Kelebihan dan Kekurangan PC All in One

Desain ruangan sebuah kantor mempertimbangkan jenis komputer yang akan digunakan karyawan. Hal tersebut disesuaikan dengan luas ruang serta jumlah karyawan. Apalagi setelah masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan jaga jarak sesuai protokol kesehatan.

Kira-kira jenis komputer apakah yang cocok dengan kondisi perusahaan sekarang ini? PC Desktop All in One ini berusaha menjawab kebutuhan tersebut. Silahkan baca review ini yang disertai sedikit pengalaman.

Kali ini akan membahas kelebihan dan kekurangan PC All in One. Sebuah PC desktop yang harus diketahui meskipun oleh pemula yang belajar komputer secara otodidak dari nol.

Kelebihan dan Kekurangan PC All in One

 

Apa itu PC Desktop All in One?

Sesuai namanya; All-in-One menyatukan semuanya dalam satu bentuk. Komputer ini tdak memperlihatkan CPU dalam satu casing tersendiri. Tidak sebagaimana PC desktop biasa dengan model standar. CPU desktop all in one sudah menyatu dengan casing monitor.

Sehingga, yang terlihat dari komputer all in one hanya berwujud monitor. Akan lebih elegan jika komputer all in one disertai kemampuan layar sentuh. Dan ini tidak dimiliki oleh semua model AIO. Tapi tidak bisa touch screen juga tidak masalah. Kehadiran keyboard dan mouse bisa memenuhi kebutuhan sesuai tingkat pengguna.

Berikut ini penampakan PC Desktop All in One dari berbagai merek komputer terkenal yang beredar di Indonesia. Untuk datasheet dan spesifikasi detailnya bisa merujuk pada situs resmi masing-masing merk komputer. Pengenalan pertama di bawah ini contoh PC Desktop All in One dari HP.

 

Contoh kedua di bawah ini PC Desktop All in One merk Lenovo

Contoh berikutnya di bawah ini PC Desktop All in One merk Dell

Sedangkan contoh di bawah ini adalah PC Desktop All in One merk Acer.

 

Dan contoh terakhir tapi bukan berarti pembatasan adalah PC Desktop All in One dari Samsung.

 

Kelebihan dan Kekurangan PC All in One

Setelah mengenal sekilas gambaran dari komputer desktop AIO di atas. Selanjutnya mengenal kelebihan dan kekurangan PC Desktop All in One sebatas yang admin ketahui.

Kelebihan PC All in One

Berikut ini beberapa kelebihan PC Desktop All in One terutama untuk kantor minimalis dengan banyak karyawan. Terlebih lagi jika ingin menerapkan "jaga jarak" sesuai protokol kesehatan.

1. Desain Simpel

Kelebihan yang paling menonjol dari komputer model AIO adalah desainnya yang simpel. Kehadiran komputer ini memberi ruang gerak yang lebih banyak untuk bekerja. Penggunaan AIO lebih menghemat ruang jika dibandingkan dengan PC Desktop biasa.

2. Kompatibilitas 

Untuk tampilan terbaik pada layar komputer desktop all in one tidak perlu diragukan lagi. Kompatibilitas dengan driver yang cocok antara CPU dan monitor sudah menjadi pengaturan sejak dari pabrikan. 

3. Kerapihan Meja Kerja 

Efek desain komputer desktop all in one yang simpel membuat area kerja terlihat semakin rapih. Apalagi jika menggunakan keyboard dan mouse yang menggunakan koneksi nirkabel. Kerapihan meja kerja ini meningkatkan rasa kenyamanan dalam bekerja. Sedangkan adanya ruang kosong yang seharusnya menjadi tempat khusus untuk keberadaan CPU bisa digunakan untuk kebutuhan kerja yang lain.

4. Mudah Dipindah-pindah

Pemindahan komputer desktop all in one dari satu tempat ke meja kerja yang lain sangat mudah. Dengan komputer ini siapapun bisa melakukannya. Jadi tidak harus orang IT. Karena cukup menyambungkan stop kontak, komputer sudah bisa digunakan. Tidak seperti komputer desktop versi standar. Pada saat memindahkan perlu pengetahuan dasar menghubungkan CPU dengan monitor. Apakah dengan kabel VGA ataukah HDMI? Bagi orang yang melek IT mungkin tidak masalah. Tapi bagaimana dengan yang lainnya? Sangat mungkin ada user yang pandai mengoperasikan aplikasi tertentu tapi awam dalam masalah ini.


Kekurangan PC All in One

Selanjutnya adalah sedikit ulasan seputar kekurangan komputer model AIO. Namanya sebuah produk pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Dan berikut ini beberapa pertimbangan sebelum membeli komputer desktop All-in-One.

1. Harga

Komputer AIO lebih sedikit mahal jika dibandingkan dengan komputer desktop biasa yang sama persis spefisikasinya. Oleh karenanya, AIO lebih banyak digunakan di kantor perusahaan dibandingkan untuk di rumah. Tapi ini bukan berarti tidak ada yang berminat sama sekali untuk kebutuhan pribadi. Bagi orang yang menyukai selera minimalis pasti memilih meskipun menguras isi dompet. Tapi perlu dicatat; komputer desktop AIO tidaklah didesain untuk para gamers sejati. 

2. Perbaikan

Untuk masalah perbaikan komputer desktop AIO harus lebih ekstra hati-hati. Pengalaman yang ingin saya ceritakan salah satunya terjadi pada tahun 2020. Ini menimpa dua orang rekan saya, sebut saja namanya "Budi" dan "Iwan" (bukan nama sebenarnya).

Pada suatu hari, dua orang rekan saya ini ada tugas ke sebuah perusahaan untuk mengupgrade kartu memori komputer desktop all in one. Pada saat memasuki halaman kantor keduanya melihat bunga (bukan nama orang).

Tapi kali ini kita tidak membahas masalah bunganya. Lagian ini memang benar-benar bunga yang biasa terlihat di kantor pada umumnya :) ..... Inti dari pengalaman yang ingin disampaikan adalah:"Pada saat mengganti kartu memori komputer AIO justru tidak sengaja mengakibatkan layar bergaris". 

Ini adalah kesalahan yang fatal tapi pernah terjadi pada teman saya yang lainnya. Sebut saja namanya adalah Mas "A" dan ini inisial dari namanya. Dia bekerja di perusahaan yang terletak dalam kawasan industri. Dan kejadiannya masih hangat pada tahun 2021; tahun yang sama saat artikel ini ditulis.

Pada suatu hari, komputer desktop AIO rekannya tidak bisa diakses sedangkan disana ada data penting yang belum ada backupnya. Untuk itu dibongkarlah hardisk yang tertanam di sana untuk diambil. Tapi sayang layarnya bergaris padahal data terselamatkan dan sistem operasi siap untuk diinstal ulang.

3. Teknisi

Selain mahalnya biaya perawatan jika terjadi kerusakan. Hal tersebut menuntut keharusan teknisi yang handal. Hal ini berkaca dari pengalaman di atas yang terjadi pada rekan saya. Lalu bagaimana dengan kualitas teknisi yang ada di sekitar rumah Anda? Pasti ada teknisi handal tapi masalah harga kadang juga menjadi pertimbangan bagi kebanyakan orang.

4. Spare Part

Melanjutkan cerita nyata rekan saya yang mengambil hardisknya namun kemudian layarnya bergaris. Berikut ini episode lanjutannya yang kemudian mencari spare part untuk pengganti layar yang rusak tersebut. Namun sayang, mode AIO yang dia miliki mungkin masih teranggap baru untuk sekelas negara kita. Karena untuk mencari layar pengganti tersebut agak susah untuk mendapatkannya. Jadi tidak secepat mencari spare part komputer desktop standar.


Kesimpulan

Pertanyaan yang mungkin muncul setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan PC All in One adalah:"Untuk siapakah PC Desktop All in One?" Secara pribadi saya menganggap komputer AIO ini cocok untuk perpustakaan, laboratorium, kantor perusahaan dan rumah minimalis.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.


Referensi:

Sumber gambar foto sampul diambil dari: acer.com



Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar