Cara Legal Instal Office 2019 di Windows 10

Cara Legal Instal Office 2019 di Windows 10
Tutorial cara instal office 2019 yang ada di internet ada versi legal dan ada juga versi bajakan. Pemula yang belajar komputer secara otodidak dari nol harus bisa membedakan dua cara ini. Jadi harus bisa pilah-pilah referensi yang baik yang sesuai dengan hukum positif di negeri ini.

Karena siapa tahu nanti Anda bekerja di lingkungan perusahaan. Sedangkan perusahaan harus membayar denda jika ada penggunaan software bajakan. Maka, Andalah yang bertanggung jawab ketika ada sidak dari BSA (Business Software Alliance) yang bekerjasama dengan kepolisian RI.

Oleh karena itu, berikut ini tutorial cara legal instal Microsoft Office Home & Business 2019 yang sengaja saya dokumentasikan langsung dengan foto kamera (bukan screenshoot layar komputer).

 

Persiapan Instalasi Perangkat Lunak Office 2019

Untuk bisa menggunakan Microsoft Office Home & Business 2019 ini memang tidak membutuhkan koneksi internet. Hanya saja proses aktivasi dibutuhkan pertama kali yang berbarengan dengan proses instalasi. Begitu juga untuk mendownload software Microsoft Office Home & Business 2019. Sehingga, koneksi internet ini mutlak dibutuhkan pada saat proses instalasi berlangsung. Lebih jelasnya, berikut ini yang harus dipersiapkan sebelum proses instalasi Microsoft Office Home & Business 2019 berlangsung.

1. Email Outlook

Email ini digunakan untuk login ke situs office dan download programnya. Selain itu bisa untuk mengelola perangkat komputer Anda yang dikaitkan dengan akun Microsoft. Akun email yang digunakan adalah outlook, bukan yang lain. Bagi pemula yang belajar komputer secara otodidak dari nol, berikut ini tutorial cara membuat email baru di outlook. Barangkali, Anda belum mengetahui cara membuatnya silahkan klik link tersebut. Namun jika sudah tahu caranya dan bahkan sudah menggunakannya, abaikan saja tautan di atas.

2. Koneksi internet

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, koneksi internet ini harus ada. Kalau pun misalnya instal program dari cd pun sama. Koneksi internet mutlak dibutuhkan untuk proses aktivasi. Jika tidak ada koneksi internet maka tidak bisa aktivasi. Alias, program Anda belum bisa dikatakan legal. Dan bahkan bisa jadi ada kemungkinan bajakan. Apalagi proses aktivasinya mengandalkan program crack, keygen atau aktivator yang merujuk bukan ke server Microsoft.

3. Pembelian Microsoft Office Home & Business 2019

Melansir dari Microsoft, harga Microsoft Office Home & Business 2019 ini dibanderol dengan harga $249.99 atau sekitar 5 jutaan. Tentunya harga ini sesuai dengan nilai tukar rupiah dengan kurs mata uang dollar Amerika. Silahkan hubungi toko komputer atau vendor yang menjadi langganan kantor Anda. Berikut ini contoh pembelian software Microsoft Office Home & Business 2019.


 

Cara Instal Office 2019 di Windows 10 versi Legal

Setelah semua persiapan sudah lengkap, berikut ini cara instal office 2019 tanpa software activator, crack atau keygen versi gratisan maupun berbayar.   

1. Buka box Microsoft Office Home & Business 2019 yang sudah dibeli


 

2. Temukan product key Microsoft Office Home & Business 2019

Product Key Microsoft Office Home & Business 2019

 

3. Buka browser dan kunjungi setup.office.com, klik "sign in" jika sudah mempunyai akun outlook. Atau klik "create a new account" jika belum mempunyai akun email outlook.

 

4. Masukan product key yang tertera pada langkah nomor 2 

 

5. Pilih negara "Indonesia" dan klik next 


6. Klik "Next"


7. Otomatis masuk halaman akun Microsoft


8. Klik "Install"


9. Klik "Install"

 

10. Klik "Yes"


11. Proses download dan instalasi akan berlangsung


12. Tunggu sampai selesai


13. Klik "Close" untuk mengakhiri proses instalasi. Sampai tahap ini biasanya sudah berhasil.


14. Untuk memeriksa silahkan klik "Start"


15. Buka salah satu aplikasi Office, misalnya Word, dan lihat pada tab "Account". Jika belum teraktivasi silahkan klik update option


16. Pengalaman kemaren, saya instal dua komputer, yang satu langsung aktivated sedangkan yang satu lagi tidak otomatis. Untuk yang belum teraktivasi secara otomatis ini tunggu proses update sampai selesai saja.

 

17. Jika ada pemberitahuan proses update sudah selesai silahkan klik "Close"


18. Untuk pertanyaan:"How do you want to activate your software?" Yang ini opsional, Anda bisa pilih opsi pertama atau kedua, selanjutnya klik "Next". Pada contoh kali ini pilih opsi paling mudah "I want to activate the software over the internet. (recommended)". Selanjutnya klik "Next"


19. Klik "Close"

 

20. Microsoft Office Home & Business 2019 kini sudah teraktivasi. Sekarang Anda sudah bisa bekerja dengan Office 2019 dengan nyaman.

Demikian tutorial cara instal office 2019 tanpa perlu beli software aktivator, keygen atau pun crack. Sayang kalau sudah beli tapi ternyata sama juga bajakan. Lebih baik beli yang asli aja sekalian, ini demi keamanan juga lho.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar