Cara Install Python 3.9.5 di Ubuntu 18.04

Cara Instal Python 3.9.5 di Ubuntu 18.04

Saya tertarik belajar Pyhton secara otodidak dari nol. Namun sampai hari ini belum ngapa-ngapain. Catatan di blog ini juga tidak jauh-jauh dari cara install. Contohnya kemarin tutorial cara install Python 3.9.5 di Windows 10. Sedangkan artikel perdananya cara install versi 3.6 di Ubuntu 16.04.

Sekarang, sistem operasi PC saya sudah upgrade dari Ubuntu 16.04 ke 18.04. Sehingga, sepertinya perlu juga pembaruan bahasa pemograman ini dengan versi terbaru pada saat catatan ini ditulis. 

Dan saya kira, meskipun uji coba ini dilakukan pada OS Ubuntu 18.04. Kemungkinan besar bisa dipraktekan pada versi Linux terbaru.


Cara Install Python 3.9.5 di Ubuntu 18.04

Cara instal bahasa pemograman kali ini langsung download installernya dari situs resmi. Dengan mengunjungi situs Python official tentunya jadi tahu versi terbaru saat ini. Langsung saja, berikut ini cara instal Python 3.9.5 di Ubuntu 18.04.

1. Kunjungi halaman download ini kemudian klik download.

Cara Instal Python 3.9.5 di Ubuntu 18.04

2. Silahkan buka folder download, klik kanan file tersebut dan klik ekstrak here. Hasilnya akan ada folder baru seperti terlihat pada gambar (lihat folder pertama).

3. Buka Terminal dan masuk ke direktori hasil download tadi. Caranya ketikan cd Downloads/Python-3.9.5 dan tekan enter. Untuk memudahkan, pada saat mengetik perintah, misalnya "Python" lanjutkan dengan tab. Dengan sendirinya, sistem Linux akan memberikan nama-nama folder dan file yang diawali dengan nama tersebut.

4. Untuk memastikan sudah berada pada folder hasil ekstrak tadi silahkan ketik perintah ls dan tekan enter. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini terdapat isi bermacam-macam file dari folder tersebut. Terlihat ada folder berwarna hijau dengan tulisan "configure", ini yang akan kita panggil biar eksekusi.

5. Ketikan perintah ./configure dan tekan enter.

6. Ketikan perintah make dan tekan enter.

7. Ketikan perintah sudo make install dan tekan enter.

8. Python sudah terinstal silahkan login ke Python dengan perintah python3 dan tekan enter.

Sekarang, Python 3.9.5 sudah terpasang pada komputer dengan sistem operasi Ubuntu 18.04. Untuk keluar dari program Python silahkan ketika exit() dan tekan enter.

 

Cara Install Python dari Ubuntu 18.0 "Play Store"

Adapun cara install Python yang paling mudah yaitu melalui Ubuntu Software Center yang sekarang berubah nama menjadi "Software". Cara ini lebih familiar bagi pemula yang belajar komputer otodidak. Terlebih lagi jika sudah terbiasa dengan penggunaan Android. Makanya, istilah di atas sengaja saya tulis Play Store dengan tanda kutip dua.

1. Klik "Software" yang ada di menu launcher. Jika belum tampil bisa klik icon menu Ubuntu kemudian ketikan "Software" seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

2. Ini tampilan "play store"nya Ubuntu gaes.

2. Klik icon pencarian (search) yang berlogo kaca pembesar (lup) di pojok kanan atas.

3. Ketikan "Python" dan tekan enter sehingga akan nampak hasil pencariannya.

4. Klik "Install" dan tunggu sampai selesai.


Dengan cara di atas kita bisa juga meng-install Python. Hanya saja versi yang tersedia adalah 3.8. Ini khusus bagi pengguna Ubuntu 18.04. Jika Anda menggunakan versi Ubuntu terbaru kemungkinan Python yang tersedia juga versi terbaru.

Sekian belajar komputer otodidak kita kali ini. Mudah-mudahan ke depan bisa belajar dasar pemograman Pyhton dan berbagi pengalaman dengan teman-teman otodidakers semuanya.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar