Logo Cantik Distro Open Source GNU/Linux

Indonesia saat ini masih terdampak wabah corona dengan New Normal dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sesuai wilayahnya masing-masing. Kira-kira apa aktifitas Anda hari ini? Saya sendiri masih "ndekem" and "ndekem" again gaes. Ndekem ini istilah bahasa Indramayu buat hewan yang sedang duduk seolah-olah "anggrem". Anggrem ini bahasa Jawa Dermayu juga yang artinya mengerami telur hingga menetas.

Ujung-ujungnya main-main ke dumay lagi, kali ini browsing di google dan marketplace nyari kaos murah dengan logo cantik seputar dunia komputer. 

Ternyata tidak semua ada padahal logo opensource banyak yang cakep. Bagi para produsen kaos distro barangkali tulisan ini bisa jadi inspirasi. Siapa tau nanti kaosnya saya beli.

Berikut ini logo-logo cantik distro opensource versi admin yang ngepas nempel sama baju, selimut, sprei, keset dll biar tampil beda.

1. Ubuntu [Kombinasi]

Ini logo Ubuntu [Kombinasi antar desktop environment] - Unofficial. Logo resmi Ubuntu dengan GNOME, KDE, LXDE atau XFCE sebagai desktop environmentnya, nanti bisa dilihat di urutan selanjutnya atau artikel saya yang lain.

2. GNOME
 
Source: wikipedia

GNOME adalah desktop environment yang cukup populer dan menjadi default atau bawaan distro-distro Linux. Konon lebih ringan daripada KDE tapi masih lebih berat dari XFCE, LXDE dan Enlightment. 

Sampai saat ini, GNOME belum memutuskan untuk menciptakan distro OS Linux versi tersendiri layaknya project KDE. Walaupun bukan distro, tapi logo cakepnya itu gak rela kalo dilewatin begitu saja.

Logo tersebut ada versi vertikal dan horizontal. Untuk versi EPS dan SVG bisa di download di gnome.org.

3. KDE


Source: kde.org

KDE singkatan dari K Desktop Environtment. Ini juga semisal dengan GNOME; sama-sama desktop evironment dan bukan distro sistem operasi Linux. Bedanya, KDE awalnya dulu dari desktop environtment dan sekarang udah bikin distro sistem operasi Linux sendiri: KDE neon namanya. Untuk KDE neon lain lagi logonya, bukan logo di atas. Dan menurut versi admin, logo desktop environment KDE di atas lebih cakep daripada logo distro OS Linuxnya KDE.

4. OpenSUSE


Source: wikimedia

Logo SUSE Linux versi komunitas ini terdiri atas 3 (tiga) warna: hijau, abu-abu dan putih. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi opensuse.org. Menurut admin, yang paling cantik logo warna hijau.

5. Mandriva

Source: wikipedia

Mandriva dulu namanya Mandrake, dia bukan saudaranya Mandra; Si Doel Anak Sekolahan. Dia berubah nama menjadi Mandriva setelah Mandrake gabung sama Conectiva. Sayang, Mandriva sekarang sudah mati. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun, Saya gak sempet layat gaes. Yang kangen distro ini mungkin bisa terobati si Mageia dan OpenMandriva

6. Android


Source: android.com

Salah satu distro Linux paling populer terutama versi mobile adalah robot hijau ini walapun banyak penggunanya yang tidak merasa sedang menggunakan Linux. 

Logo baru Android ada perubahan baik bentuk robot maupun warna. Begitu juga jenis huruf yang membentuk kata Android yang tidak saya sertakan dalam artikel ini. 

Dua gambar diatas menunjukan perbedaan yang lumayan mencolok. Akan tetapi versi Sebardi menganggap dua-duanya tetep cakep. Dan gambar yang paling bawah adalah logo terbaru pada saat artikel ini dirilis.

Oia, logo Android diatas adalah logo Android versi mobile. Sedangkan untuk versi PC, yaitu: android-x86, saya belum telusuri lebih jauh. Tapi kemungkinan sama ya?

7. Red Hat


Source: redhat.com

Red Hat Linux adalah distro pertama yang menggunakan sistem RPM Package Manager yang kemudian diikuti distro lain. Sayangnya, proyek Red Hat Linux (RHL) tidak dilanjutkan dan digantikan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) untuk perusahaan. 

Yang tertarik "rasa" Red Hat Linux bisa mencicipi distro Fedora yang disponsori oleh perusahaan Red Hat, Inc. Tentang hubungan mereka berdua; Fedora dan Red Hat, bisa diintip disini.

8. Arco Linux

Arco Linux sebelumnya dikenal dengan nama ArchMerge, distro Linux turunan dari Arch Linux. Makanya logo Arco dan Arch Linux agak mirip dikit. Pada saat artikel ini ditulis, Arco Linux peringkat ke 16 di situs distrowatch. Hampir menyusul Arch Linux yang berada pada peringkat ke-14.

9. Debian

Source: wikipedia

Debian adalah salah satu distro tertua yang diperkenalkan Ian Murdock. Saya lihat sepintas lalu logo di atas seperti lorong waktu yang ingin membawa angan-angan untuk kembali pada masa tertentu. Pas dilihat dari sejarahnya ternyata penamaan Debian itu gabungan nama yang diambil dari 2 orang; Ian [Murdock] dan mantan kekasihnya, yaitu Deb[ra Lynn]. Berarti Debian itu distro untuk mengenang sang mantan ya? 

10. Arch Linux

Arch Linux adalah distro yang dikembangkan secara independen yang terinspirasi dari CRUX; salah satu distro minimalis juga. Pada saat artikel ini diposting Arch Linux berada pada peringkat 14 di situs distrowatch.

11. CentOS
Source: wikimedia

Di salah satu perusahaan yang pernah saya kunjungi, CentOS ini digunakan sebagai server Odoo. Tidak heran kalau ada yang bilang:"CentOS adalah sistem operasi stabil kelas perusahaan yang kompatible dengan Red Hat Enterprise Linux (RHEL)".

12. Linuxmint 

Source: wikipedia

Selain openSUSE, logo hijau yang bikin adem itu Linuxmint. Temen saya ada yang mulai migrasi ke Linux itu setelah lihat tampilan OS yang satu ini.

13. BackTrack


Sama dengan Mandrake yang pernah berganti nama, BackTrack pun kini ganti nama menjadi Kali Linux sejak 2013.


Source: distrowatch

Distro ini semisal dengan Parrot patut dicoba buat yang suka hack atau sekedar menguji keamanan sistem. Dan untuk logo di atas saya belum nemu dengan pixel yang bagus.

14. Knoppix


Source: wikipedia

Knoppix ini distro mungil yang pernah saya coba. File ISO yang di-burn kedalam CD masih menyisakan ruang sisa yang banyak.

15. Ubuntu

Source: ubuntu.com

Logo distro ini bermacam-macam tergantung desktop environtmentnya masing-masing. Logo diatas adalah Ubuntu dengan desktop environtment default; biasanya GNOME dan pernah juga Unity.


Source: wikimedia

Logo diatas adalah distro Kubuntu, yaitu Ubuntu dengan desktop environtmentnya KDE, tapi yang KDE Plasma. Ini Kubuntu versi sekarang pada saat artikel ini dirilis. Sebelumnya, Kubuntu menggunakan KDE logonya seperti ini:


Source: wikipedia

Selain logo-logo diatas, distro Linux yang digawangi perusahaan Canonical Ltd ini juga punya Ubuntu MATE, Ubuntu Studio, Ubuntu Kylin, Edubuntu, Xubuntu, Lubuntu dan lain-lain yang mungkin saja lebih bagus menurut anda.

Begitu pun dengan distro selain Ubuntu. Barangkali di sana ada logo bagus dari distro Linux yang tidak masuk list, mohon dimaklumi. Penomoran diatas pun bukan menunjukan peringkat.

Salam opensource. 






Baca Juga