi lain. Pilihan saya tertuju pada sebuah widget penelusuran google custom. 

Berikut ini pengalaman saya membuat kotak penelusuran menggunakan engine dari google. Semoga, artikel ini bisa menjadi tambahan wawasan para pemula yang belajar blog secara otodidak dari nol. 


Apa itu Google CSE?

Sebelum melangkah pada tutorial membuat kotak penelusuran dengan google cse. Seperti biasa kita awali dengan sebuah pertanyaan tentang bahasan ini. Karena boleh jadi diantara pemula yang sedang belajar otodidak ada yang baru kenal.

Padahal, programmable search engine ini salah satu tool dari Google. Mesin telusur terpogram ini memungkinkan kita sebagai pemilik website bisa membantu pengunjung. Sehingga mereka menemukan informasi yang mereka cari dari website kita. Hasil pencariannya tentu sangat relevan berdasarkan teknologi telusur inti dari Google. 

Kotak penelusuran ini yang disebut dengan Google CSE (Custom Search Engine). Dan kata cse menjadi subdomain dari domain utamanya situs Google.

Menambahkan Widget Google Custom Search

Gambar oleh Muhammad Hassan dari Pixabay 


Cara Menambahkan Widget Google CSE di Blogger

Cara membuat mesin telusur ini sebetulnya sudah dijelaskan langsung oleh Google. Silahkan klik link terkait tadi untuk melihat langsung tutorial dari empunya. Sekilas terlihat, tutorial di sana cukup mudah dipahami bagi yang terbiasa. Tapi mungkin tidak bagi sebagian yang lain. Oleh karena itu, berikut ini saya sajikan tutorial yang intinya sama namun disertai dengan gambar agar lebih memudahkan pemahaman.

1. Kunjungi Google CSE atau google custom engine 

2. Masukan email dan password untuk login

3. Setelah berhasil login silahkan klik Add


4. Pada kolom "Site to search" masukan alamat situs Anda. Bagian "Language" pilih bahasa yang digunakan. Bagian "Name of the search engine" beri nama search engine kemudian klik "Create".


5. Google Custom Search berhasil dibuat ditandai dengan notifikasi sebagai berikut:"Congratulations! You've successfully created your search engine". Sekarang kita bisa mengambil kode-nya dengan meng-klik "Get code". 

Congratulations!

You've successfully created your search engine. 

 

6. Copy kode tersebut


7. Masuk ke blogger.com

8. Pilih dari Dasboard > Layout (Tata Letak) 

9. Pilih bagian penempatan yang tepat untuk kode penelusuran google yang sudah dikustomisasi tersebut. Pada blog saya tempatkan di sisi sidebar dengan meng-klik "Add a gadget" (Tambahkan gadget) yang terletak di samping kanan.

10. Kemudian muncul wizard seperti terlihat pada gambar di bawah, silahkan klik HTML/Javascript


11. Klik kanan dan pilih "Paste" lalu klik "Save" untuk menyimpan perubahan


12. Google custom search sekarang sudah terpasang. Untuk tampilan yang berbeda dengan default bisa coba-coba di bagian "Look and feel". Silahkan eksplorasi sesuai keinginan Anda.


Demikian artikel kali ini tentang cara menambahkan widget google custom search. Tutorial ini dipraktekan pada situs web saya yang menggunakan mesin blogger. 

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

1 komentar: