Cara Menggunakan Ctrl+Alt+Del dan 'Task Manager' di Linux

Bagi pengguna Windows pasti paham dengan fungsi Ctrl + Alt + Del. Cara cepat untuk restart komputer itu ditemukan oleh IBM sekitar tahun 1980. Penemu kombinasi tombol itu seorang programmer bernama David Bradley. Dia merupakan salah satu insinyur yang bekerja di IBM (International Business Machines Corporation)

Diketahui, David Bradley bergabung dengan IBM sejak tahun 1975. Kemudian, September 1980 menjadi insinyur ke-12 dari 12 yang terpilih untuk bekerja di Acorn. Tim yang erat dibawa pergi ke kantor pusat IBM di New York.

Menurutnya, tombol yang dipilih sengaja berjauhan karena sepertinya tidak mungkin ketiganya ditekan secara tidak sengaja pada saat bersamaan. Untuk itulah dia menciptakan fungsi tersebut yang awalnya digunakan untuk memudahkan kerja tim di IBM.

Namun, sejak kehadiran sistem operasi Windows dari Microsoft yang terkadang ngadat/ngehang. Akhirnya, penggunaan jalan pintas dengan kombinasi tombol tersebut menjadi konsumsi end user. 

Tidak berlebihan jika Bradley berkata:"Saya mungkin telah menciptakannya tetapi saya pikir Bill Gates yang membuatnya terkenal". Pernyataan di atas tersebut sebagaimana dikutip dari mentalfloss.com


Adakah Task Manager Via Ctrl+Alt+Del di Linux?

Lalu bagaimana dengan pengguna sistem operasi dengan logo burung pinguin? Barangkali ada yang bertanya seputar task manager linux? Berikut ini kita akan berbagi cerita sedikit tentang hal itu. Awalnya saya mendapati aplikasi pemutar video yang sedikit bermasalah. 

Aplikasi yang saya gunakan yaitu VLC player untuk Linux. Masalahnya terjadi pada saat memasukan daftar video yang lumayan banyak. Sepertinya terkait dengan kapasitas kartu memori yang digunakan komputer. Kebetulan ram ddr yang ada di komputer ini memang sangat pas-pasan.

Kemungkinan, jika kartu memori yang terpasang memiliki spesifikasi yang mumpuni. Sepertinya error VLC Player seperti ini tidak akan terjadi. Sebagaimana terlihat pada tangkapan layar di bawah ini. VLC Player tidak bisa memutar video di layar. Sedangkan icon aplikasi VLC Player terlihat di pojok kanan bawah dengan warna orange. 

Setelah mencoba task manager linux dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del. Fungsi yang terpanggil hanya menampilkan pilihan switch user, log out dan cancel. Terus dimana letak pengaturan Task Manager seperti biasa terlihat pada OS Windows?

Cara Menggunakan Ctrl+Alt+Del dan 'Task Manager' di Linux


Cara Menutup Aplikasi Melalui 'Task Manager" di Linux 

Bagi anda yang sedang mengalami 'masalah' yang sama dengan task manager linux. Sebetulnya, kerusakan bukan terjadi pada sistem operasi yang digunakan. Berikut ini cara menutup aplikasi di Linux melalui 'system monitor'. Silahkan perhatikan kemiripan tampilan 'system monitor' dengan task manager di Windows. Pada contoh kali ini saya menggunakan OS Linux Mint 20.2 Cinnamon.

1. Klik Menu > Administration > System Monitor

2. Pada tab "Processes" cari aplikasi yang bermasalah kemudian klik kanan dan klik 'Kill" untuk menghentikan aplikasi.

3. Klik "Kill process".

4. Jalankan lagi aplikasi yang tadi bermasalah.

5. Sekarang aplikasi sudah berjalan normal kembali.


Kesimpulan

Sistem operasi Linux mempunyai fungsi task manager linux versi sendiri. Begitu juga dengan sesama sistem operasi Linux dari beragam distribusi yang beredar. Sekian belajar komputer kita hari ini meskipun dengan cara otodidak.

Semoga bermanfaat.


Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar