Belajar Membuat Logo USB Merk Reang dengan Inkscape

Di blog dulu yang masih campur aduk, ini edisi perdana saya memanfaatkan program Inkscape. Saat itu lagi suka belajar membuat logo, dan flashdisk atau USB ini jadi inspirasi saya. Sedangkan merk flashdisknya, itu terinspirasi dari keakuan seorang anak muda; yah.... ya gak muda-muda amat sih 😆. Dan konon, anak muda tersebut adalah salah satu keturunan dari ras manusia yang ada di tanah Jawa. 😎


Sayangnya, nyari tutorial grafis dengan menggunakan Inkscape tidak seabreg tutorial aplikasi lain yang sejenis tapi banyak penggunanya yang make bajakan. Makanya, orang-orang lebih familiar dengan Adobe Illustrator atau CorelDRAW.

Mudah-mudahan artikel ini menambah koleksi di dunia maya walaupun bukan dari ahlinya, terutama tutorial grafis Inkscape yang berbahasa Indonesia.

Jadi, langsung saja yuk, kita mulai belajar bareng membuat gambar USB atau flashdisk dengan menggunakan program Inkscape. Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka program Inkscape, lalu klik icon kotak/persegi pada area toolbox sebelah kiri atau tekan tombol F4 pada keyboard untuk mengaktifkan tool: create rectangles and squares. Lalu buatlah sebuah kotak persegi seperti ditunjukan pada gambar. Caranya, klik, drag dan lepas. Adapun warna akan mengikuti default (bawaan). Jika ingin mengganti warna tersebut. Silahkan pilih warna yang tersedia di panel warna yang terletak di bagian bawah, lalu klik kanan dan pilih set fill untuk mewarnai isi dan set stroke untuk mewarnai garis pinggir.


2. Klik tool: edit paths by nodes pada area toolbox sebelah kiri atau tekan tombol F2 pada keyboard. Pastikan obyek dalam kondisi terpilih. Hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Bisa dilihat, gambar kotak persegi tadi kini mempunyai tiga titik bantu dipinggirnya. Titik-titik tersebut disebut node, dua diantaranya berbentuk kotak sedangkan yang paling kanan atas berbentuk bulat.

Jika tidak sama dengan gambar dibawah ini atau titik-titik node tersebut tidak timbul, silahkan ulangi. Caranya, klik terlebih dahulu obyek persegi tersebut, kemudian tekan tombol F2 atau klik tool untuk mengedit path lewat node (edit paths by nodes) yang letaknya persis dibawah tool Select and Transform Object yang bertanda icon tanda panah tersebut.


3. Klik pada titik node yang berbentuk bulat di kanan atas dan jangan dilepaskan dulu, lalu tarik kebawah sesuai keinginan, baru kemudian dilepas. Hasilnya bisa dibandingkan dengan gambar dibawah:


4. Gandakan obyek ini, kemudian sedikit perkecil ukurannya, dan tempatkan seperti pada gambar. Untuk warna pinggir silahkan pilih sendiri dengan cara klik kanan warna yang diinginkan, kemudian pilih set stroke.


5. Paste sekali lagi jika obyek yang tadi digandakan tersebut masih berada dalam clipboard. Jika sudah hilang dari ingatan clipboard, bisa diulang dengan cara klik obyek tadi, kemudian tekan tombol Ctrl+C disusul dengan menekan tombol Ctrl+V (atau lewat icon-icon yang tersedia, Insya Allah, penggunaan icon copy dan paste di hampir semua aplikasi komputer sudah familiar). Kemudian susutkan ukurannya dan tempatkan posisinya dengan memainkan mouse Anda sesuai dengan yang diharapkan.


6. Klik icon kotak/persegi pada area toolbox sebelah kiri atau tekan tombol F4 pada keyboard untuk mengaktifkan tool: create rectangles and squares. Buatlah sebuah kotak persegi seperti pada langkah yang pertama. Setelah klik-drag-lepas, disini mungkin hasilnya berbeda dengan langkah yang pertama. Dimana pada langkah pertama hasil yang didapat berupa kotak adapun kali ini tidak demikian. Untuk mengembalikan kebentuk awal klik icon Make corners sharp seperti ditunjukan pada gambar.


Setelah itu beri warna sesuai keinginan, dan tempatkan posisinya sedemikian rupa. Lihat gambar.


7. Buat kotak kecil sebagai penghias lubang pada USB. Kemudian, warnai obyek tersebut dan tempatkan pada posisi yang relevan. Setelah itu gandakan dan tempatkan di sebelahnya.


8. Klik tool yang berupa huruf A pada area toolbox di sebelah kiri atau tekan tombol F8 pada keyboard. Setelah diklik pada area kerja, silahkan tulis USB atau yang semisalnya.


9. Tekan F1 pada keyboard atau klik tool Seleksi yang berupa tanda panah pada area toolbox sebelah kiri. Kemudian klik icon tanda panah yang berputar 90 derajat berlawanan arah jarum jam sebagaimana diperlihatkan pada gambar.

10. Sekarang sudah mendekati selesai. Untuk selanjutnya itu tinggal merapihkan saja. Bisa dengan menambahkan tulisan lain seperti merk dan kapasitas. Atau merubah jenis huruf, ukuran dan tata letak. Berikut kurang lebih tampilan akhirnya:



Silahkan bandingkan hasil akhir Anda dengan file *.svg Saya disini. Apabila ada yang kurang bisa diperbaiki sama masternya, siapa tahu terdampar di blog ini. Atau jika ada catatan koreksi, silahkan sampaikan lewat komentar. Maklum Saya mah pemula. Tutorial ini dalam rangka belajar, belajar dan belajar.

Semoga bermanfaat.
Baca Juga