Cara Menghapus Broken Link di Blogger

Cara Menghapus Broken Link di Blogger
Biasanya, broken link tidak menjadi perhatian utama bagi seorang blogger pemula. Masa awal lebih banyak memikirkan blog dengan theme yang menarik. Sedangkan artikel lebih diwarnai bagaimana membuat konten sebanyak mungkin. 

Nanti baru sadar jika kualitas itu penting saat ada masalah. Seperti yang saya alami beberapa hari lalu. Saat itu mengetikan kata-kata:"Belajar komputer otodidak" di Google. Hasil penelusuran mesin pencari menampilkan salah satu artikel Sebardi. Namun sayang, saat diklik justru artikel tidak ditemukan. Bahkan yang tertera pada halaman blog itu pesan error 404.

Oleh karena itu, meskipun sama-sama blogger pemula saya beranikan diri membagikan pengalaman ini. Yuk kita simak cara mengatasi broken link di Blogger.


Apa Itu Broken Link?

Broken link adalah tautan rusak yang ada dalam sebuah blog. Pada saat klik tautan ini tidak akan ditemukan konten yang dimaksud. Melainkan berupa pesan error pada halaman 404 (link not found).

Tautan rusak ini disebabkan oleh banyak faktor; internal maupun eksternal. 

Adapun yang terjadi dari sisi internal salah satunya karena perubahan permalink. Sehingga dari sanalah terinspirasi membuat judul artikel cara aman mengubah permalink di Blogger.  

Sedangkan faktor eksternal bisa muncul dari komentar pengunjung yang mengandung tautan, link halaman atau situs web orang lain yang ditautkan namun mengalami perubahan.

Cara Menghapus Broken Link di Blogger

Gambar oleh Mocho dari Pixabay


Cara Cek dengan BrokenLinkCheck

Untuk itu pemeriksaan terhadap broken link pada sebuah blog itu penting. Hal tersebut bisa dilakukan secara manual maupun otomatis. Tentu saja hasil pencarian manual memakan waktu terlebih lagi jika artikel sangat banyak. 

Sedangkan pencarian otomatis cukup dengan tool yang tersebar di internet.

Salah satunya saya gunakan pada contoh artikel ini. Penggunaanya pun sangat mudah bagi awam sekalipun. Apalagi buat Anda yang sedang belajar komputer meskipun secara otodidak.

1. Kunjungi situs brokenlinkcheck
2. Masukan situs kita dan klik "Find broken links"

 

3. Masukan kode keamanan yang tampil di sebelah kanan lalu klik "Find broken links now!"

 

4. Berikut ini hasilnya, ternyata 5 broken link ada di blog saya

 

Cara Cek dengan Google Search Console

Untuk menyempurnakan proses pencarian broken link silahkan coba juga Google Search Console; sebelumnya dikenal dengan Google Webmaster Tools.

1. Masuk ke Google Search Console

2. Pilih "Coverage" kemudian klik "Excluded"

 

3. Klik tulisan "Not Found (404)"


4. Inilah daftar broken link yang ditemukan oleh Google Search Console


 

Cara Menghapus Broken Link di Blogger

Setelah menemukan broken link pada blog kita selanjutnya bagaimana? Pastinya, tautan yang rusak tersebut bukan untuk didiamkan saja. Jika tidak ada solusi lama-lama membuat broken heart pengunjung blog. Karena mereka kecewa ketika merasa menemukan sesuatu pas udah klik hasilnya zonk.

Berikut ini pengalaman saya yang masih pemula dalam mengatasi broken link tersebut.

Pertama, merujuk pada hasil yang dikeluarkan oleh situs brokenlinkcheck. Maka saya klik satu persatu "url" pada kolom "page where found". Kemudian mencari kata-kata yang dimaksud seperti tersebut pada kolom "Broken link (you can scroll this field left-right).


Langkah selanjutnya klik tulisan yang mengandung tautan yang dimaksud. Jika sudah terpilih akan muncul icon berupa "pena" dan "rantai". Gambar "rantai" inilah yang dimaksud dengan link atau tautan. Silahkan klik icon ini untuk menghapus tautan tersebut. Pada saat kursor berada di atasnya akan muncul tulisan:"Remove link".


 

Adapun temuan yang kedua dan seterusnya disebabkan perubahan alamat tautan. Dengan cara yang sama silahkan telusuri broken link tersebut. Setelah ketemu silahkan ganti link yang sudah kadaluarsa dengan link yang baru. Jika situs yang menjadi rujukan ternyata sudah mati dan tidak ada alamat baru silahkan hapus.

Kedua, kita lihat hasil laporan yang digunakan oleh Google Search. Untuk mengatasinya silahkan telusuri broken link yang ditemukan tersebut. Caranya dengan mengklik icon paling tengah yang berada di sebelah kanan. Icon tersebut jika tersorot akan memunculkan sebuah teks:"open in a new tab".

 

Jika hasilnya diarahkan pada halaman 404 berarti harus hati-hati pada saat memperbaiki permalink di Blogger. Adapun jika linknya tidak ada karena termasuk konten outdate. Maka saya melaporkannya agar mesin pencari berhenti mengindex. Caranya; Masuk ke Google Search Console > Removals > Outdated Content > Remove Outdated Content Tool.

 

Sebelumnya, jangan lupa copy terlebih dahulu link rusak yang terdaftar pada Google Search Console > Coverage > Not Found (404).


Pastekan pada kolom yang tersedia lalu klik "Request Removal"

 

Proses permintaan penghapusan link akan dikirimkan, klik "Request Removal"


Klik "OK" untuk melanjutkan


Permintaan untuk menghapus link rusak yang kadung terindex mesin pencari Google sudah dikirimkan. Selanjutkan lakukan cara yang sama untuk link rusak lainnya.


Kesimpulan

Broken link yang sudah terindex oleh mesin pencari tinggal menunggu hasil dari Google. Tentunya membutuhkan waktu yang tidak singkat karena Google tidak hanya melayani permintaan dari situs kita saja. 

Sedangkan broken link yang lainnya sudah diperbaiki dan bisa dilihat hasilnya. Untuk mengetahui hasil silahkan buka kembali tool pertama yang tadi digunakan. Contoh kasus pada blog saya pribadi sudah tidak ditemukan broken link lagi.

 

Sekian tutorial kali ini tentang cara menghapus broken link yang ada di blog. Sasaran artikel ini dipersembahkan untuk pemula yang belajar komputer secara otodidak dari nol.

Semoga bermanfaat.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam