Mengatasi MariaDB Tidak Bisa Buat Database Via phpMyAdmin

Praktik selanjutnya saya ingin membuat database baru dengan phpMyAdmin. Proses pembuatan database melalui browser ini sengaja saya pilih. Saya pikir tahapan paling mudah belajar web server saat membuat database adalah melalui browser. Jadi kita tidak diharuskan menghafal perintah layaknya membuat database di MariaDB langsung melalui terminal.

Adapun software database yang digunakan pada praktik ini menggunakan MariaDB. Sebuah fork dari MySQL yang source code awalnya dibuat oleh orang yang sama. Mudah-mudahan pemilihan software ini tidak jadi masalah yang berarti. Terutama bagi pemula yang belajar komputer secara mandiri. Karena kita tidak langsung bersentuhan dengan perintah MariaDB. Namun mengelola database tersebut melalui mode grafis di phpMyAdmin. 

Singkat cerita, pada saat login dengan username baru yang sudah dibuat pada saat mengatasi error (HY000/1698): Access denied for user 'root"@localhost kemarin. Ternyata hanya bisa login namun tidak bisa membuat database. Seperti inilah tampilan erorr MariaDB yang tidak bisa buat database melalui phpMyAdmin.

Mengatasi phpMyAdmin Tidak Bisa Buat Database


Cara Memeriksa Privilege (Hak Istimewa) pada Akun MariaDB

Salah satu pengelolaan database di MariaDB adalah manajemen user beserta hak apa saja yang diberikan. Nanti kita akan periksa hak istimewa untuk user "yusufphp" yang kemarin dibuat. Dengan kata lain, apakah user baru ini bisa bertindak layaknya "root"? Namun dengan nama user yang tidak termasuk pengetahuan orang lain secara umum. 

Sebelum membuktikan hal tersebut ada baiknya melihat hak apa saja yang dimiliki user. Berikut ini cara memeriksa privilege selengkapnya dilengkapi dengan contoh gambar di MariaDB.

1. Buka terminal dan ketik perintah: sudo mysql -u root kemudian tekan enter.

2. Jika user root sudah diberi password gunakan: sudo mysql -u root -p.

3. Periksa user yang aktif dengan perintah: SELECT user FROM mysql.user;

4. Periksa hak user user: yusufphp dengan perintah: SHOW GRANTS FOR 'yusufphp'@localhost;

5. Bandingkan dengan hak yang dimiliki oleh root. Caranya ketik perintah: SHOW GRANTS FOR CURRENT_USER; dan tekan enter.

6. Untuk melihat hak istimewa user root bisa juga dengan perintah: SHOW GRANTS FOR 'root'@localhost;

Lihat! User yang kemarin dibuat hanya memiliki hak menggunakan saja; yaitu USAGE. Jika kita terjemahkan secara bahasa kita; Grant itu artinya menganugerahkan, "usage on" itu artinya "hak menggunakan untuk". Jadi, user "yusufphp" pada contoh ini tentu tidak bisa membuat database dikarenakan tidak memiliki hak akses untuk hal tersebut.

Dengan kata lain, "USAGE" itu kata lain dari "NO PRIVILEGE". Karena pada dasarnya, user tersebut tidak mempunyai hak istimewa (privilege) yang nyata sama sekali. Lebih lanjut silahkan buka buku manual online yang menjelaskan tentang hal ini di MariaDB

Dengan paparan di atas, tulisan ini juga sekaligus ralat dan catatan tambahan pada artikel sebelumnya ketika menjelaskan cara membuat super user baru di MariaDB sehingga tidak bisa login melalui phpMyAdmin.

Mengatasi MariaDB Tidak Bisa Buat Database Via phpMyAdmin

Setelah mengetahui penyebab masalah yang terjadi pada akun "yusufphp". Dimana diketahui melalui analisa di atas tidak mempunyai hak istimewa. Maka, cara mengatasi user MariaDB yang bisa login melalui phpMyAdmin akan tetapi tidak bisa membuat database adalah sebagai berikut:

1. Buka terminal, ketik perintah: sudo mysql -u root -p dan tekan enter.

2. Ketik perintah: SHOW GRANTS FOR 'root'@localhost; dan tekan enter untuk memeriksa hak istimewa yang ada pada akun "root".

3. Ketik perintah: GRANT ALL PRIVILEGES ON *.* TO 'yusufphp'@localhost IDENTIFIED BY '12345'; dan tekan enter untuk memberikan hak istimewa sebagai super user kepada akun baru. Silahkan sesuaikan username (yusufphp) dan password (12345) sesuai selera masing-masing.

4. Ketik perintah: SHOW GRANTS FOR 'yusufphp'@localhost; untuk melihat perubahan yang terjadi. Kemudian bandingkan dengan hak istimewa yang dimiliki oleh user "root" sebagaimana terlihat pada gambar nomor 3 tapi dengan perintah nomor 2 di atas.

5. Buka browser, ketik alamat: http://localhost/phpmyadmin di kolom url address browser kesayangan.

6. Masukan username dan password dan klik Go.

7. User baru sudah diizinkan untuk melakukan pembuatan database melalui phpMyAdmin.

Akhirnya, selesai juga masalah tentang user baru yang belum bisa membuat database. Demikian pengalaman kali ini masih tentang belajar web server secara otodidak. Software yang digunakan yaitu: MariaDB 10.3.32, phpMyAdmin 4.9.5, Apache 2.4.41 dan PHP 7.4.3 yang diinstall di OS Linux Mint 20.2 Cinnamon.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar