Latihan Cara Mengetik 10 Jari dengan TuxType

Cara latihan mengetik 10 jari metode mantan gitaris harus disertai praktek yang cenderung tidak membebani. Praktek tersebut bukan sebuah bentuk beban pekerjaan. Karena istilah itu akan tampak memberatkan bagi sebagian orang. 

Oleh karenanya, dalam metode ini anggap saja ini tahap bermain. Maksudnya, agar otak mendefinisikan sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Tapi jangan salah memahami istilah! Semuanya memang harus berawal dari tangga yang paling dasar. Akan tetapi tanpa harus mengesampingkan sasaran yang ingin dicapai. 

Dan untuk menguatkan langkah dan pijakan itulah artikel ini dibuat. Software yang digunakan kali ini TuxType. Yaitu program yang free dan opensource yang bisa berjalan pada Linux maupun Windows. Program ini bisa menjadi bahan praktek mengetik cepat dengan 10 jari. 


Cara Instal TuxType untuk Latihan Senam Jari di Komputer Ubuntu  

Sebelumnya, bagi pengguna Linux yang belum memasang program TuxType pada komputer. Silahkan terlebih dahulu memasangnya dengan mengikuti tutorial cara instal TuxType berikut ini:

1. Koneksikan komputer dengan modem agar terhubung dengan internet. Bagi pengguna Linux yang tidak mempunyai wifi adapter sehingga merasa kesulitan untuk terhubung via wifi, bisa menggunakan handphone Android Anda sebagai modem

2. Buka Ubuntu Software Center.


 

3. Ketikan pada kolom pencarian:"TuxType".


 

4. Klik "Install" dan masukan password jika diminta kemudian klik "Authenticate"


5. Proses instalasi selesai, klik "Launch" untuk membuka program TuxType.


5. Program TuxType sudah bisa digunakan.


Cara Instal TuxType untuk Latihan Senam Jari di Komputer Windows 10

Untuk pengguna Windows 10, berikut adalah cara memasang aplikasi untuk belajar mengetik 10 jari yang bernama TuxType yang free dan opensource ini

1. Kunjungi link sourceforge.net ini, masukan kata kunci "Tux Typing" dan klik Download Latest Version


 
2. Double klik hasil download tadi, klik Yes jika ada pertanyaan dari wizard User Account Control:"Do you want to allow this app from an unknown publisher to make changes to your device?"

3. Klik Agree


4. Klik Next


5. Klik Install


6. Selesai, software sudah bisa digunakan di komputer Windows 10

Jika teman-teman pelajar otodidak dari nol men-download program TuxType dari situs lain dan dalam bentuk zip. Sebelum masuk langkah kedua, pastikan terlebih dahulu meng-ekstrak file zip hasil download dengan aplikasi 7-Zip atau dengan cara klik kanan, lalu pilih Ekstrak All


Kemudian Klik Extract, pastikan show extracted file when complete tercentang.


Baru kemudian Anda dapat mendouble klik installer Tuxtype tersebut seperti langkah kedua diatas. Dan installer untuk Windows biasanya terletak di dalam folder hasil ekstrak tadi.

Cara Senam Jari Menggunakan TuxType dengan Benar

Sebelum masuk kedalam tahap permainan ada baiknya mengingat kembali teori yang sudah dijelaskan pada tahap perkenalan mengetik 10 jari metode mantan gitaris

Pada perkenalan yang lalu dijelaskan kedudukan jari itu seperti angkot dengan trayek yang sudah ditentukan. Hal ini agar membekas dalam ingatan yang tidak berubah-ubah. Sama halnya dengan angkot nomor sekian ketika ditanya jalur trayeknya lewat kemana?

Sehingga, pada saat jari kelingking kiri bergerak maka otak Anda pasti mendefinisikan jari itulah yang bergerak dan bukan yang lain. Dan karena jari berada pada posisi tengah yang sebarisan dengan huruf F dan J, maka otak pasti mendefinisikan huruf "a" yang seharusnya tertera pada layar.

Dari sini semuanya menjadi mudah apabila konsekuensi pergerakan jari jemari Anda tidak pernah berubah. Bahkan ketika mengetikan huruf A kapital pun tetap dengan jari kelingking kiri yang dibantu dengan jari kelingking kanan dengan menekan tombol Shift (sebelah kanan).

Untuk lebih jelasnya, silahkan klik bagian "Lessons" pada program TuxType. Tekan tombol spasi untuk memulai pelajaran. Lalu tekan tombol p untuk mulai mengetik. Perhatikan huruf yang ditandai dengan warna merah dan jari yang harus bergerak dengan tanda merah juga. Silahkan lakukan latihan tersebut sesuai kaidah-kaidah yang sudah diterangkan.


Cara Modifikasi File Latihan pada TuxType

Selanjutnya, bagi Anda yang suka ngoprek bisa juga dengan menentukan objek latihan sesuai dengan huruf-huruf latihan yang disusun sendiri. Misalnya dengan mencoba melatih kata-kata:"dan dan dan dengan dengan dengan yang yang yang yang" dengan merubah isi file latihan dengan ekstensi xml yang ada di direktori /usr/share/tuxtype/scripts/. Pada komputer Windows berada di drive C:/Program Files (x86)/Tux Type/data/scripts/. Silahkan edit dengan aplikasi teks editor seperti notepad, gedit dll.

Ini contohnya dengan membuat file baru "sebardi_blog" dengan ekstensi xml:

Pada contoh ini admin memasukan kata-kata untuk latihan menjadi sebagai berikut:"ada ada aja dan dia dengan yang ada yusuf sebardi blogspot dot com".

 

Silahkan ganti kata-kata:"ada ada aja dan dia dengan yang ada yusuf sebardi blogspot dot com" sesuai keinginan Anda. Maka hasil akhirnya akan tampak latihan pada program TuxType sebagaimana terlihat pada gambar berikut:

 

Modifikasi lainnya ada pada file "pertarungan" antara burung Penguin dengan ikan-ikan yang siap dimakan. Atau burung Penguin bertarung dengan komet-komet yang menyerang bumi. File tersebut dengan ekstensi txt sehingga mudah untuk dimodifikasi dengan program teks editor bawaan komputer. Bagi pengguna Windows silahkan edit dengan program notepad sedangkan pengguna Linux desktop dengan gedit. 

Cara editnya simple, silahkan copas file yang barada pada path: /usr/share/tuxtype/words/ lalu isikan dengan kata-kata yang diinginkan. Pada komputer Windows berada pada drive C:\Program Files (x86)\Tux Type\data\words. 

Berikut ini contohnya dengan nama-nama kota yang ada di Indonesia. Untuk pemula silahkan buat dengan kata-kata yang mudah terlebih dahulu, misalnya kata sambung dan kata ganti.


Bagi Anda yang perlu melihat lebih detail dengan tampilan video, berikut ini contohnya.


Latihan tersebut dilakukan sambil mendengarkan mp3 atau aktifitas lainnya. Kalau tidak bisa coba sambil ngobrol-ngibril kesana-kemari. Jangan kalah sama 'tukang miludi' yang mulutnya cuap-cuap padahal jari-jemarinya 'ngriwil'. 

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar