Seting Email Thunderbird di Ubuntu 16.04 Xenial Xerus

Era milenial, penggunaan email dalam sebuah perusahaan sudah menjadi keharusan. Terlebih dengan keadaan serba digital seperti hari ini. Dan untuk menunjang hal tersebut tidak sedikit yang mengeluarkan dana cukup besar.

Lalu bagaimana dengan perusahaan kecil yang sedang berkembang? Tenang saja, teknologi itu tidak dikhususkan hanya untuk kalangan tertentu. Mereka tidak perlu melakukan kejahatan kriminal dengan aplikasi bajakan. Karena Thunderbird Mail menjawab kebutuhan mereka. Dan ini salah satu aplikasi yang free diantara sekian banyak program opensource yang beredar.

 

Apa itu Thunderbird Mail?

Thunderbird Mail adalah salah satu aplikasi email client yang biasa kita jumpai pada sistem operasi Linux. Aplikasi alternatif selain Microsoft Outlook ini patut Anda coba karena kemudahannya. Selain itu, aplikasi ini bisa berjalan pada lintas platform secara gratis. Termasuk didalamnya adalah sistem operasi Windows versi apapun yang sedang Anda gunakan saat ini. 


Bagaimana cara seting email di Thunderbird?

Bagi Anda pengguna selain Linux silahkan download installer program ini dengan mengunjungi laman Thunderbird. Setelah itu, install program tersebut pada komputernya masing-masing.

Jika Thunderbird sudah terpasang silahkan ikuti tahapan pengaturan email sesuai konfigurasi yang Anda inginkan seperti ini:

1. Buka aplikasi Thunderbird, pada sistem operasi Windows maupun Linux silahkan ketikan "Thunderbird" pada kolom pencarian. Jika sudah ketemu silahkan klik untuk membuka program tersebut.

 

2. Klik pada bagian menu bar, pilih "Edit", klik "Account Settings"


3. Klik "Account Action" dan klik "Add Mail Account"


 

4. Masukan nama Anda, alamat email dan password lalu klik Continue.


5. Setelah itu pilih mode "IMAP" jika ingin email client sinkron dengan email server sehingga jika Anda menghapus email dari aplikasi email client maka email yang tersimpan di server email akan ikut terhapus juga. Atau "POP3" jika ingin email client Anda mengambil copy-an email dari server email dan menyimpannya dalam sebuah file di komputer Anda. Setelah itu jangan lupa klik "Done"


6. Karena pengalaman yang minim, untuk incoming server baik IMAP maupun POP3 biasanya menggunakan alamat seperti ini: mail.namadomain. Akan tetapi pada saat klik "Done" ternyata kali ini email tidak terhubung. Begitu juga ketika menggunakan opsi "POP3"


7. Setelah klik "Done" hasilnya tertulis:"Unable to log in at server. Probably wrong configuration, username or password". Begitu juga setelah ganti nama username dengan menyertakan alamat email, sehingga menjadi: "nama_Anda@nama_situs_Anda. Ini juga masih "unable" yang berarti email client belum bisa terhubung.


8. Jika Anda mengalami ini silahkan cek konfigurasi mail client pada cPanel atau tanyakan kepada administrator jika Anda tidak mempunyai otoritas untuk masuk kedalam cPanel.

 

9. Kemudian, atur kembali sesuai setingan yang benar berdasarkan keterangan dari cPanel tempat hosting yang digunakan oleh perusahaan Anda.


10. Seting email client pada aplikasi Thunderbird kini berhasil.


11. Berikut ini tampilan perdana dari aplikasi Thunderbird Mail dari Mozilla.


Tampilannya seperti ini; menu yang biasa nampak tidak terlihat.


Kecuali setelah mouse diarahkan kesana seperti terlihat pada gambar.


 

Sekarang, email sudah bisa digunakan untuk menunjang pekerjaan Anda.

 

Sekian, semoga bermanfaat.



Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar