Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Untuk mematikan komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows adalah dengan menggunakan prosedur. Hal ini juga berlaku untuk sistem operasi lainnya tanpa terkecuali. Tujuannya agar terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan pada perangkat. Selain itu, prosedur yang benar juga mengurangi resiko kerusakan data yang sudah tersimpan.

Lalu bagaimana prosedur yang benar tersebut? Artikel kali ini akan membahas pelajaran it dasar yang harus diketahui oleh pemula yang sedang belajar komputer secara otodidak dari nol. Dan hal paling mendasar tersebut yaitu bagaimana cara menghidupkan dan mematikan sebuah komputer dengan benar.

Sebelumnya, silahkan perhatikan logo power on off seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Tanda ini pastinya sering Anda lihat tidak hanya pada mesin komputer. Karena icon ini bisa dijumpai pada hampir semua mesin elektronik.

Gambar oleh Pete Linforth dari Pixabay


Cara Menghidupkan Komputer

Belajar dasar komputer tidak hanya soal bahasa Inggris yang harus dipahami. Yang tidak kalah penting dari itu adalah memahami simbol-simbol yang terdapat pada perangkat keras komputer serta aplikasi dan program.

Cobalah perhatikan! Jika dicermati, icon di atas terdiri atas dua komponen; yaitu angka 0 dan 1. Angka tersebut bukanlah angka desimal pada sistem bilangan berbasis 10 yang banyak digunakan dalam keseharian kita. Melainkan angka biner pada sistem bilangan berbasis 2 yang nanti ditemui pada pelajaran Algoritma dan Pemograman atau pun Ilmu Matematika.

Secara mudahnya, angka 0 mewakili keadaan off sedangkan angka 1 mewakili keadaan on. Analogi pemahaman ini silahkan lihat tombol on-off kwh meteran listrik di rumah. Biasanya tertulis disana angka 0 dan 1 pada "jetrekan" kwh meteran listrik yang berwarna biru tersebut.


Seperti terlihat pada foto di atas, listrik di kontrakan saya dalam keadaan menyala dengan tanda angka 1 pada jetrekan yang berwarna biru. Untuk mematikan kwh tinggal geser saja jetrekan yang berwarna biru tadi ke arah kiri. Nanti Anda akan melihat angka yang tertera di sana yaitu angka 0.

Begitu juga jika Anda perhatikan pada saklar yang menempel di dinding seperti terlihat pada contoh di bawah ini. Di sana ada angka 0 dan 1 yang menjadi petunjuk jika lampu LED tidak berfungsi.


Sehingga, jika konsep di atas bisa dipahami tentu sangat mudah kan untuk menyalakan komputer? Yups, untuk menghidupkan komputer Anda tinggal tekan tombol dengan logo tersebut. Jika komputernya jenis desktop berarti tekan tombol tersebut pada dua tempat; CPU dan Monitor. Begitu juga komputer laptop yang terdiri atas tombol untuk menyalakan monitor dan satunya lagi terletak di atas keyboard untuk menyalakan sistem operasi.

Berikut ini contoh prakteknya pada komputer jadoel saya; pertama-tama tekan tombol power pada CPU. Namun sebelumnya pastikan semuanya sudah terhubung dengan baik ya terutama kabel power dari CPU ke colokan listrik.

Selanjutnya,tekan tombol power pada monitor Anda. Biasanya terletak di bagian paling bawah sebelah kanan di area depan. Namun ada juga jenis komputer All in One yang saya temui area tombol powernya ada di bagian belakang monitor. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan desktop komputer Anda seperti terlihat pada contoh berikut.


Cara Mematikan Komputer Sesuai Prosedur

Setelah memahami konsep 0 dan 1 pada logo power on off seperi uraian di atas. Perlu dijelaskan perbedaan mendasar antara komputer dengan perangkat lainnya.

Komputer tidak didesain sesederhana itu. Karena pada CPU ada RAM sebagai memori utama yang menyimpan data sementara yang akan hilang bersamaan dengan tidak adanya arus listrik. Sedangkan data yang bersifat permanen pada komputer tersimpan pada media penyimpanan atau storage. Bentuk fisik storage ini bisa berbentuk HDD maupun SSD.

Sehingga jika Anda mematikan komputer layaknya saklar, kwh atau monitor maka data sementara yang tersimpan pada RAM pada saat proses pengolahan akan hilang dan tidak tersimpan pada storage ketika arus listrik tidak ada.

Untungnya, tombol mematikan komputer dengan cara paksa ini tidak cukup sekali tekan. Biasanya butuh penekanan selama beberapa detik agar komputer bisa mati dengan cara paksa. Fungsi ini tetap disediakan untuk mengantisipasi komputer pada saat hang. Dimana komputer tidak bisa berfungsi secara normal layaknya patung yang sedang melamun.

 

Cara Shutdown Komputer Desktop

Berikut ini contoh prakteknya menggunakan komputer Linux yang saya miliki.

1. Klik icon power on off pada pojok kanan atas lalu klik Shut Down

2. Klik Shut Down

3. Tunggu beberapa saat hingga komputer benar-benar mati.

 

Untuk pengguna sistem operasi Windows silahkan klik logo Windows > Power > Shutdown. 

Atau bisa juga dengan menekan shortcut melalui keyboard Alt+F4 lalu ikuti instruksi selanjutnya.


Cara Shutdown Komputer Linux Server

Sedangkan untuk mematikan komputer Linux Server sesuai prosedur adalah

1. Ketikan perintah sudo shutdown -h now

2. Atau bisa juga dengan perintah sudo init 0

3. Atau bisa juga dengan perintah sudo poweroff

Pada artikel yang lalu saya sempat menuliskan tentang ini. Termasuk cara shutdown komputer server via putty dari PC/laptop lain yang terhubung ke jaringan.

 

Mudah kan? Oke, saya cukupkan belajar komputer dasar untuk hari ini. Terutama bagi otodidakers yang terdampar karena longtail keyword untuk mematikan komputer apabila menggunakan sistem operasi Microsoft Windows adalah dengan menggunakan prosedur.

Sekian, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar