Cara Terjemah Halaman Web dengan Chromium

Salah satu alat bantu bagi pemula yang belajar komputer otodidak adalah browser. Dengan mesin peramban internet ini kita bisa mengakses banyak pengetahuan. Bahkan hingga ke sumber pertama berupa manual book yang lengkap.

Tapi sayang jika dokumentasi itu tersedia hanya dalam bahasa Inggris. Meskipun tutorial paling lengkap tapi mana mungkin bisa dimengerti semua orang. Ini menjadi kendala bagi sebagian pemula yang belajar komputer secara mandiri. Terutama yang tidak bisa bahasa Inggris sama sekali. Parahnya, jika masalah yang dihadapi juga tidak dibahasa blog dalam negeri. 

Untungnya kita bisa memanfaatkan terjemah website google yang berfungsi secara multibahasa. Blog ini pun memanfaatkan teknologi itu dan menyisipkannya di sidebar paling kanan. Cara blog saya ini agar pengunjung tidak perlu berpindah dengan tab yang baru.

Lalu bagaimana jika blog yang Anda kunjungi tidak mempunyai fitur terjemah? Selain membuka tab baru untuk mengunjungi google translate. Berikut ini cara praktis terjemah web dengan browser langsung di tab yang sama.


Cara Terjemah Halaman Web dengan Chromium 

Pada tutorial kali ini misalnya saya ingin belajar otodidak wagtail-cms. Adapun peramban internet yang saya gunakan pada Ubuntu 18.04 adalah Chromium. Browser ini adalah peramban internet open source yang kode sumbernya menjadi dasar bagi Google Chrome dan selainnya. Berikut ini cara terjemah halaman web menggunakan web-browser Chromium.

1. Kunjungi situs yang kita inginkan, klik kanan dan pilih "Translate to English". Ini adalah setingan default bawaan browser. Pada contoh ini kita akan merubahnya menjadi bahasa Indonesia.

Cara Terjemah Halaman Web dengan Chromium

2. Akan tampil tulisan "Unknown", "English" dan "icon tiga titik" seperti pada screenshot di bawah ini.

3. Klik icon tersebut dan pilih "Choose another language"

4. Setingan bawaan adalah "English", silahkan klik icon yang ada di sebelahnya.

5. Pilih "Indonesia".

6. Klik "Translate"

7. Sekarang, halaman web otomatis berubah menjadi bahasa Indonesia.

8. Untuk selanjutnya, terjemah web bisa langsung klik kanan dan pilih "Translate to Indonesia" seperti terlihat pada secreenshot di bawah ini.


Sekian tutorial cara terjemah halaman web dengan browser Chromium. Tutorial ini bisa diterapkan pada browser lainnya. Sebagaimana dimaklumi kode sumber Chromium digunakan pada browser-browser tersebut. 

Mudah-mudahan masalah perbedaan bahasa dalam mencari literatur ini tidak menjadi kendala utama lagi. 

Semoga bermanfaat.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam