Cara Setting Panjang File Path Regedit Windows 10

Cara Setting Panjang File Path Regedit Windows 10
Seting CMS Wagtail di Windows 10 lebih banyak interaksi dengan baris perintah. Bagi pemula yang belajar komputer otodidak mungkin ini sedikit aneh. Karena penggunaan teks editor untuk instalasi adalah sesuatu yang baru. Apalagi Windows dikenal dengan caranya yang cuma klik next, next dan finish. 

Namun tidak demikian halnya dengan pengguna Linux. Cara instalasi program apapun bisa dilakukan melalui metode klik maupun baris perintah. Adapun pilihan ada di tangan pengguna Linux masing-masing. Hanya saja kebanyakan memang menggunakan metode baris perintah. Di satu sisi sekalian belajar terbiasa dengan server. Sebagian lainnya mungkin biar terasa keren dan tampil beda kali yah.

Oleh karena itu, tata cara instalasi wagtail di Windows kemarin jadi serasa Linux. Tapi, meskipun sama-sama layar hitamnya tetaplah ada perbedaannya. Salah satu perbedaan command promptnya CMD dengan Terminal maupun Konsole yang ada di Linux adalah yang satu ini.


Cara Setting Panjang File Path Regedit Windows 10 

Pada saat install wagtail di Windows 10 dengan baris perintah nanti akan ada error. Kesalahan ini disebabkan pengaturan default Windows yang tidak mendukung. Untuk merubahnya mau tidak mau harus masuk ke regedit windows 10

Berikut ini kode error yang terlihat pada saat install wagtail di komputer Windows 10. 

ERROR: Could not install packages due to an OSError: [Errno 2] No such file or directory: 'C:\\Users\\User\\AppData\\Local\\Packages\\PythonSoftwareFoundation.Python.3.9_qbz5n2kfra8p0\\LocalCache\\local-packages\\Python39\\site-packages\\wagtail\\tests\\testapp\\migrations\\0005_customrichblockfieldpage_customrichtextfieldpage_defaultrichblockfieldpage_defaultrichtextfieldpage.py'

Error tersebut tidak harus karena instalasi wagtail atau aplikasi sejenis. Error tersebut bisa saja karena masalah yang lainnya. Hanya saja, kejadian ini tepat pada saat selesai mengetikan perintah pip install wagtail di command prompt sebagaimana terlihat pada screenshot di bawah ini:


Untuk mengatasi panjang file path yang berlaku untuk Windows 10, berikut ini langkah-langkah pengaturannya yang saya temukan dari situs howtogeek.

1. Ketik regedit pada menu pencarian dan tekan enter.

2. Silahkan akses Computer > HKEY_LOCAL_MACHINE_SYSTEM > CurrentControlSet > Control > FileSystem

3. Double klik longpathenable kemudian ganti nilai value data-nya menjadi 1 dan klik Ok. 

4. Setelah itu restart komputer Anda.

Dengan cara-cara di atas akhirnya saya bisa melanjutkan install wagtail di Windows 10 melalui command prompt. Sekian belajar komputer otodidak kita hari ini seputar pengaturan regedit windows 10 dan keterkaitannya dengan installasi CMS Wagtail. Perlu diketahui, registri editor atau yang disingkat menjadi regedit ibaratnya seperti jaringan urat syaraf tubuh manusia. Pada saat perbaikan software terkadang sampai menyentuh masalah yang pelik. Mudah-mudahan ini menjadi pengenalan yang akan membuka wawasan luas ke depan.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar