Cara Pasang Widget FP Facebook di Blogger

Facebook merupakan platform media sosial yang banyak digemari di Indonesia. Di dalamnya banyak terdapat grup komunitas dan fanspage yang mewadahi hobi netizen yang memang beragam. Tidak heran jika jejaring periklanan tumbuh berkembang dengan pesat. 

Selain itu, media ini bisa juga dijadikan sumber pendapatan sampingan bagi sebagian orang.

Caranya ada yang secara langsung berinteraksi dengan pengguna lain. Misalnya dengan menawarkan sebuah produk yang ingin dijual melalui grup atau linimasa sendiri. Ada juga yang menggunakan iklan yang biasa dikenal dengan fb ads. Saya dengar ada rekan yang pernah bekerja di sebuah perusahaan gas yang sama (wkatu itu) konon (sekarang) berhasil dengan iklan berbayar ini.

Tapi tentu saja caranya tidak semudah membalikan telapak tangan. Karena ada banyak pengorbanan yang sebelumnya pernah dia lakukan. Dari mulai kursus internet marketing hingga berani mencoba menjual produk kesehatan namun melalui pasar luar negeri.

Dan sebetulnya tidak hanya harus dengan menjual sebuah produk. Facebook juga menyediakan cara lain untuk mendapatkan uang. Salah satunya adalah monetisasi konten blog melalui fanspage facebook. Cara ini biasa dikenal dengan istilah Facebook Instan Article.

Hanya saja pada saat saya mencobanya masih belum lolos. Mungkin karena pengunjungnya belum banyak. Berbeda dengan situs berita politik, cara mendapatkan cuan atau tema yang sama namun sudah kawakan. Di sisi lain, fanspage ini tetap harus ada meskipun tujuannya bukan monetisasi. Karena dengan media tersebut blog kita akan eksis di dunia facebook. 

Untuk itu tidak ada salahnya menautkan fanspage ini dengan blog yang terkait. Karena siapa tahu ada yang menjelajah melalui mesin telusur. Kemudian menemukan blog Anda dan ingin selalu terhubung melalui akun Facebook mereka.  


Cara Pasang Widget FP Facebook di Blogger

Untuk memasang widget fanspage facebook di blogspot sangat mudah. Syarat pertama tentunya harus sudah mempunyai laman fanspage di Facebook. Adapun cara membuat fanspage di Facebook kali ini kita tidak bahas. Saya asumsikan semuanya sudah mempunyai laman fanspage di Facebook. Setelah itu tinggal lakukan langkah-langkah berikut untuk memasang widget fanspage Facebook di Blogger.

1. Kunjungi link https://developers.facebook.com/docs/plugins/page-plugin.

2. Isikan data yang dibutuhkan pada kolom yang tersedia.

Cara Pasang Widget FP Facebook di Blogger

3. Klik "Get Code" atau "Dapatkan Kode".

4. Kode akan ditampilkan terdiri atas dua buah.

5. Untuk kode pertama tempatkan setelah kode <body> pada template Anda.

6. Sedangkan kode kedua tempatkan pada area yang diinginkan melalui Tata Letak > Tambahkan Gadget > HTML/Javascript. 

7. Kemudian klik Simpan.


Penutup

Adapun bagi Anda yang menggunakan template EvoMagz versi dibawah 6.3.0 karya Mas Sugeng silahkan tempatkan kode kedua setelah baris kode berikut ini ya:

Dan bagi Anda yang tertarik ingin menggunakan template EvoMagz silahkan beli dengan menekan tombol berikut ini.

Demikian tutorial kali ini tentang cara pasang widget fanspage facebook di Blogger. 

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar