Cara Mendapatkan Komisi dari Afiliasi Tokopedia

Salah satu jenis kerja online yang tidak membutuhkan modal banyak adalah afiliasi marketing. Sebuah usaha yang mendapatkan komisi jika berhasil mempromosikan sebuah produk. Adapun bentuk promosinya bisa dilakukan melalui media sosial maupun website.

Sehingga, ini merupakan peluang bagus bagi mereka yang aktif d facebook, instagram atau media sosial lainnya. Karena cuma dengan membagikan tautan saja kita memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan pasif yang menjanjikan.

Coba renungkan! Sudah berapa tahun menggunakan media sosial? Keuntungan apa yang didapat selama menggunakan media sosial. Sepertinya patut dipertimbangkan jika selama ini tidak menghasilkan apa pun. Sayang kan melewatkan kesempatan baik di masa setelah pandemi ini. 

Dan kabar baiknya, Tokopedia juga membuka kesempatan bagi mereka yang tertarik bisnis afiliasi. Apakah Anda termasuk golongan yang tertarik kerja online? Yuk simak bahasan kali ini tentang cara mendapatkan komisi dengan Afiliasi Tokopedia.

cara daftar tokopedia affiliate program


Apa itu Afiliasi Tokopedia

Affiliate Tokopedia adalah sebuah program untuk mempromosikan produk milik penjual. Caranya dengan membagikan link yang di generate melalui Tokopedia. Kemudian bagikan tautan tadi melalui channel sosial media yang dimiliki. 

Apabila terjual akan memperoleh komisi hingga sebesar 10% dengan batas sebagai berikut:

- 10% untuk kategori Makanan & Minuman.

- 8% untuk kategori Kecantikan, Fashion, dan Rumah Tangga.

- 5% untuk kategori Kesehatan, Ibu & Bayi.

- 3% untuk kategori Olahraga dan Hobi.

- 1 % untuk kategori Handphone, Tablet, Otomotif, dan Elektronik.

- 2% untuk kategori lainya diluar kategori yang telah disebutkan di atas.

Ketentuan lainnya menyebutkan bahwa nilai komisi maksimal Rp 50.000 untuk setiap kategori per penjualan. Dan Tokopedia dapat mengubah persentase & nominal komisi sewaktu-waktu tanpa  pemberitahuan sebelumnya.

Selain komisi yang didapat apabila tautan yang dibagikan berhasil terjual. Ada lagi komisi yang berhak diperoleh yang menurut istilah Tokopedia disebut dengan komisi kunjungan. 

Kunjungan adalah sejumlah nominal tertentu yang yang telah ditentukan oleh Tokopedia untuk periode tertentu dalam layanan Tokopedia Affiliate dan dibayarkan kepada Affiliate Partner atas setiap Kunjungan Terverifikasi.

Berikut ini syarat dan ketentuan untuk mendapatkan komisi kunjungan dari program Afiliasi Tokopedia.

- Komisi Kunjungan yang didapat oleh Affiliate Partner untuk 1 (satu) Kunjungan Terverifikasi adalah Rp 50,- (lima puluh rupiah). 

- Komisi Kunjungan akan diberikan setelah proses verifikasi oleh Tokopedia maksimal 2x24 jam.

- Tokopedia memberikan batasan Komisi Kunjungan sebesar Rp25.000 (dua puluh lima ribu Rupiah) per-hari bagi Affiliate Partner.

- Tokopedia dapat mengubah persentase & nominal untuk komisi dan batasan komisi kunjungan sewaktu-waktu.  

- Selengkapnya bisa dibaca langsung di laman syarat dan ketentuan afiliasi Tokopedia.


Cara Mendapatkan Komisi dari Afiliate Tokopedia

Langkah awal untuk mendapatkan komisi melalui program afiliasi dari Tokopedia sangat mudah. Terutama bagi mereka yang aktif dalam dunia maya. Karena selain proses pendaftaran menjadi afiliate partner ini gratis. Syarat minimum follower atau subscriber kita juga tidak ditentukan.

Seolah-olah langkah awal kita dimudahkan sedemikian rupa. Tidak menutup kemungkinan nanti diikuti langkah berikutnya yang juga mudah. Tinggal bulatkan tekad bekerja maksimal dengan cara share link produk yang diperoleh melalui program afiliasi.

Sehingga, cara untuk mendapatkan komisi melalui program afiliate ini sederhana. Karena hanya dengan beberapa langkah semua orang bisa melakukannya. Iya, mendaftar kemudian menyalin link produk setelah itu sebarkan di media sosial. Bagi teman-teman yang tertarik, baca dulu sampai selesai ya.


Cara Daftar Afiliasi Tokopedia

Untuk mendaftar program afiliasi Tokopedia sangat disarankan menggunakan aplikasi pada ponsel. Dan berikut ini cara daftar afiliate tokopedia selengkapnya disertai dengan screenshot.

1. Buka aplikasi Tokopedia pada ponsel Anda.

2. Pilih "Lihat Semua".

Cara Daftar Afiliasi Tokopedia

2. Pilih "Tokopedia Afiliate".

3. Pilih "Daftar Sekarang".

4. Isi alamat media sosial yang Anda gunakan seperti Instagram, TikTok dan Youtube. Jika ada yang belum tersedia silahkan pilih "Tambah Sosial Media"

5. Pilih media sosial yang digunakan oleh Anda. Dan ceklis "Lainnya" untuk menambahkan media sosial selain yang tersebut di atas. Pada poin ini saya sarankan untuk memilih semuanya. Untuk itu siapkan terlebih dahulu semua akun media sosial yang dibutuhkan, seperti: Facebook, Instagram, TikTok, Youtube, Website meskipun gratisan dan media sosial lainnya.

6. Masukan alamat media sosial yang Anda gunakan; contohnya: https://facebook.com/nama-saya. Namun pada contoh di bawah ini misalnya menggunakan website.

7. Ceklis untuk menunjukan persetujuan terhadap syarat dan ketentuan kemudian pilih "Daftar".

8. Proses pendaftaran Afiliate Tokopedia selesai ditandai dengan ucapan selamat bergabung.


Cara Share Link Afiliate Tokopedia

Langkah selanjutnya setelah berhasil daftar afiliate tokopedia adalah mengambil tautan yang sudah di generate oleh tokopedia. Berikut ini tutorial selengkapnya cara share link afiliate tokopedia.

1. Buka aplikasi Tokopedia.

2. Pilih tab "Menu" pada bagian pojok kanan atas untuk masuk ke menu utama.

2. Pilih "Afiliate".

3. Pilih "Promosikan".

4. Pilih produk yang ingin diambil link afiliasinya pada bagian "Pernah dibeli" atau "Terakhir dilihat". Pada contoh di bawah ini misalnya mau ngambil produk yang baru saja dilihat. Silahkan pilih "Promosikan" pada produk yang diinginkan.

5. Setelah itu silahkan pilih "Salin Link" sesuai media sosial yang dimiliki.

6. Jika berhasil menyalin tautan afiliasi produk nanti ada notifikasi seperti screenshot di bawah ini.

7. Link afiliasi produk siap ditempatkan di media sosial masing-masing

8. Lakukan langkah yang sama untuk menambah produk yang ingin di share melalui afiliate.

9. Daftar link produk yang kita kumpulkan sesuai link afiliasi masing-masing bisa dilihat di sini.

10. Jika ingin melakukan perubahan silahkan pilih produk yang ingin diedit.


Kesimpulan

Sebelum mempraktekan tutorial di atas ada satu hal penting yang ingin saya sampaikan. Hal ini berkaitan erat dengan apa yang dialami secara langsung. Saat itu, saya berencana untuk memasukan alamat URL media sosial semuanya. Dan entah mengapa saya berpikir coba satu dulu dengan website sedangkan url media sosial lainnya nanti saja.

Makanya pada tutorial di atas hanya tercantum sebuah website. Sedangkan alamat url facebook, youtube, instagram dll kosong. Dalam hal ini yang tercatat afiliate partner hanya satu url dari media sosial yang saya miliki.

Hal inilah yang kemudian saya anggap kekurangan sistem dari afiliate tokopedia. Mengapa? Karena setelah tercatat sebagai afiliate partner kita tidak bisa menambah url media sosial lainnya yang kita miliki. Namun setelah menghubungi layanan teknis dijelaskan jika tautan tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya.....dst. Entahlah, yang jelas mudah-mudahan ini menjadi masukan dari saya.

Dan bagi yang tertarik mencoba afiliate tokopedia silahkan masukan seluruh alamat url media sosial yang dimiliki sekaligus agar tercatat semuanya sebagai afiliate partner. Sekian pengalaman hari ini tentang cara mendapatkan komisi dari Afiliate Tokopedia.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar