Aplikasi Padanan Pengganti Microsoft Office untuk Semua

Secara fakta, aplikasi perkantoran yang paling banyak digunakan user untuk saat ini adalah Microsoft Office

Kisaran harga selengkapnya silahkan cek langsung di Microsoft Store atau Vendor IT langganan Anda.

Office suite ini tersedia untuk rumahan maupun bisnis. Paket terdiri dari program pengolah kata, spreadsheet, presentasi, database dan lain-lain. Program tersebut dikenal dengan; Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Powerpoint dan Ms. Access.

Aplikasi Padanan Pengganti Microsoft Office untuk Semua

Fakta lainnya, tidak semua pengguna komputer itu orang jujur. Makanya tidak sedikit yang menggunakan produk bajakan. Padahal ada alternatif penggunaan dengan software office gratis. Anehnya, bahkan itu terjadi pada sebuah institusi pendidikan negeri "yang ada namanya" sekalipun. 

Dan ada juga yang jujur tapi tidak mengerti apa itu lisensi? Contohnya meminjam CD + key asli punya kantor sedangkan lisensi sudah digunakan seluruhnya. Kemudian si dia menginstall pada laptop pribadinya. Dan dia menyangka softwarenya bukan bajakan. Padahal program tersebut hakekatnya sama saja dengan bajakan alias ilegal.

Aplikasi Office Free Terbaik

Bagi pengguna Linux; wawasan seputar ini terbuka lebar. Jika ingin tetap menggunakan Microsoft Office pada komputer Linux, mereka bisa memanfaatkan program emulator.

Adapun sebaliknya, tidak menggunakan Microsoft Office bukan berarti tidak bisa mendapatkan aplikasi serupa di dunia mereka. Bahkan diperoleh dengan gratis pun bukan sebuah kemustahilan.

Berikut ini beberapa aplikasi office terbaik pada Linux yang bisa juga dipasang pada komputer Windows tanpa merogoh kocek Anda sepeser pun. Mudah-mudahan salah satunya ada yang cocok menjadi pengganti microsoft office komputer Anda.

1. Open Office

Open Office punya sejarah yang panjang. Secara ringkas, asalnya adalah Star Office, software proprietary yang dikembangkan Star Division. Star Division ini kemudian diakuisi oleh Sun Microsystems. 

Lalu Sun Microsystems mengumumkan kode sumber Star Office. Dan Sun Microsystems membuat project baru dengan nama OpenOffice.org (OOo). 

Babak selanjutnya Sun Microsystems kemudian diakuisisi oleh Oracle Corporation. Oracle melanjutkan pengembangan Open Office dengan nama Oracle OpenOffice. 

Beberapa jurus kemudian Oracle menghentikan pengembangan OpenOffice. Oracle mendonasikan kode sumber dan merk OpenOffice dibawah naungan The Apache Software Foundation.

Pada akhirnya sampai artikel ini ditulis, OpenOffice sekarang adalah Apache OpenOffice.

Apache OpenOffice tidak berbeda jauh dengan OpenOffice sebelumnya yang tetap free. Untuk meyakinkan free pada situs resmi OpenOffice di bawah icon download tertulis: Dowload Apache OpenOffice for free. Lalu dengan cetak tebal dan dalam tanda kurung tertulis kalimat lanjutannya: really, no lisence fee.

Mungkin sebagai penjelasan singkat untuk publik terutama pengguna Windows yang bertanya-tanya: "Kenapa download langsung dari Microsoft Store koq ada harganya?"

Apache OpenOffice dengan harga $2.49 atau sekitar Rp. 33.000 diakses langsung dari Microsoft Store terakhir dicek pada tanggal 13 September 2020. 

Harga OppenOffice dalam rupiah jika diakses melalui Microsoft Store. 

Berikut ini tampilan screenshoot program OpenOffice yang diambil dari openoffice.org.

Writer; Sepadan dengan Microsoft Word

Calc; Sepadan dengan Microsoft Excel

Impress; Sepadan dengan Microsoft Powerpoint

Base; Sepadan dengan Microsoft Access

Anda tertarik? Untuk mengunduh software office gratis ini silahkan langsung kunjungi via browser kesayangan di openoffice.org; gratis, tanpa biaya lisensi, cuma butuh modal kuota.

2. Libre Office

LibreOffice adalah project penerus dari OpenOffice.org yang dikenal secara umum sebagai OpenOffice. Hal itu dilakukan oleh The Document Foundation ketika Oracle memutuskan untuk tidak melanjutkan pengembangan project OpenOffice. 

LibreOffice ini bisa dibilang turunannya OpenOffice. Dan turunannya OpenOffice tidak sendiri walaupun beda-beda lisensi. Selain Libre, ada juga OpenOffice for Mac (yang tidak free yaitu) NeoOffice dan IBM Lotus Symphony yang pernah free namun kemudian tidak berkembang.

Berikut ini tampilan screenshoot software office gratis dari LibreOffice:

Writer; Program pengolah kata dari LibreOffice

Impress; Program presentasi dari LibreOffice

Calc; Program spreadsheet dari LibreOffice

Base; Program database dari LibreOffice

Sama seperti OpenOffice, program ini free yang bisa berjalan pada sistem operasi Linux, MacOS dan Windows. Selain program-program tersebut di atas juga dilengkapi dengan Draw; aplikasi untuk gambar vektor, flowchart dan diagram dan Math; aplikasi untuk penulisan rumus-rumus. Untuk mengunduhnya silahkan kunjungi libreoffice.org. Siapa tahu cocok jadi pengganti Microsoft Office.

3. Free Office 

FreeOffice adalah office suite versi gratis SoftMaker Office yang berbayar. Program ini bisa berjalan di Linux, Macintosh dan Windows. Gratis di sini tentunya gratis baik personal maupun komersial.

Untuk interface program pengolah kata FreeOffice ini ada beberapa bervariasi. Pada saat artikel ini ditulis disediakan 5 (lima) jenis. Padahal sebelumnya hanya classic dan ribbon saja. 

Berikut screenshoot aplikasi perkantoran yang digawangi oleh SoftMaker ini:

TextMaker; Aplikasi pengolah kata yang sepadan dengan Ms. Word

PlanMaker; Aplikasi spreadsheet yang sepadan dengan Ms. Excel

Presentation; Aplikasi presentasi yang sepadan dengan Ms. Powerpoint

Dan untuk penggunaan pada versi mobile, terutama yang berbasis Android, tampilan FreeOffice sangat menawan. Sewaktu menggunakan Asus Zenfone saya menggunakan aplikasi ini.

Gambar tangkapan layar FreeOffice pada HP Android.

Untuk mengenal lebih jauh software office gratis ini silahkan kunjungi situs freeoffice.com.

4. Calligra Suite

Calligra Suite adalah paket aplikasi perkantoran gratis yang dikembangkan oleh KDE. Sebelumnya dikenal dengan sebutan KOffice. 

KDE sendiri adalah salah satu desktop environment yang banyak dipakai oleh distro-distro Linux selain GNOME.

Logo KOffice 

Logo Calligra

Berikut ini screenshoot dari Calligra Suite.

Aplikasi pengolah kata Calligra Words

Aplikasi lembatang sebar (lembar lajur): Calligra Sheets

Aplikasi presentasi Calligra Stage

Aplikasi database: Kexi

Selain aplikasi di atas, Callibra Suite juga dilengkapi dengan Karbon; aplikasi gambar vektor, Plan; aplikasi manajemen project dan Gemini. 

Calligra Suite ini bisa dijalankan untuk Linux, FreeBSD, Windows dan MacOS. Yang jadi catatan khusus untuk pengguna Windows dan MacOS, office suite ini bisa diinstal tapi dengan dukungan yang terbatas/kadaluarsa/tidak lengkap.

Jadi, begitulah kondisi akhir sampai artikel ini ditulis. Dan untuk perkembangan di masa yang akan datang kita belum tahu. Selanjutnya jika tertarik untuk download software office gratis ini silahkan kunjungi situs calligra.org

Aplikasi Free Office Suite Lainya

Selain 4 office suite free pilihan di atas, disebut-sebut juga WPS Office yang sebelumnya dikenal dengan Kingsoft Office. Pengembang perangkat lunak ini berasal dari Tiongkok. 

Program ini multi platform juga, bisa dijalankan pada sistem operasi Windows, Linux, Macintosh, iOS dan Android.

Sayangnya yang versi gratis itu untuk perorangan. Untuk kepentingan bisnis tidak gratis. Malahan ada yang bilang kalau versi gratis ini perlu print out  jika masa pemakaian lebih dari 30 hari akan ada tanda watermark pada hasil lembaran cetaknya.

Adapun WPS Office berbayar, sebagai perbandingan dengan office berbayar lainnya, pada saat artikel ini ditulis harganya yang WPS Office Premium itu $29,99/tahun trial 7 hari untuk new user.

Source: wikipedia

Ada juga yang menyebut-nyebut Gnome Office sebagai office suite. Padahal aplikasinya terpisah-pisah, bukan satu paket. Misalnya:

Glom aplikasi database ada di glom.org
Gnumeric aplikasi spreadsheet gnumeric.org

Dan kabar terbaru sekarang sampai artikel ini ditulis, khusunya untuk pengguna Mac dan Windows, untuk aplikasi Abiword tetap gratis akan tetapi sudah tidak lagi support dengan sistem operasi versi terbaru. Lihat sumbernya di sini

Berikut tampilan screenshoot Abiword pada komputer Windows lama.


Source wikipedia

Dan ini tampilan Abiword versi 3.0.1 di komputer Ubuntu Xenial Xerus 

Dan khusus untuk pengguna Linux, FreeBSD dan MacOS ada juga Siag Office yang jadi perbincangan. Programnya sangat ringan, distro-distro Linux minimalis seperti Damn Small Linux menggunakan aplikasi ini.

Gambar: Pathetic Writer. Situs resmi silahkan kunjungi siag.nu

Dari beberapa pilihan di atas saya merekomendasikan software office gratis terbaik adalah: LibreOffice, OpenOffice dan FreeOffice. Untuk pengguna non-Windows barangkali Calibra juga termasuk didalamnya. Ini kalau boleh merekomendasikan sebagaimana saya menggunakannya pada komputer milik pribadi.

Karena pada laptop pemberian boss untuk urusan kerjaan. Saya sendiri masih menggunakan Office365 produk dari Microsoft. Jangan salah, ini juga office suite versi "gratis". Gratisnya tanda kutip untuk orang-orang tertentu saja. Alias dibayarin oleh perusahaan sebagai inventaris untuk karyawannya.

Saya share ini agar ikut andil dalam perubahan karena tidak menutup kemungkinan seiring perkembangan kesadaran yang semakin baik. Nanti akan berdampak pada perubahan penggunaan aplikasi officenya masing-masing di masa yang akan datang. 

Kita lihat saja nanti.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar