Cara Screenshot Windows 10 dengan Snipping Tool

Cara Screenshot Windows 10 dengan Snipping Tool
Sebelumnya kita sudah membahas cara screenshot layar dengan Screen Snip. Untuk melengkapi bahasan ini saya juga sertakan cara screenshot windows 10 dengan keyboard.

Adapun kali ini tips yang sama namun dengan aplikasi yang berbeda yang masih satu platform sistem operasi.

Yaitu Snipping Tool, salah satu tool untuk menangkap tampilan layar yang umum digunakan oleh teman-teman saya. Sama seperti Screen Snip, tool yang satu ini pun sudah menjadi bawaan Windows 10 sejak pertama kali terinstal.

Ngomong-ngomong, saya sendiri sebetulnya pengguna Linux yang familiar dengan aplikasi Kazam dan Screnshot yang ada di Ubuntu. Aplikasi tersebut sama-sama berfungsi untuk menangkap layar yang ada di OS Linux.

Bagi Linuxer pemula mungkin bisa mencoba dua aplikasi yang saya sebut di atas. Sedangkan buat otodidakers yang sedang belajar Windows 10, kita mulai belajar ilmu dasar komputer. Salah satunya yaitu cara screenshot layar dengan Snipping Tool berikut ini.


Cara Screenshoot Windows 10 dengan Snipping Tool

Untuk bisa menangkap tampilan layar maupun aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Windows 10 dengan Snipping Tool adalah sebagai berikut:

1. Ketikan kata "snipping tool" pada kolom pencarian lalu tekan enter

Cara Screenshoot Windows 10 dengan Sniping Tool

2. Snipping Tool akan terbuka seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

3. Klik Delay dan atur jeda waktu yang diinginkan. Seperti terlihat pada gambar ada pilihan 1 detik, 2 detik, 3 detik, 4 detik dan 5 detik.

4. Klik New untuk memulai pengambilan gambar tangkapan layar

5. Klik dan drag area yang diinginkan kemudian lepaskan tombol mouse. Hasilnya akan otomatis terlihat pada layar sebagaimana contoh di bawah ini.

6. Klik icon save dalam bentuk gambar disket untuk menyimpan. Atau bisa juga dengan memilih File > Save.

7. Pilih folder penyimpanan dan beri nama file pada kolom "File name" kemudian klik Save untuk menyimpan.

8. Selesai, hasil tangkapan layar yang Anda lakukan sudah tersimpan dalam folder penyimpanan.

Ternyata belajar komputer otodidak gampang kan? Jika tingkat lanjut terasa sulit otodidakers sebaiknya memulai dari dasar komputer terlebih dahulu. Salah satunya adalah mengetahui cara screenshot di laptop dan PC.

Sekian, semoga bermanfaat.
Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar