Cara Download Video dari Facebook dengan Youtube-dl di Linux

Youtube dl merupakan salah satu program download audio dan video yang sifatnya open source. Software ini bisa menjadi pilihan meskipun bukan yang terbaik. Karena mode grafis program ini bisa dipasang di Linux atau Windows. Sedangkan khusus pengguna Linux bisa memilih mode grafis atau text atau dipasang dua-duanya. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu dari penawaran ini, 

Cara install software gratis ini juga mudah. Untuk sistem operasi Linux membutuhkan Python versi 2.6, 2.7 atau 3.2+ yang biasanya sudah ada. Sedangkan untuk Windows tidak mempersyaratkan melainkan Microsoft Visual C++ 2010 Service Pack 1 Redistributable Package (x86)

Adapun daftar situs berbagi video yang didukung yaitu: Dailymotion, Flickr, Instagram, TikTok, Twitter, Vimeo, YouTube, Facebook dan masih banyak lagi. Jadi, meskipun namanya "youtube dl" bukan berarti mengkhususkan untuk situs web Youtube.

Cara Download Video dari Facebook dengan Baris Perintah Youtube-dl


Cara Install Youtube-dl Mode Grafis di Linux

Untuk membuktikan klaim di atas saya ingin mencoba download video selain dari youtube. Namun sebelumnya mari kita sama-sama install programnya terlebih dahulu. Berikut ini cara install program youtube-dl di sistem operasi Linux Mint 20.2 Cinnamon. 

1. Buka Software Manager dan ketik youtube-dl.

2. Klik Youtube-gui lalu klik Install.

3. Klik Launch untuk membuka program.

4. Berikut ini tampilan user interface program Youtube-dl pada bagian tab "Audio".

5. Sedangkan format video yang didukung bisa dilihat di tab "Video".


Cara Install Youtube-dl Mode Text di Linux

Selanjutnya, selain bisa dipasang dengan mode grafis. Program youtube-dl ini juga tersedia versi command-line. Berikut ini tahapan yang perlu dilakukan untuk memasang software youtube-dl melalui Terminal.

1. Buka Terminal dan ketik perintah:

2. Jika komputer Linux belum mempunyai "curl" untuk download bisa diganti dengan "wget".

3. Kemudian beri hak akses untuk masing-masing user dan tempatkan di direktori /usr/local/bin/.

4. Cara lain untuk install youtube-dl bisa juga dengan perintah: 

5. Atau bisa juga dengan sintaks sebagai berikut:


Cara Download Video dari Facebook dengan Youtube-dl

Sekarang kita masuk tahap pembuktian:"Apakah youtube-dl bisa digunakan untuk selain youtube?" Berikut ini akan kita contohkan cara download video di facebook dengan program youtube-dl. Sebagai contoh yang akan kita gunakan yaitu youtube-dl versi baris perintah.

1. Install program youtube-dl jika belum terpasang di Terminal.

2. Ketik y atau Y kemudian tekan enter jika ada pertanyaan:"Do you want to continue?"

3. Mulai download video dari facebook yang sedang ditonton dengan perintah di bawah ini: (Silahkan ganti "link video yang bisa copas dari kolom url address di browser" dengan link video yang sedang ditonton).

4. Salah satu contoh penerapannya adalah sebagai berikut:

Terlihat di sana, cara download video dari facebook yang kita praktekan sudah berhasil. Video yang sudah diunduh bisa dicari di direktori home komputer Linux Anda. Untuk pembuktian selanjutnya silahkan lanjutkan sendiri cara menyimpan video dari facebook menggunakan cara kedua (yaitu versi GUI).

Sekian belajar komputer otodidak kita hari ini tentang cara mendownload video dari facebook dengan aplikasi youtube-dl.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar