Cara Install gKamus di Linux Mint

gKamus adalah buku kamus bahasa Indonesia - Inggris versi digital. Fungsinya bisa menerjemah kata bahasa Inggris (tunggal) ke arti bahasa Indonesia. Begitu juga sebaliknya menerjemah arti kata dari Indonesia ke Inggris. Mirip halnya dengan Google Translate namun hanya sebatas kata (bukan kalimat). Salah satu kelebihan program ini bisa dijalankan tanpa butuh koneksi internet.

Program ini dibuat oleh Ardhan Madras yang berprofesi sebagai Software Engineer di Indonesia. Alasannya karena merasa lelah selalu membuka buku kamus setiap kali lupa arti kata. Melalui artikel ini tidak lupa saya ucapkan terima kasih banyak atas jasanya membuat software yang sangat berguna. Apalagi menjadi freeware yang gratis di bawah lisensi GNU General Public License. Begitu juga Firmansyah yang punya kontribusi database kamus bahasa Inggris. 

Versi program ini sebelumnya berjalan di platform Windows. Namun kemudian programmer merasa bosan karena harus menyusun ulang kode biner setiap kali rilis Windows. Efeknya, versi terbaru program tersebut diputuskan untuk tidak lagi mendukung Windows. 

Sehingga gKamus versi 1.0 hanya berjalan di sistem GNU/LInux dan sistem UNIX lainnya yang mendukung GTK+. Ini salah satu keuntungan bagi kita terutama pemula yang belajar komputer secara otodidak. Software ini tool yang wajib di install pada komputer atau laptop belajar Anda. Secara kalkulasi biaya besaran kuota yang dikeluarkan untuk proses install. Dijamin total jenderal masih lebih murah meriah jika dibandingkan dengan membeli kamus versi cetak atau buku konvensional.

Cara Install gKamus di Linux Mint


Cara Install gKamus di Linux Mint

Untuk memasang aplikasi gKamus bisa dilakukan dengan beberapa metode. Ada yang menggunakan apt-get dan ekstrak file tarball. Ada juga yang menggunakan cara mudah seperti contoh berikut ini.

1. Klik Menu > Administration > Software Manager kemudian ketik "kamus" pada kolom pencarian.

2. Klik Gkamus.

3. Klik Install.

4. Masukan password.

5. Klik Launch untuk menampilkan program dan klik tanda (x) untuk menutup software manager.

6. Program gKamus sudah berjalan di komputer Linux Mint.

7. Untuk mencari arti kata bahasa Inggris silahkan ketikan pada kotak pencarian dan tekan enter. 

Cara install di atas jika distro Linux yang digunakan menampilkan gKamus di Software Manager. Jika tidak terlihat mungkin bisa coba cara install mudah alternatif kedua. Yaitu melalui Synaptic Package Manager. Namun jikalau tidak ada juga di Synaptic mau tidak mau harus dengan mode baris perintah. Sekian belajar Linux kita hari ini tentang cara install gKamus di Linux Mint 20.2.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar