Cara Format Hardisk di CMD Windows 10

Cara Format Hardisk di CMD Windows 10
Cara format hardisk di Windows biasanya klik kanan drivenya lalu pilih format. Namun ada kalanya cara ini tidak mempan seperti yang pernah saya alami. 

Langkah selanjutnya coba format melalui disk management. Cara ini sering digunakan untuk partisi hardisk setelah proses instalasi Windows. 

Bagi teman-teman yang belajar komputer secara otodidak dari nol. Silahkan perhatikan penampakan disk 1 paling bawah.

cara format hdd di cmd windows 10

Disk 1 dengan tanda lingkaran merah paling bawah ini coba format. Jika hasilnya tetap tidak bisa coba alternatif lain. Yakni via cmd bawaan Windows seperti yang akan kita bahas.

 

Apa itu Format Hardisk? 

Sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan format hardisk? Pada dasarnya hardisk bisa digunakan pada semua komputer. Hanya saja, setiap sistem operasi memiliki karakteristik yang berbeda.

Oleh karena itu, agar hardisk bisa terhubung dengan sistem operasi sehingga bisa digunakan. Maka hardisk tersebut harus di-format sesuai dengan sistem file yang tepat.

Contohnya NTFS memungkinkan hardisk digunakan sebagai drive sistem pada komputer Windows. Sedangkan Linux menggunakan EXT4 sebagai salah satu sistem filenya. Dan proses format hardisk dengan sistem file ini lumrah terjadi pada saat instalasi sistem operasi. 

Berbeda kasusnya jika hardisk internal digunakan hanya untuk partisi data dan bukan sistem. Setiap sistem operasi memiliki kemampuannya masing-masing. Misalnya sistem operasi distro Linux kebanyakan bisa membaca drive data partisi FAT, FAT32 dan NTFS, meskipun file sistemnya menggunakan format EXT4. 

Ini mirip dengan keterbacaan sistem operasi terhadap hardisk eksternal. Karena ia sudah diformat oleh pabrik dengan salah satu sistem file tersebut (atau dengan format exFAT). 

Oleh karena itu tidak heran jika flash disk atau hardisk eksternal/portable biasanya langsung terbaca oleh sistem operasi. Ini berbeda dengan hardisk internal; Jika ingin digunakan sebagai partisi data harus di-format dulu.

Lalu bagaimana jika Anda mengalami kasus seperti ini:"Hardisk internal pernah digunakan pada komputer Windows namun tidak bisa di-format". Simak artikel kali ini tentang cara format hardisk di cmd Windows 10


Cara Format Hardisk Lewat DiskPart

Cara format hardisk berikut ini menggunakan command line bawaan Windows. Tool CMD ini sebelumnya dikenal dengan MS. DOS. Caranya dengan mengetikan baris perintah pada layar. 

Dan perintah yang akan kita gunakan adalah diskpart.

Namun sebelumnya perlu diingatkan kembali; Dengan memformat hardisk berarti Anda menghapus seluruh data yang tersimpan. Oleh karena itu pastikan data penting didalamnya diselamatkan terlebih dahulu. 

Selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mem-format hardisk lewat diskpart di Windows 10. 
1. Pasang hardisk internal menggunakan Casing HDD Enclosure dan hubungkan dengan komputer melalui USB. Di bawah ini contoh casing hardisk dari Orico.

2. Buka cmd dengan mengetikan "cmd" pada kolom search dan tekan enter.
3. Ketikan perintah: diskpart dan tekan enter.
4. Ketikan perintah: list disk dan tekan enter.
5. Pilih disk yang akan diformat, pada contoh adalah disk 1, silahkan sesuaikan dengan kasus Anda masing-masing. Caranya cocokan kapasitasnya dengan gambar di awal di disk management. Oleh karena itu, pada contoh ini ketikan perintah: select disk 1 dan tekan enter.
6. Jika ada notifikasi "Disk 1 is now the selected disk" berarti lakukan langkah selanjutnya dengan mengetikan perintah: clean dan tekan enter. Hati-hati, dengan menekan tombol enter maka data yang tersimpan didalamnya akan terhapus, jadi jangan sampai salah pilih. Jika berhasil nanti ada pemberitahuan "DiskPart succeeded in cleaning the disk".
7. Selanjutnya, ketik perintah: create partition primary dan tekan enter. Jika berhasil akan ada notif "DiskPart succeede in creating the specified partition".
8. Selanjutnya ketik perintah: select partition 1 dan tekan enter. Output yang dihasilkan: "Partition 1 is now the selected partition".
9. Ketik perintah: active dan tekan enter. Jika berhasil akan ditandai dengan tulisan:"DiskPart marked the current partition is active".
10. Ketik perintah: format fs=ntfs quick dan tekan enter. Proses format hardisk akan berjalan sampai selesai dengan ditandai keterangan:"100 percent completed" dan "DiskPart successfully formatted the volume". 

Jika langkah-langkah di atas belum jelas, silahkan bandingkan dengan contoh gambar di bawah ini.


11.  Hardisk yang bandel tidak bisa diformat sekarang sudah oke. Silahkan cek melalui disk management dan Windows Explorer.

 

Sekian tutorial kali ini tentang cara format hardisk di cmd Windows 10. Jika penyampaiannya masih kurang dimengerti. Terutama oleh pemula yang belajar komputer secara otodidak dari nol. Silahkan telusuri tutorial semisalnya sebagaimana dilansir oleh Seagate.

Semoga bermanfaat.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam