Cara Menjadi Kontributor Shutterstock

Seorang pemula tidak harus belajar ilmu komputer melulu. Tidak ada salahnya sesekali belajar otodidak mencari penghasilan dari internet

Salah satunya dengan menjual gambar, foto, ilustrasi dan karya kreatif lainnya di situs microstock photography.

Mungkin dengan cara tersebut menjadi lebih semangat untuk mengembangkan skill. Terutama bagi teman-teman yang mempunyai hobi di bidang desain grafis.

Untuk itu, artikel kali ini akan menguraikan cara menjadi kontributor shutterstock. Semoga pengenalan ini menjadi langkah awal untuk meraih pundi-pundi uang dari internet.


Apa itu Shutterstock?

Bagi sebagian orang shutterstock adalah salah satu situs yang terbukti menghasilkan uang lewat internet. Istilahnya disebut dengan situs "microstock photography" atau "micropayment photography". 

Sebagaimana dilansir oleh wikipedia, situs ini didirikan oleh seorang programmer yang sekaligus fotografer yang bernama Jon Oringer dengan kantor pusat di New York, Amerika Serikat.

Lalu, apa saja yang bisa dijual di shutterstock? Untuk kontennya tidak hanya terbatas hanya fotografi, ilustrasi dan vektor. Animasi flash, klip video atau cuplikan karya dalam format mp3 pun bisa. 

Sehingga, kontributor situs shutterstock terdiri dari desainer, fotografer, ilustrator hingga videografer yang tersebar di seluruh negara.

Anda berminat untuk menjadi bagian darinya? Silahkan bergabung menjadi kontributor Shutterstock di sana.


Apa itu Kontributor?

Kata kontributor diambil dari bahasa asing yaitu contributor. Secara harfiah dalam bahasa kita artinya adalah penyumbang. Kata kontributor ini semakin familiar apalagi masa-masa pandemi.

Tidak sedikit karyawan yang habis kontrak yang kemudian berfikir bagaimana cara menghasilkan uang di rumah.

Kalau dianalogikan dengan platform youtube yang Anda kenal. Maka channel youtube yang upload konten video di sana disebut sebagai kontributor dalam istilah shutterstock di sini.

Bedanya, jika youtuber mendapatkan uang berdasarkan adanya tayangan iklan. Sedangkan kontributor shutterstok tergantung ada tidaknya karya yang didownload oleh orang lain.

Situs yang sejenis ini misalnya dreamstime, fotolia dan adobe stock. Untuk fotolia kabarnya sudah diakuisisi oleh perusahaan Adobe. Selain itu ada juga istockphoto, unsplash dan gettyimages,

Oh ya, meskipun ke-3 nama situs web di atas masih aktif dengan nama domainnya masing-masing. Situs web istockphoto dan unsplash ini sudah diakuisisi oleh gettyimages.


Cara Menjadi Kontributor Shutterstock

Selanjutnya kita tidak akan memperlebar bahasan tentang microstock. Untuk situs selain Shutterstock mungkin di bahas di lain kesempatan. Sekarang, inti dari artikel ini adalah mengetahui bagaimana caranya menjadi kontributor Shutterstock. 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda tempuh agar bisa bergabung dengan kontributor Shutterstock yang sudah lebih dulu disana.

1. Kunjungi tautan submit dan klik Get Started

Cara Menjadi Kontributor Shutterstock

2. Atau bisa juga langsung menuju link kontributor lalu isi nama asli, nama display, alamat email serta password untuk login ke situs ini.

2. Setelah mengklik tulisan "Next" di atas akan terlihat pada browser Anda seperti ini:


3. Periksa email masuk dari Shutterstock. Bagi teman-teman yang belum punya, silahkan buat email terlebih dahulu.

4. Setelah mengklik tulisan "Please click here to verify your email" akan terbuka tab baru pada browser Anda yang terlihat seperti ini.

5. Klik tulisan "Next" di atas.

6. Kemudian masukan data-data yang diperlukan seperti; negara asal dan alamat lengkap yang disertai kode pos serta nomor telepon.

7. Setelah klik "Next" akan tampil tulisan selamat bergabung seperti ini

8. Jika ingin langsung upload karya Anda klik "Upload". Adapun contoh ini saya pilih "go to your dashboard" yang akan membawa ke halaman berikut:

9. Sekarang saya sudah berhasil bergabung menjadi kontributor Shutterstock. Ini adalah tampilan awal beranda kontributornya yang masih $0. Selanjutnya silahkan berkarya lalu upload di sini agar bisa mendapatkan penghasilan dari internet.

Sebaliknya, bagi Anda yang ingin membeli logo, foto, ilustrasi dan lainnya bisa juga dengan mengunjungi situs web shutterstock

Ditunggu ya juragan.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar