Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Melalui cPanel

Dalam artikel ini kita akan belajar bersama membuat email dengan domain sendiri. Artikel ini cocok untuk pemula karena disajikan langkah per langkah dan disertai contoh gambar.

Sebelum membuat email, pertama-tama mari kita memulainya dengan pengenalan dasar terlebih dahulu. Yaitu tentang apa sebenarnya yang dimaksud email dengan domain sendiri.

Apa itu email dengan domain sendiri?

Anda mungkin sudah membuat email versi gratis di gmail outlook dan yahoo yang disediakan oleh perusahaan layanan email seperti Google, Microsoft dan Yahoo.

Dengan email tersebut Anda mempunyai email dengan alamat seperti ini: nama_Anda@gmail.com, nama_Anda@outlook.com atau nama_Anda@yahoo.com.

Alamat email gratis seperti itu sah-sah saja digunakan.

Akan tetapi jika diperuntukan untuk kepentingan bisnis mungkin terlihat kurang profesional. Seharusnya, akan lebih baik jika alamat emailnya seperti ini: nama_Anda@situs_perusahaan_Anda.

Membuat email seperti itu bisa dibuat tidak hanya untuk level perusahaan. Asalkan kantor sudah mempunyai nama domain dan sewa hosting maka layanan email bisa dibuat gratis selamanya. Tentunya selama perusahaan membayar tagihan untuk sewa nama domain dan hosting.

Jadi, tidak ada tambahan tagihan bagi pemilik situs yang menyewa nama domain dan hosting tersebut apabila menggunakan layanan email. Begitu juga sebaliknya, ketika layanan tersebut tidak digunakan maka tidak ada juga potongan harga bagi mereka.

Namun, tidak sedikit pemilik situs yang tidak memanfaatkannya. Padahal perusahaan kecil yang baru berkembang pun bisa memanfaatkan layanan tersebut. Sehingga alamat email terlihat elok menjadi nama_Anda@situs_kantor_Anda.

Untuk itu, mari kita kita lihat bagaimana membuat email menggunakan domain sendiri melalui cPanel, step by step dengan mudah. Mudah-mudahan nanti bisa diterapkan di tempat Anda bekerja.

Selanjutnya, kita masuk bahasan tentang tahapan dalam membuat email.

Cara membuat email dengan domain sendiri

Disini, artikel dibuat dengan asumsi bahwa Anda mempunyai otoritas untuk masuk ke dalam cPanel. Jika belum, silahkan search bagaimana mendaftarkan nama domain untuk perusahaan Anda.

Saya sendiri pernah punya otoritas untuk masuk ke cPanel menggunakan layanan dari jakartawebhosting dan indoglobal. Dan pada artikel kali ini, contoh gambar diambil dari domain pribadi yang menggunakan layanan dari domainesia.

Intinya, untuk tampilan dashboard cPanel meskipun berbeda-beda layanan, pada dasarnya mirip sama. Dan kira-kira seperti itulah tampilannya. Lebih jelasnya, silahkan cermati tahapan membuat email menggunakan cPanel berikut ini beserta contoh gambarnya.

1. Kunjungi alamat cPanel, masukan "username" dan "password" yang diberikan oleh penyedia jasa hosting dan domain yang menjadi langganan Anda, kemudian klik "Login in". 


2. Pada bagian "EMAIL" klik icon "Email Accounts"

3. Pada bagian "Email Accounts" klik "+CREATE"

4. Jika domain lebih dari satu silahkan pilih nama "Domain", lalu masukan "username" dan "password". Alamat email Anda nantinya menjadi "username"@"Domain"

5. Untuk password agar lebih amannya silahkan menggunakan kombinasi karakter, angka, huruf kecil dan kapital kemudian klik GENERATE. Pengalaman pribadi pernah membuat password untuk alamat email sebuah perusahaan meskipun dengan kombinasi karakter, angka, huruf kecil dan kapital tetapi tidak di GENERATE ternyata bisa dijebol sama hacker.

6. Kemudian silahkan atur besaran kapasitas di tempat sewa hosting Anda dengan mengalokasikan berapa megabyte untuk alamat email yang sedang dibuat, lalu klik "+CREATE".

7. Alamat email dengan domain sendiri berhasil dibuat. (Update: Mohon maaf gambar tutorial tersimpan di tempat hosting dan tidak diperpanjang. Jadi ikut hilang, belum sempet di ambil karena kelupaan).

 

Kesimpulan

Membuat email dengan nama domain sendiri cukup mudah kan? Dengan cara ini juga Anda bisa membuat alamat email untuk perusahaan sehingga terlihat profesional.

Sebagai tambahan, email masuk semua karyawan bisa dilihat dari cPanel, tepatnya pada bagian "CHECK EMAIL" (lihat gambar di atas).

Bagian ini tidak bisa diakses untuk semua orang. Oleh karenanya, seting email untuk karyawan dilakukan pada aplikasi email di komputer, tablet dan mobile karyawan masing-masing.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar