Cara Instal Forticlient VPN di Laptop Karyawan

Masih tentang bahasan forticlient yang saya pelajari dari senior. Artikel kali ini adalah cara install aplikasi FortiClient VPN pada laptop karyawan. Namun sebelumnya saya ingin menekankan lagi pertanyaan ini:"Apakah otodidakers masih ada yang belum tahu apa itu FortiClient VPN?"

Bagi yang belum tahu, FortiClient VPN adalah aplikasi gratis yang dibuat oleh perusahaan keamanan Fortinet yang ada di Amerika. Aplikasi ini berfungsi untuk membuat koneksi VPN secara aman melalui Fortigate.

Meskipun aplikasi ini free tapi jangan salah dengan Fortigatenya ya? Karena perangkat firewall ini tidak bersifat free. Oleh karenanya, mungkin sangat jarang ditemui kecuali di lingkungan perusahaan. Sekilas, seperti inilah FortiClient VPN yang akan kita instal pada bahasan kali ini.



Cara Instal FortiClient VPN di Laptop Karyawan

Setelah membaca pengenalan SSL-VPN tentu Anda penasaran bagaimana penerapannya di lapangan kan? Artikel kali ini kita awali dengan pembahasan cara install FortiClient VPN terlebih dahulu.

1. Kunjungi link download forticlient kemudian klik download

2. Klik hasil download yang sudah selesai.

3.Klik "Yes"

4.Tunggu proses download.

5. Akan tampil dialog box berikut ini. Silahkan ceklis "Yes, I have read and accept the Licence Agreement" lalu klik "Next".

6. Klik "Next"

7. Klik "Install".

8. Klik "Finish".

9. Klik icon FortiClient VPN pada area desktop.

10. Silahkan ceklis dan klik "Accept"

11. Klik "Configure"

12. Sesuaikan setelan sesuai pengaturan di Fortigate kemudian klik Connect.


Oke, sampai sini dulu belajar komputer otodidak kita hari ini untuk melengkapi catatan cara seting SSL-VPN kemarin. 

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar