Cara Membuat Shortcut Shutdown Windows 10 Tanpa Update

Windows 10 tercatat paling banyak update dari versi sekian build sekian sampai versi hari ini build hari gini.

Setelah proses update selesai terkadang ada masalah baru. Seperti program dan aplikasi yang tidak jalan hingga service pencarian mendadak hilang. Ini semua pernah saya alami sendiri.

Tapi, jika kita tidak rutin update terutama komponen security-nya ini celah masalah juga. Dan antivirus tidak cukup untuk menambal kelemahan tersebut.

Masalahnya, di saat waktu yang tidak tepat. Microsoft datang memaksa update sistem detik itu juga sebelum komputer bisa dimatikan.


Mau Shutdown Malah Update Windows

Anda pernah mengalami ini? Windows 10 pada saat mau klik tombol shutdown ada tulisan tambahan seperti gambar di bawah ini: 


Dan pada bagian pojok kanan bawah atau yang biasa disebut system tray terdapat notifikasi pembaruan berupa titik warna kuning yang apabila disorot memunculkan tulisan:"your device need to restart to install updates. Select time to restart".
 

Notifikasi tersebut apabila diklik akan diarahkan ke pengaturan Windows Update seperti tampilan di bawah ini:


Dengan kata lain, komputer harus update terlebih dahulu baru setelah itu bisa dilakukan proses shutdown. 

Mungkin kalau waktunya lagi senggang hal ini tidak menjadi masalah. Namun bagaimana jadinya jika waktu sudah mepet, diburu-buru client, kondisi baterai lemah dan jaringan internet lemot? 

Untuk itu komputer harus dikondisikan agar bisa proses update lain kali aja. Tapi bagaimana caranya?

Cara Shutdown Windows Tanpa Update 

Berikut ini cara membuat shortcut shutdown Windows 10 tanpa update step by step disertai gambar screenshoot. Sehingga memudahkan pemula yang belajar komputer dari nol secara otodidak sekalipun.
1. Klik kanan pada area bebas desktop untuk memunculkan menu opsi, kemudian sorot New, kemudian klik Shortcut

 
2. Klik Browse

3. Klik This PC


4. Kemudian klik drive Local Disk (C:), klik folder Windows, klik folder System32

5. Cari file SlideToShutdown.exe seperti terlihat pada gambar di bawah ini, kemudian klik OK


Inget ya file SlideToShutdown.exe bukan shutdown.exe seperti gambar di bawah ini:


6. Pastikan pathnya adalah: C:\Windows\System32\SlideToShutDown.exe, kemudian klik tombol Next
 

7. Beri nama shortcut tersebut sesuai selera atau biarkan saja kemudian klik Finish
 

8. Jika mau dikasih nama, misal "Shutdown Tanpa Update", kemudian klik Finish, maka akan tampil shortcut baru di layar desktop seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


9. Double klik shortcut tersebut
 

10. Maka layar akan terbagi menjadi dua slide; bagian atas dan bagian bawah. Untuk mematikan komputer tanpa proses update silahkan klik area bagian atas yang ada tulisan: Slide to shut down your PC. Komputer Anda dijamin langsung shutdown dan tidak menghiraukan updatean sama sekali.

Demikian tips untuk hari ini, dan di luar sana mungkin ada tips untuk menon-aktifkan Windows Update. Hanya saja cara ini bukan cara yang bijak karena sistem operasi Windows sangat rentan terhadap serangan virus. Silahkan baca ulasan Sebardi tentang protokol kesehatan penggunaan PC agar aman dari virus.
Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar