Cara Mudah Membuat Blog Pribadi dengan Blogspot

Cara membuat blog pribadi bisa dengan beragam metode. Yang gratis, gratis dulu atau langsung bayar. Dan yang paling keren tapi simple itu cara terakhir, yaitu: beli langsung nama domain dan sewa hosting. 

Tapi itu bukan cara paling murah jika tujuan membuat situs sekedar untuk menulis. Selain itu, mampu membeli nama domain dan sewa hosting bukan berarti semua orang langsung bisa menggunakannya.

Adapun bagi pemula yang belajar komputer secara otodidak saran saya gunakan blog gratisan terlebih dahulu. Sedangkan untuk membeli nama domain dan sewa hosting bisa dianggarkan kemudian. 

Dan salah satu platform blog gratisan yang handal adalah blogspot dari blogger yang sudah lama diakuisisi oleh Google. 

Nanti, embel-embel blogspot pada alamat situs Anda pun bisa dihilangkan. Kustomisasinya dengan cara blogger custom domain. Jadi cukup dengan membeli nama domain, tanpa perlu bayar sewa hosting. Sehingga Anda sudah menghemat dengan menjadikan blogger sebagai tempat hosting yang gratis.

Anda tertarik? Silahkan ikuti langkah-langkahnya di sini.

 

Cara Membuat Blog Pribadi dengan Blogger atau Blogspot

Bagaimana cara membuat blog pribadi melalui situs blogger.com? Pertama-tama Anda harus mempunyai email. Bagi teman-teman yang belum punya, silahkan baca kembali cara membuat email di gmail. Selanjutnya, berikut ini tahapan-tahapannya:

1. Kunjungi situs blogger.com, kemudian klik "Sign in" atau "Create your blog".

2. Masukan email dan klik "Next".

 

3. Masukan password dan klik "Next".

4. Ketikan judul dan klik "Berikutnya".

 

5. Ketikan URL untuk blog Anda, jika ada keterangan tulisan merah berarti alamat tidak bisa digunakan. Silahkan ganti dengan alamat yang belum digunakan orang lain.

 

6. Konfirmasikan nama tampilan blog, kemudian klik "Selesai".

 

7. Blog pribadi dengan alamat gratisan selesai dibuat. Berikut ini tampilan dashboard dari blogger.

8. Dan berkut ini tampilan blog yang bisa dilihat orang lain dengan mengakses alamat blog yang sudah dibuat pada poin yang ke-lima tadi.

Tampilan situs pada contoh di atas masih terlihat dengan template bawaan yang sederhana. Alamat situsnya pun pasti ada embel-embel blogspot seperti ini: sebardi.blogspot.com.

Langkah selanjutnya Anda bisa membeli template berbayar,  menggunakan template gratisan, atau membuat template sendiri agar tampak lebih cantik.
 

Cara Mengganti Template di Blogger

Ganti template adalah cara cepat untuk membuat tampilan blogger lebih menarik. Dengan template itu juga terkadang situs blogspot terlihat seperti wordpress. 

Untuk merubahnya silahkan browsing tutorial di internet dengan kata kunci: cara merubah tampilan blogspot seperti web atau cara mempercantik tampilan blogspot. Di sana ada banyak panduan yang mungkin lebih baik daripada artikel di sini.

Adapun Sebardi saat ini menggunakan template blogger mas sugeng yang sudah dimodifikasi sendiri. Namanya evo magz template yang versi berbayar biar tampilan blogspot semakin menarik.

Untuk mengganti template blogger bawaan dengan salah satu koleksi theme cantik Anda, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Login ke blogger.com

2. Pilih Theme

3. Cuztomize

4. Restore


5. Klik Upload

6. Pilih file theme dengan ekstensi xml kemudian klik open. Contoh di gambar menggunakan theme karya mas sugeng.

Tampilan Blogspot Anda sudah berubah menjadi lebih menarik. Dan blog ini contoh yang udah dimodifikasi ya.


Cara Seting Blogspot dengan Domain Sendiri

Selanjutnya adalah cara seting domain ke blogger. Di sini saya akan menghilangkan blogspot.com menjadi id. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Beli nama domain, silahkan bebas beli dimana, tinggal browsing. Pengalaman sendiri pernah beli di domainesia.com untuk custom blogger dan yang plus sewa hosting dengan wordpress. Pernah juga di indoglobal.com untuk wordpress plus sewa hosting. Dan kali ini saya mencoba layanan blogger custom domain dari idcloudhost.com.

2. Login ke client area

3. Klik Domains > My Domains, nanti akan terlihat ada nama domain yang Anda baru saja dibeli. Pada contoh di bawah adalah sebardi.id, klik icon 3 titik paling kanan

4. Klik Manage Nameservers.

5. Pastikan menggunakan Nameservers default seperti tampilan di bawah ini.

6. Kembali ke langkah no. 3 tapi pilih DNS Management (=bukan My Domains).

7. Klik icon pena.

8. Masuk ke Blogger > Theme > Custom Domain, isi nama domain lalu klik Save.

9. Abaikan jika menampilkan error seperti nampak di bawah ini, tab ini tidak perlu di close:

 

10. Kembali ke tab situs tempat beli nama domain, klik Add Record untuk menambahkan record baru

11. Akan tampil kotak dialog sebagai berikut:

12. Kemudian isikan data-data di bawah ini sesuai pesan error yang ditampilkan pada blogger di atas. Jika sudah selesai silahkan klik Add Record.

13. Setiap kali klik Add Record akan tampak sekilas pemberitahuan seperti terlihat di bawah ini meskipun kotak dialog Add Record tidak hilang

14. Kemudian masukan data record baru untuk kedua kalinya. Untuk kolom "Name" dan "RDATA" diambil dari blog masing-masing, silahkan lihat langkah ke-9.

15. Selanjutnya tambahkan record baru dari Blogspot sebagai berikut sebanyak 4 kali dengan RDATA yang berbeda.

16. Klik Add Record.


17. Klik Add Record.

18. Klik Add Record.

19. Setelah terisi semua sekarang kembali pada bilah yang menampilkan Blogger (lihat langkah no. 9). Pada kotak dialog yang menampilkan error dengan tulisan merah silahkan klik Save.

20. Selesai, sekarang blog pribadi Anda yang tadinya ada embel-embel blogspotnya sudah hilang.

Sekian tutorial cara mudah dan murah membuat blog pribadi dengan menggunakan platform blogger dan nama domain ccTLD. Tutorial ini juga bisa diterapkan untuk nama domain TLD seperti .com, .net, .org dan lain-lain.

Selamat mencoba.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam