Cara Uninstall Python di Windows 10

Cara Uninstall Python di Windows 10

Pelajaran IT dasar yang belum dikupas blog ini yaitu cara uninstall aplikasi di Windows 10. Oleh karena itu, yuks kita belajar komputer otodidak cara uninstall aplikasi di Windows 10. 

Kali ini, aplikasi yang jadi contoh uninstall adalah pemograman Python yang kemarin kita pasang. Dengan satu contoh ini Anda diharapkan bisa paham semua cara uninstall aplikasi apapun namanya.


Apa itu Uninstall Aplikasi?

Uninstall kadang disebut juga dengan istilah remove. Secara bahasa, baik uninstall maupun remove artinya merujuk pada makna yang sama. Karena "remove" bisa diterjemahkan menjadi menghapus. Sedangkan "uninstall" berarti mencopot pemasangan. 

Bagi pemula yang belum tahu mungkin perlu dipahamkan. Bahwa setiap kata yang diawali dengan "un" dalam bahasa Inggris ini menunjukan arti sebaliknya. Sehingga, kata "uninstall" ini artinya kebalikan dari kata "install".

Kesimpulannya, uninstall aplikasi adalah proses pencopotan aplikasi yang sudah terpasang pada sistem operasi dengan mekanisme yang benar melalui fitur yang ada pada OS maupun bawaan aplikasi yang bersangkutan.


Cara Uninstall Python di Windows 10

Untuk mencopot pemasangan aplikasi bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya melalui fitur yang disediakan oleh sistem operasi Windows 10. Berikut ini cara uninstall program Python yang sebelumnya terpasang di Windows 10.

1. Tekan tombol icon Windows pada keyboard lalu pilih Settings.

Cara Uninstall Python di Windows 10

2. Klik Apps.

3. Silahkan scroll ke bawah untuk mencari aplikasi yang akan di-uninstall. 

4. Pada contoh ini pilih Python lalu klik "Uninstall".

5. Klik "Uninstall" kembali.

6. Lakukan hal yang sama pada aplikasi lainnya yang ingin di-uninstall. Pada kasus ini, karena kita ingin menghapus aplikasi Python. Maka, yang di-uninstall terdiri dari 2 macam; yaitu Python 3.9.5 dan Python Launcher. Silahkan klik Python Launcher dan seterusnya sama seperti langkah-langkah di atas.

Sekarang kita sudah berhasil mencopot pemasangan Python. Pada aplikasi lain mungkin ada yang disertai permintaan untuk restart OS. Jika diminta hal tersebut lakukan saja restart Windows. Tapi jika tidak diminta berarti proses uninstall aplikasi sudah selesai.

Sekian belajar komputer otodidak hari ini tentang cara uninstall aplikasi di sistem operasi Windows 10.

Semoga bermanfaat.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam