Cara Merubah Tampilan Linux Mint Menjadi Windows 10

Memilih sistem operasi GNU/Linux selalu dihadapkan dengan banyaknya distribusi yang beredar. Istilah ini kerap disebut sebagai distro Linux dan menjadi wawasan yang harus diketahui pengguna. Contoh yang bisa disebutkan: Red Hat, Debian, Slackware, Gentoo, openSUSE, CentOS, Proxmox, Ubuntu, Linux Mint dan lain-lain. Sehingga harus dipahami meskipun berbeda-beda nama distro tersebut di atas akan tetapi kernel-nya sama-sama menggunakan Linux juga.

Kemudian, setelah memilih satu dari sekian banyak distro Linux yang ada. Pilihan selanjutnya bagi pengguna non server adalah Desktop Environment (DE) yang didukung distro tersebut. Desktop Environment ini secara mudahnya seperti style antarmuka grafis. Contoh DE misalnya: GNOME, KDE, MATE, LXDE, LXQt, Xfce, Budgie, Deepin, Enlightenment, Cinnamon dan lain-lain. 

Selain DE yang mewakili tampilan grafis secara kasat mata sebuah distro. Ternyata Linux juga mempunyai theme yang bisa bongkar pasang sesuka hati. Ini menjadi alternatif jika tampilan DE tidak cocok dengan selera Anda. Theme ini biasanya mendukung semua jenis DE. Contoh Theme; MKos Big Sur yang kemarin kita pasang dipadu dengan Cairo-dock. 

Sehingga distro Linux Mint 20.2 Uma saya dengan DE Cinnamon tampak terlihat seperti MacOS versi 11 yang terkenal dengan codename Big Sur. Jika Anda ingin theme MacOS versi lain; misalnya Mojave, Catalina atau Monterey pun tersedia di sana.

Namun, edisi belajar Linux kita kali ini akan merubah tampilan Linux Mint menjadi seperti Windows 10 tapi gratis dan bukan bajakan.

Cara Merubah Tampilan Linux Mint Menjadi Windows 10


Cara Merubah Tampilan Linux Mint Menjadi Windows 10

Untuk merubah tampilan Linux Mint agar mirip dengan Windows 10 perlu mencari theme yang tepat. Adapun theme yang tersedia dengan cara download sangat banyak. Anda tinggal download dan ekstrak lalu tempatkan pada folder /home/.themes dan /home/.icons. 

Pertanyaannya, kira-kira theme itu cocok gak yah untuk Linux Mint dengan DE Cinnamon? Karena terkadang versi yang didukung tidak terpenuhi sehingga harus download package yang terkait.

Oke, kita cari theme untuk merubah tampilan Linux Mint agar mirip seperti Windows 10 dari menu download langsung dari pengaturan themes saja. Cara ini lebih praktis bagi pemula dan dipastikan sudah didukung sesuai versi Linux yang Anda gunakan. Tapi sebelumnya, untuk pengalaman yang lebih baik disarankan agar menggunakan menu applets: cinnamenu.

1. Klik kanan panel atau taskbar Linux Mint Anda kemudian klik applets.

2. Pada menu "Applets" klik tab "Download".

3. Klik icon tanda panah ke bawah yang sebaris dengan tulisan cinnamenu untuk download. 

4. Klik tanda (x) pada pojok kanan atas untuk menutup applets. 

5. Kemudian buka Menu > Preferences > Themes atau bisa juga dengan mengetikan pada kolom pencarian dan tekan enter.

6. Pada bagian Add/Remove silahkan klik Windows 10 Light Theme by smurphos. Selanjutnya klik tanda panah ke bawah untuk proses download. Anda juga bisa mencoba theme Windows 10 lainnya; misal: Windows-10-Basic by lleeoochen yang ada di bagian bawah.

7. Jika sudah selesai klik tab "Themes" yang ada di sebelah kiri. 

8. Klik pada bagian pojok kanan bawah yang sebaris dengan tulisan "Desktop".

9. Klik theme Windows 10 yang sudah diinstall; "Windows 10 Light" atau "Windows-10-Basic".

10. Download icon Windows 10 misalnya dari cinnamon-look ada "We10X Icon Theme" Windows-10-master, Win10Sur-blue-dark atau icon Windows 11 juga bisa.

11. Ekstrak hasil download tadi dan tempatkan pada folder /home/.icons.

12. Kembali ke pengaturan "Themes"

13. Arahkan icon ke "Win10X" atau icon Windows 10 lainnya yang Anda pasang. Pengaturan Windows borders dan control juga bisa diarahkan sesuai selera Anda; murni Windows semua atau kombinasi.

14. Klik tanda (x) untuk menutup menu pengaturan Themes

15. Download wallpaper Windows 10 di internet dan gunakan sebagai gambar latar. Caranya klik kanan > Change Desktop Background kemudian pilih wallpaper Windows 10. Setelah itu klik kanan pada menu yang masih dengan logo Linux Mint dan pilih "Configure....".

16. Geser radio button yang sejajar dengan tulisan "use a custom icon and label".

17. Klik icon di bawahnya.

18. Pilih logo Windows dan klik Select. 

19. Jika hasil kurang maksimal silahkan install GTK+ 3 dari Synaptic Package Manager.

20. Begini hasil akhirnya jadi agak-agak mirip meskipun ya memang tidak sama.

Kesimpulannya, menggunakan Linux tidak sulit tapi memang butuh penyesuaian bagi sebagian orang. Oleh karena itu, salah satu bentuk adaptasi tersebut bisa kita akali dengan menyamarkan tampilan grafisnya. Akhir kata, sekian belajar Linux kita hari ini tentang cara merubah tampilan Linux Mint menjadi Windows 10.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar