Mengatasi User Table not Found Accurate 5 Enterprise

Pada saat login dengan username dan password yang biasa digunakan untuk bekerja di komputer client dengan program Accurate5 Enterprise tapi koq muncul error? Keterangan errornya begini, seperti terlihat di gambar bawah ini:"User Table not found", login ke program Accurate pun gak bisa, padahal username dan password dipastikan sudah benar.

Gambar: Eror pada program Accurate; User Table Not Found
Pengalaman ini saya dapati di komputer client dengan menggunakan sistem operasi Windows. Jika ini masalah yang sedang dihadapi, coba masuk ke service dan jalankan service Accuratenya. Caranya:
1. Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan
2. Ketik services.msc dan tekan Enter
3, Pada bagian ACCURATE5 Lisence Service, klik kanan dan jalankan restart. Atau bisa juga dengan mengklik kanan, pilih properties, pada tab General klik stop lalu klik lagi start. Pastikan startup typenya automatic.

Gambar: Service yang berjalan di Windows 10

Kalau masih bermasalah, coba uninstall bersih program Accuratenya. Bagi yang belum tau, silahkan klik Menu > Settings > Apps > Klik Accurate > Pilih Uninstall. selanjutnya tinggal tekan tombol Next dan seterusnya hingga Finish.

Kemudian download Accurate dengan versi terbaru di CPSSOFT. Jangan lupa sesuaikan jenis Accurate dengan sistem operasinya. Setelah terdownload, instal program tersebut di komputer Anda.

Bagi yang belum tau cara instal Accurate, berikut ini cara install Accurate5 Enterprise di komputer client.
1. Double klik installer yang baru saja diunduh, kemudian klik Yes


2. Klik tombol Next

3. Klik setuju dengan memilih radio button disertai teks: I accept the terms in the End-User Lisense Agreement

4. Pada pemberitahuan folder instalasi sesuai default klik Next

5. Pada poin ini pilih Accurate sesuai peruntukannya, apakah server atau client

6. Pada artikel kali ini yang ingin diinstal adalah komputer client, maka pastikan yang diceklis adalah opsi client


7. Tampilan dibawah ini adalah review, silahkan dicek ulang, kalau ada yang keliru bisa kembali ke langkah-langkah sebelumnya agar bisa dirubah. Jika yakin sudah benar tinggal kita klik tombol Next.


8. Proses penginstalan sedang berjalan


9. Klik Finish untuk mengakhiri


10. Program Accurate sudah bisa dijalankan tapi belum terhubung ke server Accurate


11. Untuk menghubungkan dengan Accurate Lisence Manager, klik Help > Register


12. Kemudian pilih deteksi secara otomatis lalu klik Simpan


13. Jika menggunakan cara manual, silahkan masukan CSID dan IP address servernya.


Demikian trouble kali ini, semoga ada manfaatnya.
Baca Juga