Cara Memunculkan Widget Blog Posts di Layout Blogger

Mempelajari cara membuat template blogger sendiri semakin menemui titik terang. Kecenderungan saat ini lebih ke design web dengan menggunakan Bootstrap. Alasannya karena terlihat lebih cepat membuahkan hasil terutama berkaitan dengan User Interface.

Kelebihan lainnya karena Bootstrap bisa digabungkan dengan Blogger. Meskipun kemampuan Bootstrap tidak diragukan lagi bisa bikin dashboard tersendiri. Sehingga, untuk urusan dashboard kita bisa menggunakan Blogger. Namun untuk tampilan antarmuka menggunakan sebagian besar elemen dari Bootstrap.

Apakah metode seperti ini bisa dilakukan? Tentu saja namun bukan berarti tidak ada halangannya. Misalnya ketika membuat postingan melalui dashboard pertama kali. Apakah kemudian postingan tersebut langsung muncul?

Jika para senior yang mencobanya mungkin sesuatu yang gampang. Adapun pengalaman pribadi mengatakan:"Tidak, sama sekali". Hal ini karena memang ada sedikit kesalahan kode. Kesalahan ini meskipun terlihat sedikit namun ternyata hasilnya mencengangkan. 

Untuk itu, bagi teman-teman pemula yang sering menggunakan kode copas. Silahkan simak artikel kali ini tentang cara memunculkan gadget/widget blog post di Tata Letak Blogger. Tutorial ini semoga menjadi catatan termasuk kode-kode terkait yang pernah saya share. 

Cara Memunculkan Widget Blog Posts di Layout Blogger


Cara Memunculkan Widget Blog Posts di Tata Letak Blogger

Sebelumnya saya sempet menempatkan kode <p>hello world</p> diantara tag <article>dan</article>. atau sebelum kode <b:section class='main' id='main' maxwidget='1' showaddelement='yes'>. Saat itu terlihatlah tulisan "hello world" di layar browser. Ini menunjukan fungsi tersebut berhasil namun cara kerjanya harus melalui template blogger.

Akan tetapi pada saat posting artikel melalui dashboard Blogger koq tidak tampil? Masa sih nulis artikel buat blog harus melalui template? Ini pasti ada caranya cuma saya belum tahu aja. Hmm...... bener-bener oncom! Sampai akhirnya di suatu hari saya tahu juga nih. 

Nah, barangkali ada teman-teman sedang belajar membuat template blogger sendiri. Permasalahan dasar ini tapi tidak bisa dilupakan begitu saja. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara memunculkan widget atau gadget "Blog Posts" yang ada di Tata Letak Blogger.

1. Login ke Dashboard Blogger.

2. Klik "Tema" > Klik tanda panah kecil di sebelah "SESUAIKAN" > Klik "Edit HTML".

3. Perhatikan pada baris kode:"<b:section class='main' id='main' maxwidgets='1' showaddelement='yes'>"

4. Jika kode diatas adalah kode yang Anda copas maka disana ada sedikit koreksi. Karena yang menyebabkan posting artikel dari beranda/dashboard Blogger salah satunya ada di sana.

5. Solusinya silahkan hapus huruf "s" dari kode "maxwidgets" sehingga menjadi "maxwidget". Kode panjangnya menjadi:""<b:section class='main' id='main' maxwidget='1' showaddelement='yes'>"

6. Atau hapus semua kata "maxwidgets"nya sehingga menjadi:""<b:section class='main' id='main'  showaddelement='yes'>"

7. Setelah itu simpan template blogger Anda.

8. Posting artikel sudah bisa dilakukan melalui dashboard Blogger.


Kesimpulan

Keberhasilan di atas memantik keinginan untuk membuat template blogger sendiri semakin semangat. Meskipun pada contoh di atas belum sempet menyertakan keseluruhan kode template blogger. Mudah-mudahan teman-teman semua bisa mengambil kesimpulan terbaik. Ini disebabkan sedikitnya waktu saya akhir-akhir ini. Iya, meskipun terlihat pengangguran tapi gakpapa kan sesekali terlihat sibuk....hehe. Oia, ditambah lagi sedang tidak semangat untuk berenyah-enyoh nih....wkwk.

Mudah-mudahan tidak lucu.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar