Cara Merubah Blogspot Menjadi Domain Sendiri di IDCloudhost

Ceritanya saya mendapatkan nama domain gratis .my.id selama 1 tahun dari IDCloudhost. Sebuah domain yang cocok digunakan untuk website portofolio. Konon, domain my.id juga bisa digunakan untuk blog pribadi. Lantas saya berfikir apakah saya harus menggunakan domain tersebut? 

Dalam tempo yang bisa dibilang tidak gercep (gerak cepat). Domain tersebut tergeletak beberapa lama tidak diapa-apain. Hingga datang masanya sebuah keinginan untuk membuat tutorial blogspot. Saya pikir tutorial ini tidak ada salahnya diketahui oleh pemula dengan lebih jelas.

Terutama bagi mereka yang memiliki kecenderungan pada platform Blogger. Kemudian ada keinginan untuk mempunyai nama domain sendiri. Karena dengan Blogger kita bisa meletakan gambar dan postingan dengan gratis seolah-olah memiliki sewa hosting beneran. 

Ditambah lagi kemampuan custom domain yang bisa menautkan nama domain sendiri dengan subdomain dari Blogger. Sehingga kita dengan mudah bisa memiliki nama domain sendiri meskipun posting artikel seperti biasa melalui dashboard milik Blogger.

Nah, teman-teman tertarik untuk mencoba merubah .blogspot menjadi domain sendiri? Jika masih belum yakin bisa coba tuh domain .my.id. Nama domain ini dibanderol dengan harga murah dalam satu tahun. Bahkan beberapa penyedia nama domain bisa gratis dengan syarat pembelian domain tertentu.


Cara Setting Blogger Custom Domain Melalui Client Area

Saat artikel ini ditulis harga nama domain my.id di IDCloudhost hanya Rp. 10.000,- per tahun. Baik untuk register, renewal maupun transfer. Cukup murah bukan? Lebih murah daripada 1 mangkok mie ayam bukan? Padahal harga ini berlaku selama 1 tahun penuh.

Untuk itu, bagi pemula yang berminat memiliki nama website pribadi. Domain .my.id layak dicoba untuk menambah pengetahuan. Terutama di bidang desain web tentang bagaimana cara beli nama domain. Kemudian menautkannya ke domain sendiri dengan cara blogger custom domain.

Selengkapnya, begini cara setting blogger custom domain di IDCloudhost. Sebagai catatan tambahan: Tutorial ini bisa diterapkan pada domain lainnya seperti .com, .net, .id dan lain-lain. Meskipun contoh pada tutorial ini menggunakan domain .my.id versi gratis. 

Begitu juga client area yang disebutkan pada judul artikel. Tutorial di bawah ini sesuaikan saja jika  membeli nama domain selain dari IDCloudhost. Langsung saja, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini agar halaman .blogspot berubah menjadi domain sendiri.

1. Kunjungi client area Idcloudhost.

2. Masukan username dan password.

3. Klik Domains > My Domains, nanti akan terlihat ada nama domain yang Anda baru saja beli. Bagi yang belum memilikinya silahkan beli nama domain sendiri dulu ya.

4. Klik icon 3 titik paling kanan yang searah dengan nama domain yang akan disetting. Kemudian pilih "Manage Nameservers".

5. Pastikan menggunakan Nameservers default seperti tampilan di bawah ini. 

6. Kembali ke langkah no. 3 tapi pilih DNS Management dan bukan My Domains.

7. Klik "Edit Zone" yang ditandai berupa icon pena seperti diperlihatkan pada gambar. Lihat pointer yang ditunjukan mouse saya pada screenshot di bawah.

8. Kemudian tinggalkan dulu pengaturan di IDCloudhost. Sekarang buka tab baru jika menggunakan browser yang sama. Pada contoh saya menggunakan dua browser yang berbeda untuk login ke Blogger.

9. Login ke blogger, masukan username dan password jika belum masuk ke dalam salah satu layanan Google.

10. Pilih nama blog yang ingin disetting.

11. Pilih "Setelan" kemudian klik "Domain custom".

12. Masukan nama domain yang baru dibeli dari IDCloudhost dengan didahului dengan "www" dan "." kemudian klik "Simpan". Catat poin penting yang terlihat pada notifikasi dan jangan diclose/cancel.

13. Ingat! Saat mengetikan nama domain yang baru dibeli harus disertai dengan www. Jika tidak akan terjadi peringatan error seperti berikut:

14. Kembali ke tab sebelumnya yang sudah login melalui client area di IDCloudhost dan klik Add Record untuk menambahkan record baru

15.  Akan tampil kotak dialog sebagai berikut, silahkan pilih "CNAME" pada kolom "Type".

16. Kemudian isikan data-data di bawah ini sesuai pesan error yang ditampilkan pada blogger di atas (lihat langkah pada nomor 12).  Yakni, masukan "www" pada kolom "Name" dan "ghts.google.com" di "RDATA". Jika sudah selesai silahkan klik "Add Record". 

17. Nanti ada notifikasi seperti terlihat di bawah ini meskipun kotak dialog Add Record tidak hilang dan juga tidak berubah seolah-olah tidak terjadi sesuatu apapun. Karena jika terlihat notifikasi " A new record has been successfully added to the zone" berarti sudah berhasil menambah record baru.

18. Kemudian masukan data record baru untuk kedua kalinya yang diambil dari data yang terlihat pada notifikasi blogspot (lihat langkah nomor 12). Untuk kolom "Name" dan "RDATA" diambil dari data blogspot Anda masing-masing dan klik "Add record" sampai ada notifikasi kembali.

19. Oh iya, sebelumnya saya sudah menambahkan record untuk IP Address milik Blogger sebanyak 4  kali dengan nilai RDATA yang berbeda seperti terlihat di atas. Caranya buat record baru dengan "Name" isi dengan "@" ,"Type" pilih dengan "A" dan "RDATA" dengan "216.239.32.21"

20. Data yang kedua dengan "RDATA" diisi dengan "216.239.34.21" kemudian klik "Add Record".

21. Data yang ketiga dengan nilai "RDATA" diisi "216.239.36.21" kemudian klik "Add Record".

22. Dan data yang terakhir diisi dengan "216.239.38.21" kemudian klik "Add Record".

23. Kemudian scroll ke bawah dan klik "Save changes" untuk menyimpan perubahan.

24. Setelah terisi semua sekarang kembali pada bilah yang menampilkan Blogger (lihat langkah no. 12). Pada kotak dialog yang menampilkan error dengan tulisan merah silahkan klik Save.

25. Klik "Alihkan domain".

26. Aktifkan juga "Ketersediaan HTTPS".

27. Selesai, sekarang blog pribadi Anda yang tadinya ada embel-embel blogspotnya sudah hilang. Karena subdomain .blogspot kita sudah dialihkan dengan menggunakan nama domain milik sendiri. 


Penutup

Blogger merupakan platform blogging populer yang memberikan URL default yang terdiri dari nama blog Anda diikuti dengan ".blogspot.com" bagi siapapun yang membuat blog di sana. Contohnya, jika nama blog Anda adalah "sebardi", maka URL defaultnya akan menjadi "sebardi.blogspot.com".

Sedangkan Blogger Custom Domain adalah sebuah fitur yang memungkinkan bagi Anda agar dapat mengganti URL default tersebut dengan menggunakan domain kustom yang Anda miliki. Contohnya, jika Anda memiliki domain "domain-saya.com", maka Anda dapat menghubungkannya dengan Blogger sehingga alamat blog Anda menjadi "domain-saya.com" tanpa ".blogspot.com" di akhirnya.

Sekian artikel kali ini tentang cara merubah blogspot menjadi domain sendiri.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar