Cara Aktivasi Windows 7 Pro dengan Telepon

Bagaimana cara aktivasi Windows 7 Pro pada laptop HP Probook 6470b? Sistem operasi ini asli bukan bajakan dengan disertai stiker keaslian Windows dan nomor serial product key.

Namun sayang proses aktivasi dengan cara memasukan product key dan menghubungkannya ke internet tidak berhasil. Kasus ini belum lama terjadi namun bukan pada laptop saya. Meskipun demikian saya punya kewajiban untuk membantu menyelesaikan permasalahan ini. 

Lebih jelasnya, pengalaman ini terjadi pada awal bulan Februari tahun 2021. Apakah masih bisa aktivasi padahal Microsoft menghentikan dukungan terhadap Windows 7 sejak 14 Januari 2020? Jawabannya bisa Anda temukan dalam artikel kali ini tentang Cara Aktivasi Windows 7 Pro dengan Telepon.

Cara Aktivasi Windows 7 Pro HP Probook dengan Telepon

Sumber gambar: hp.com

 

Pada awalnya ada sedikit keraguan untuk menelpon si dia. Bagaimana mungkin saya bertanya padahal caranya sudah dijelaskan semua oleh Microsoft. Untuk meyakinkan keterangan si empunya laptop, akhirnya saya mencoba hal yang sama dengan melakukan aktivasi melalui product key.


 

Singkat cerita ternyata tetap tidak bisa aktivasi meskipun dengan memasukan nomor product key dan menghubungkannya ke internet. Padahal nomor product key ini asli dan bukan bajakan. Oleh karenanya, saya mencoba alternatif lain dengan cara aktivasi melalui telepon.


Cara Aktivasi Windows 7 Pro dengan Telepon

Ternyata, Microsoft masih santun melayani pelanggannya. Ini dibuktikan sendiri oleh saya pribadi. Padahal sudah dimaklumi jika Windows 7 Pro sudah tidak lagi didukung supportnya oleh Microsoft. 

Barangkali Anda membeli laptop second tapi kemudian harus instal ulang karena masalah teknis. Mungkin agak kesulitan untuk proses aktivasi padahal lisensi resmi. Berikut ini cara aktivasi Windows 7 Pro tahun 2021 yang saya alami dan hasilnya berhasil.

1. Klik tombol Start berupa logo Windows pada keyboard

2. Klik kanan My Computer

3. Pilih Properties

4. Klik Activate Windows now

5. Klik Show me other ways to activate

6. Masukan product key jika diminta dan klik Next

7. Klik Use the automated phone system

8. Klik lokasi yang defaultnya terisi Afganistan dan ganti dengan Indonesia kemudian klik Next

9. Proses aktivasi berusaha menghubungi server tapi akhirnya gagal


10. Apa yang saya alami dengan laptop yang hanya terhubung ke internet saja mengalami kegagalan. Sebenarnya ada notifikasi gagalnya apa? Tapi saya tidak sempat mendokumentasikannya. Yang jelas, intinya agar disambungkan dengan jaringan telepon agar bisa terhubung. Akhirnya saya ambil kabel telepon kantor dan menyambungkannya ke belakang port RJ11 khusus telepon yang kebetulan ada pada laptop ini. Bentuknya mirip dengan port RJ45 untuk kabel jaringan LAN tapi agak kecil.

11. Setelah tersambung dan menghubungi lagi nanti akan tampil wizard seperti berikut:


12. Kemudian saya gunakan hp untuk menghubungi salah satu nomor yang tercantum pada dialog box tersebut. Dua nomor pertama bebas pulsa dan dua nomor setelahnya menggunakan pulsa. Saya mencoba menghubungi nomor yang paling pertama

13. Setelah terhubung silahkan ikuti instruksi dari sana, tekan 1 untuk menggunakan bahasa Indonesia atau tekan 2 untuk bahasa Inggris. Nanti ada instruksi lagi tekan nomor berapa jika berada di depan komputer dan seterusnya sampai selesai.

Pada pengalaman ini nomor yang diberikan oleh sistem telepon dari Microsoft ada yang kurang beberapa digit. Sehingga tombol "Next" pada kotak dialog di atas tidak timbul. Robot yang berbicara melalui telepon menyarankan secara otomatis untuk menelpon langsung customer service terdekat. Akhir cerita, si dia memberikan beberapa digit lainnya dan Windows 7 Pro pun teraktivasi. 

Sekian tutorial cara aktivasi Windows 7 Pro dengan telepon. Pengalaman ini dipraktekan pada laptop HP Probook 6470b. Jika Anda mempunyai tipe laptop dan komputer yang berbeda tidak ada salahnya mencoba dan semoga berhasil.

Demikian, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar