Belajar Membuat Logo Griya An-Noer dengan Inkscape

Ini adalah modifikasi tulisan lama saya sewaktu masih jadi pedagang. Sengaja saya kumpulkan disini biar sinkron dengan tema. Kali ini belajar menggunakan software Inkscape untuk membuat logo. Logo yang jadi inspirasi belajar kali ini adalah logo Griya An-Nur. Bagi para pemerhati herbal, pasti tau beberapa produk herbal seperti: madu gemuk badan, madu subur pria dan lain-lain.

Oleh karena dulunya profesi saya sebagai pedagang kecil-kecilan inilah. Suatu ketika Saya melihat desain logo yang tertera pada salah satu produknya. Kemudian timbul keinginan untuk belajar membuat logo tersebut walaupun gak mirip. Mohon maklum saja, namanya juga pedagang dan bukan seorang ahli komputer dalam bidang  desain grafis. Sehingga sangat wajar kalau hasilnya tidak sama, nulis An-Nur pun salah jadi An-Noer, pun begitu dengan logo mataharinya.

Pada saat belajar membuat logo-logoan ini, program Inkscape yang Saya gunakan yaitu Inkscape versi 0.91 dengan sistem operasi Ubuntu 16.04 LTS "Xenial Xerus". Sehingga jika ada beberapa langkah yang tidak sama hasilnya, screnshoot tampilannya maupun shortcut via keyboardnya, mohon dimaklumi, karena bisa jadi beda versi.

Berikut ini langkah-langkahnya, tentunya setelah program Inkscape terbuka dilayar komputer Anda.
1. Klik Star and Polygon Tool pada area Toolbox sebelah kiri atau tekan * pada keyboard.
2. Tentukan besarnya propertis objek. Corners=8, Spoke ratio=0,781, Rounded=0, Randomized=0, atau sesuai selera. Adapun contoh dimari, bisa dilihat sebagaimana dalam gambar dibawah ini:


3. Buat sebuah objek dengan cara klik+drag pada area kerja. Jangan lupa, beri warna stroke dan fill sesuai selera dengan cara klik kanan pada salah satu warna yang ada dibagian bawah. Lalu klik Set fill agar warna yang dipilih jadi warna isi atau klik Set stroke agar warna yang dipilih jadi warna garis pinggirnya.


4. Klik Text tool pada area toolbox disamping kiri. Atau tekan F8 pada keyboard. Lalu klik pada area kerja, dan ketikan sebuah nama, misalnya: Griya. Kemudian, ulangi lagi langkah yang sama, tetapi tulis dengan kata lainnya, misalnya: An-Noer. Dua buah objek tadi silahkan susun penempatannya sesuai selera.


5. Klik tool Rectangles yang berupa gambar kotak pada area toolbox di samping kiri atau tekan F4 pada keyboard. Buat sebuah kotak dengan cara klik+drag pada area kerja. Jangan lupa, beri warna fill dan stroke sesuai selera.

6. Pada posisi objek masih terseleksi yang ditandai adanya gambar panah dua arah berwarna hitam yang mengitari objek. Silahkan pilih menu Path yang terletak pada menu dibagian atas, lalu klik Object to Path untuk mengubah objek tadi menjadi path. Cara yang sama bisa dilakukan dengan menekan tombol Shift+Ctrl+C pada keyboard secara bersamaan.


7. Masih pada posisi objek terseleksi yang sudah berubah jadi path walaupun secara penampakan gambar masih tetap berupa persegi panjang ijo tadi. Klik tool Edit Path by nodes yang terletak pada area toolbox, persis dibawahnya tool yang berbentuk tanda panah. Atau bisa juga dengan menekan tombol F2 pada keyboard.

8. Sekarang klik salah satu node yang berada di sebelah kanan bawah, trus tekan delete pada keyboard untuk menghapus node tadi. Diketahui, node-node yang ada pada path gambar persegi tadi berjumlah sebanyak 4 buah node. Penampakan setelah langkah ke-8 ini kurang lebih tampilannya seperti berikut:



9. Selanjutnya, silahkan berkreasi untuk mengubah tampilan persegi panjang ijo tadi sesuai bentuk yang diharapkan dengan menggunakan opsi tool yang tersedia pada bagian atas area kerja, dibawah menu dan toolbar. Hasil yang Saya dapat kira-kira seperti begini:


10. Kemudian buat logo mataharinya. Caranya, klik Star and Polygon Tool pada area Toolbox sebelah kiri atau tekan * pada keyboard. Isikan pada bagian opsinya, Corners: 46 atau lebih, Spoke ratio: 0,148, dan Rounded: -0,010. Terus, klik dan drag pada area kerja sehingga tampak sebuah objek semisal begini:


11. Buat sebuah objek persegi yang digunakan untuk memotong objek dibawahnya berupa gambar matahari tersebut agar tersisa setengahnya. Cara membuat objek persegi silahkan lihat kembali langkah 5. Kemudian, atur posisi objek persegi tersebut agar menimpa obyek gambar matahari sebanyak setengahnya.

12. Seleksi kedua objek tersebut, baik objek gambar matahari maupun objek gambar persegi. Cara seleksinya tentu sesuai kebiasaan masing-masing kita. Sebagai contoh klik tool Select yang berada dibagian toolbox area yang iconnya berupa tanda panah itu. Atau tekan F1 pada keyboard. Kemudian klik objek mataharinya, dilanjutkan dengan menekan Shift+klik objek berikutnya yang berupa gambar persegi.

13. Kemudian, untuk menghasilkan gambar matahari yang terpotong setengahnya, klik Path lalu klik Difference. Atau jika menggunakan shortcut, tekan tombol Ctrl + -.


14. Langkah terakhir, silahkan atur posisi serapih mungkin atau sesuai selera. Hasil yang Saya dapatkan kurang lebih seperti ini:


Berikut ini saya sertakan link download file SVGnya: http://bit.ly/29zyK99 atau https://goo.gl/oScWqd

Semoga bermanfaat.
Baca Juga